Home MOVIE MOVIE FEATURES Ini Dia 10 Film yang Paling Banyak Dibajak Sepanjang Sejarah!

Ini Dia 10 Film yang Paling Banyak Dibajak Sepanjang Sejarah!

Dengan popularitas yang sangat luar biasa, beberapa film blockbuster Hollywood masuk dalam kategori sebagai yang paling sering dibajak. Film-film di Hollywood tentunya harus ditonton di bioskop, meskipun pasca penayangan di bioskop film tersebut biasanya akan rilis dalam versi DVD atau blue-ray. Namun, sejak internet mulai marak pada beberapa dekade baru banyak orang yang memutuskan untuk menyaksikan film versi bajakan. berikut adalah film yang paling sering dibajak.

10 Avatar

Para pecinta film tentunya sudah tidak asing lagi dengan film fiksi ilmiah epik karya James Cameron, Avatar. Film ini menghadirkan cerita tentang seorang marinir yang lumpuh dan melakukan petualangan di sebuah dunia yang lain di mana dunia tersebut dihuni oleh suku Na’vi dan yang lain. Meskipun awalnya hal itu jadi cara untuk dia belajar kembali berjalan, namun sang marinir justru “terhisap” dengan keunikan budaya di sana.

Saat dirilis pada 2009, film ini banyak meraih pujian. Selain karena kualitas cerita, kualitas visual yang dihadirkan pun benar-benar fantastis. Secara resmi, Avatar menjadi film dengan pemasukan yang paling besar di dunia. Dan dengan popularitas filmnya ini membuat banyak orang penasaran dan memutuskan untuk menyaksikan filmnya versi bajakan. Diketahui, film ini sudah lebih dari 21 juta kali diunduh di internet.

9 The Hangover

The Hangover mengisahkan tiga orang pria bernama Stu, Alan, dan Phil di mana mereka adalah sahabat. Ketika salah satu dari mereka hendak menikah, ketiga sahabat ini memutuskan untuk mengakhiri masa lajang mereka dengan pergi ke Las Vegas. Namun, karena mereka terlalu banyak minum minuman beralkohol banyak hal konyol dan mengerikan yang terjadi kepada mereka.

Dengan komedi yang berani, The Hangover benar-benar menjadi salah satu film komedi yang fenomenal di Hollywood. Hampir setiap menit yang dihadirkan oleh film ini penuh dengan tawa. Ini juga yang kemudian membuat banyak orang memutuskan untuk menyaksikan filmnya karena penasaran. Menurut data yang ada, The Hangover sudah diundur sebanyak lebih dari 17 juta kali.

8 The Dark Knight

Salah satu maha karya dari sosok Christopher Nolan dan dianggap sebagai salah satu film Batman terbaik. Bukti nyata dari hal ini adalah film The Dark Knight sudah diundur lebih dari 19 juta kali, apalagi popularitas filmnya sangat luar biasa. Film The Dark Knight menjadi bukti keberhasilan Nolan dalam membangun dunia di franchise Batman yang mengerikan dan penuh dengan kriminal.

Dalam film ini, Bruce Wayne kembali beraksi di mana dia harus menghadapi musuh bebuyutannya, Joker, yang diperankan oleh aktor Heath Ledger. Selain Joker, kita juga diperkenalkan oleh berbagai karakter villain lainnya contohnya adalah Harvey Dent alias Two-Face, Carmine Falcone, dan sebagainya. Popularitas The Dark Knight menjadi salah satu yang luar biasa di industri Hollywood.

7 Transformers

Transformers rilis pertama kali pada tahun 2007 yang diadaptasi dari lini mainan milik Hasbro. Filmnya bekisah tentang alien dari planet Cybertron, Autobots, yang sudah ada di bumi sejak lama. Mereka berusaha untuk melindungi bumi dari serangan Transformers jahat lainnya, Deception. Mereka pun kemudian mendapatkan bantuan dari pihak manusia seperti Sam Witwicky.

Film tentang pertarungan robot seperti Transformers benar-benar sangat jarang di era akhir 2000an. Disutradarai oleh Michael Bay, film dengan banyak sekali ledakan, adegan CGI dari pertarungan robot, pada akhirnya sukses besar dengan pemasukan sebesar 700 juta Dollar Amerika. Di internet sendiri, film Transformers berhasil diundur oleh lebih dari 19 juta orang di seluruh dunia.

6 American Sniper

American Sniper merupakan film perang yang rilis di tahun 2014 dan dibintangi oleh aktor Bradley Cooper. Film ini diadaptasi dari kisah nyata seorang penembak runduk alias sniper dari pasukan Amerika yang bernama Chris Kyle yang sudah menjalani misi ke medan perang sebanyak empat kali. Menurut autobiografi Kyle, dia mengaku sudah menghabisi nyawa sebanyak 255 orang.

Film yang diustradarai oleh Clint Eastwood ini kemudian memperlihatkan bagaimana Chris Kyle harus mengalami gangguan jiwa pasca perang saat dia kembali ke kehidupan nyata. Dia mulai dihantui oleh rasas bersalah dan juga oleh wajah orang-orang yang pernah dia habisi semasa dinas dahulu. Film epik ini berhasill mendapatkan pemasukan 547 juta Dollar Amerika dari seluruh dunia. Dan film ini juga berhasil diunduh sebanya lebih dari 34 juta kali.

