Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Murah yang Laku Keras!

10 Film Murah yang Laku Keras!

Untuk membuat sebuah film besar, dibutuhkan biaya yang cukup masif pula. Tak heran jika banyak studio yang rela menggelontorkan dana besar untuk menjamin filmnya berakhir dengan bagus, dan ditonton oleh banyak orang. Karena dengan itulah, studio dapat merasakan hasil jerih payah mereka, dan mendapatkan uang mereka kembali, beserta dengan keuntungan yang menunggu mereka. Tetapi Geeks tidak hanya film mahal saja yang ternyata laku keras. Ternyata ada juga film murah yang juga berhasil laku keras karena mendapat pedapatan yang sangat besar. Apa saja? Simak berikut ini!

10 Juno

Film murah pertama yang laku keras adalah Juno. Juno adalah film komedi yang dirilis pada tahun 2007. Film ini disutradarai oleh Jason Reitman dan ditulis oleh Diablo Cody. Tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa film ini bakal mengalami sukses besar, dan menjadi sangat populer. Dan luar biasanya lagi, Juno meraih banyak penghargaan serta pujian dari kritikus. Juno mengisahkan seorang remaja berusia 16 tahun bernama Juno MacGuff. Juno mendapati dirinya hamil setelah berhubungan dengan teman sekelasnya, Paulie Bleeker.

Meskipun muda, Juno memutuskan untuk melanjutkan kehamilannya, tetapi ia tidak merasa siap untuk menjadi seorang ibu. Ia kemudian memutuskan untuk memberikan bayinya yang akan lahir kepada pasangan suami-istri yang ingin mengadopsi anak. Film ini mampu menghasilkan pendapatan $230 juta, dengan anggaran pembuatan yang hanya $7.5 juta.

9 Rocky

Rocky menjadi film pertama dari franchise Rocky dan Creed. Filmnya mengisahkan tentang Rocky Balboa, seorang petinju amatir yang hidup di lingkungan kumuh di Philadelphia. Ia diberi kesempatan untuk berkompetisi dengan juara dunia tinju, Apollo Creed, dalam pertandingan tinju “The Italian Stallion.” Meskipun Rocky awalnya dianggap sebagai penantang yang lemah, ia dengan tekad dan kerja kerasnya siap untuk memberikan pertarungan hebat.

Rocky adalah salah satu film paling terkenal dalam sejarah perfilman dan menjadi pencapaian besar dalam karier aktor utamanya, Sylvester Stallone. Rocky sangat sukses di box office karena mampu meraih dan meraih $225 juta dollar di tahun tahun 1976, dan itu merupakan angka fantastis di tahun tersebut. Padahal anggaran pembuatan filmnya tak sampai $1 juta.

8 Annabelle

Annabelle dibuat dengan anggaran $6.5 juta dan menjadi hit di bioskop, meskipun mendapat ulasan negatif dari para kritikus. Bayangkan saja Geeks, dengan anggaran yang rendah, film ini mampu meraup pundi-pundi uang yang masif sebesar $257 juta. Bahkan sekuel Annabelle, Annabelle: Creaton sukses mendapatkan $306 juta, dengan anggara pembuatan $15 juta.

Buat kalian yang belum tahu, Annabelle adalah spinoff dari The Conjuring, yang berfokus pada boneka yang terdapat kekuatan jahat di dalamnya, yang membuat boneka ini menebar teror. Film ini mengambil inspirasi dari kisah nyata tentang boneka Annabelle yang dikenal sebagai “Boneka Iblis.” Filmnya disutradarai oleh John R. Leonetti dan dibintangi oleh Ward Horton dan Annabelle Wallis.

7 Saw

Film murah berikutnya yang laku keras adalah Saw. Saw memang menjadi franchise yang masih hit hingga sekarang. Kesuksesannya memang dimulai dari film pertama berjudul Saw yang berhasil mendapat pendapatan $103 juta, dan itu adalah angka yang fantastis ketika filmnya rilis tahun 2004. Padahal filmnya hanya dibuat dengan anggaran $1.2 juta saja. Saw mengisahkan tentang dua orang yang terbangun di sebuah kamar yang tidak dikenali dengan rantai yang terikat pada pergelangan kaki mereka.

Mereka ternyata menjadi bagian dari permainan mengerikan yang diprakarsai oleh karakter misterius yang dikenal sebagai “Jigsaw.” Para korban dipaksa untuk menghadapi berbagai ujian fisik dan psikologis yang mengerikan, dan mereka harus menemukan cara untuk bertahan hidup.

6 Split

Split adalah film thriller psikologis yang dirilis pada tahun 2016. Film ini disutradarai oleh M. Night Shyamalan dan menjadi bagian dari trilogi yang dimulai dengan film Unbreakable (2000) dan dilanjutkan dengan Glass (2019). Filmnya mengisahkan tentang seorang pria bernama Kevin Wendell Crumb yang memiliki banyak alter ego. Kevin memiliki 23 alter ego yang berbeda, yang disebut sebagai The Horde.