5 Mad Max: Fury Road

Mad Max merupakan film yang populer di era 80an di mana saat itu diperankan oleh Mel Gibson yang berperan sebagai Max Rockatansky. Namun, di tahun 2015 film ini diremake dengan berbagai cast yang berbeda. Tom Hardy yang kali ini berperan sebagai Max Rockatansky. Mad Max: Fury Road sendiri masih bercerita di sebuah dunia antah berantah yang terjadi di masa depan.

Dalam ceritanya, bumi sudah sangat krisis sumber daya terutama air. Hal itu membuat semua orang berlomba untuk mencari sumber air. Banyak petualangan epik serta worldbuilding yang luar biasa dari dunia antah berantah yang dibangun oleh George Miller. Wajar jika kemudian film ini berhasil mendapatkan pemasukan sebesar 380 juta Dollar Amerika. Film ini juga diunduh sebanyak lebih dari 36 juta kali di internet.

4 Jurassic World

Bersetting dua dekade pasca peristiwa di film Jurassic Park, taman dinosaurus tersebut mulai benar-benar kehilangan pengunjung. Jurassic Park ini sendiri berada di sebuah pulau fiktif pernama Isla Nublar dan film Jurassic World memperlihatkan bagaimana pihak taman bermain mencoba untuk menarik kembali minat orang-orang untuk mengunjungi taman tersebut. Salah satunya dengan menghadirkan satu atraksi baru.

Mereka menciptakan Indominus Rex, yang merupakan gabungan atau hybrid dari beberapa dinosaurus. Sayangnya, dinosaurus tersebut kabur dan mengancam para pengunjung serta dinosaurus lainnya. Chris Pratt, sebagai mantan ahli binatang di militer diterjunkan untuk menangani masalah ini. Jurassic World menghadirkan sesuatu yang baru bagi franchise ini yang mana membuat film ini diunduh lebih dari 37 juta kali karena orang-orang penasaran dengan filmnya.

3 Avengers: Age Of Ultron

Salah satu film terbaik dari Marvel Studios. Avengers: Age of Ultron diunduh sebanyak lebih dari 42 juga kali setelah perilisannya di bioskop. Film ini sempat memecahkan rekor bukan hanya rekor box office melainkan rekor jumlah penonton. Filmnya sendiri melanjutkan cerita dari film sebelumnya, di mana Tony Stark berusahaa untuk meningkatkan keamanan dunia dengan bantuan kecerdasan buatan.

Sayangnya, kecerdasan buatan yang dia hadirkan bersama Bruce Banner justru berbalik menyerang umat manusiaa dan menjadi awal kelahiran Ultron. Tim Avengers pun dipaksa untuk saling bekerja sama demi menghentikan Ultron. Namun, apa yang terjadi dalam film ini ternyata berbuntut panjang bagi peristiwa lainnya di MCU. Contohnya ini menjadi awal mula terjadinya Civil War dan kemunculan Baron Zemo.

2 Fast and Furious 7

Franchise Fast and Furious memang diketahui beberapa kali kurang laku di pasaran. Mayoritas kritik para fans adalah karena ceritanya sudah mulai melenceng dari balapan jalanan, serta bagaimana banyak hal yang dianggap “tidak masuk akal.” Meskipun Fast X cukup mendapatkan pujian, namun film Fast Furious 7 menjadi puncak kesuksesan baru di franchise aksi tersebut.

Dalam film ini diperlihatkan bagaimana tim Dom harus berhadapan dnegan Deckard Chaw, yang diperankan oleh Jason Statham. Banyak aksi kejar-kejaran, kebut-kebutan, dan pencurian yang muncul dalam film ini. Namun, yang kemudian membuat film Fast and Furious 7 ini spesial bagi para fans, karena film ini menghadirkan penghormatan terakhir pada sosok Paul Walker yang berperan sebagai Brian O’Connor. Paul tewas dalam sebuah kecelakaan sebelum proses produksi filmnya selesai. Namun, sang sutradara berhasil menggunakan teknologi CGI dan juga bantuaan dari saudara kandung Paul Walker untuk menghidupkan karakternya. Film ini diunduh lebih 45 juta kali.

1 Interstellar

Karya Christopher Nolan lainnya yang paling epik dan jadi film yang paling sering dibajak yang terakhir. Interstellar bercerita tentang sebuah tim astronot yang menjelajahi luar angkasa untuk mencari potensi planet yang bisa dihuni oleh umat manusia. Film ini dibintangi oleh Matthew McConaughey sebagai Joseph Cooper, mantan pilot NASA, dan juga Anne Hathaway sebagai Amelia Brand. Karena durasi di luar angkasa berbeda dengan di bumi, Cooper pun melewatkan banyak hal dengan apa yang terjadi dengan putrinya.

Cerita, visual, dan musik yang sangat luar biasa adalah kombinasi yang membuat film Interstellar mendapatkan pujian dari banyak pihak. Meskipun bertema luar angkasa, Nolan mampu menghadirkan sesuatu yang sangat fenomenal dengan film Interstellar ini. Film Interstellar memegang “titel” sebagai film yang paling sering dibajak bahkan hingga sekarang, di mana jumlahnya mencapai lebih dari 47 juta unduhan.

Film merupakan sebuah karya yang membutuhkan usaha luar biasa dan dana yang tidak sedikit. Upaya pembajakan adalah salah satu hal yang sangat sulit bahkan hampir mustahil untuk dihindarkan. Dan hal ini terbukti dari bagaimana jumlah unduhan di internet dari berbagai film di Hollywood yang mendapatkan predikat sebagai film yang paling banyak dibajak.

Exit mobile version