Ketika salah satu kepribadian jahat dalam dirinya, yang dikenal sebagai The Beast,”muncul, ia menculik tiga remaja dan mengunci mereka dalam sebuah tempat yang misterius. Para remaja harus berjuang untuk bertahan hidup sambil berhadapan dengan kepribadian-kepribadian yang berbeda dari sang penculik. Film ini hanya dibuat dengan anggaran $9 juta saja, tetapi mampu mendapatkan pendapatan $278 juta.

5 Mad Max

Mad Max dirilis pada tahun 1979. Film ini disutradarai oleh George Miller dan membawa penonton ke dalam dunia yang keras dan penuh kekacauan. Ini menjadi film pertama dari serangkaian film yang melibatkan karakter Max Rockatansky, yang kemudian dikenal sebagai The Road Warrior. Dalam film ini, masyarakat terpecah menjadi berbagai kelompok di mana mereka saling memperebutkan sumber daya dan kekuasaan. Max Rockatansky, yang diperankan oleh Mel Gibson, adalah seorang petugas polisi jalan raya yang berusaha menjaga keadilan di tengah kekacauan.

Namun, ketika kelompok kriminal yang dipimpin oleh Toecutter mengambil tindakan balas dendam, Max memutuskan untuk membalas dendam dan menjalani perjalanan penuh aksi. Ketika rilis di bioskop, Mad Max mampu meraih pendapatan $100 juta, dengan anggarap pembuatan yang hanya $350ribu saja di tahun tersebut.

4 Star Wars – A New Hope

Film murah berikutnya yang laku keras adalah film Star Wars pertama. Mungkin tidak ada yang menyangka bahwa ternyata film Star Wars pertama dibuat dengan anggaran hanya $11 juta saja di masanya. Dan ketika dirilis, film ini mengejutkan banyak orang karena mampu meraup pendapatan total $775 juta di tahun 1977. Tentu saja itu adalah angka yang fantastis, bahkan hingga sekarang. Film pertama Star Wars berjudul Star Wars IV: Episode IV – A New Hope, dan mengisahkan tentang Luke Skywalker yang menjadi bagian dari perlawanan melawan Kekaisaran Galaksi yang jahat, yang dipimpin oleh Kaisar Palpatine dan Darth Vader. Luke bersama dengan sekutunya, Putri Leia Organa, Han Solo, dan Obi-Wan Kenobi, berusaha untuk menghancurkan Death Star, senjata super raksasa yang dapat menghancurkan planet.

3 Get Out

Jordan Peele sukses membuat sebuah film horor berjudul Get Out, yang dirilis pada tahun 2017. Padahal sebelumnya, Jordan Peele lebih dikenal sebagai komedian dan Get Out menjadi debutnya sebagai sutradara. Get Out mengisahkan tentang seorang pria Afrika Amerika bernama Chris Washington yang sedang berkunjung ke rumah orang tua pacarnya yang kulit putih, Rose Armitage. Awalnya, semuanya tampak baik-baik saja, tetapi seiring berjalannya waktu, Chris mulai merasa ada sesuatu yang aneh dan mengganggu di rumah itu. Ia mulai menyelidiki misteri yang semakin dalam, yang melibatkan rasialisme dan eksperimen medis. Get Out dibuat dengan anggaran $4.5 juta saja, tetapi mampu meraih pendapatan besar di box office sebesar $255 juta.

2 Pulp Fiction

Pulp Fiction mengisahkan sejumlah cerita yang terkait satu sama lain, melibatkan berbagai karakter yang beroperasi dalam dunia kejahatan. Ceritanya termasuk seorang gangster bernama Jules yang menghadapi transformasi spiritual, seorang petinju bernama Butch yang terlibat dalam permainan judi yang berbahaya, dan pasangan gangster, Vincent Vega dan Mia Wallace, yang terlibat dalam petualangan yang intens.

Pulp Fiction dikenal dengan gaya penyutradaraan yang khas milik Quentin Tarantino, termasuk penggunaan dialog yang tajam, penggunaan non-linear dalam narasi. Film inipun sukses besar. Terbukti karena film ini berhasil meraup pendapatan $213 juta, dengan anggaran pembuatan $8 juta. Selain sukses besar di box office, film ini pun mendapat Oscar kategori Best Director.

1 The Blair Witch Project

Film murah terakhir yang berhasil laku keras adalah The Blair Witch Project. The Blair Witch Project mengisahkan tentang tiga mahasiswa film yang pergi ke Hutan Black Hills di Maryland untuk membuat sebuah film dokumenter tentang legenda setan Blair Witch. Mereka menghilang dalam hutan, dan film ini adalah catatan yang mereka tinggalkan. Film ini dikisahkan dalam gaya “found footage,” yang memberikan kesan bahwa penonton sedang menyaksikan rekaman yang ditemukan.

Pendekatan ini memberikan kesan realisme dan membuat penonton merasa seperti mereka sedang menyaksikan kejadian nyata. Karena mengusung genre yang unik tersebut, biaya pembuatan film ini sangat kecil yaitu sekitar $60.000 saja. Filmnya pun tak menghadirkan banyak aktor papan atas. Meski begitu, filmnya laku keras dan mendapat pendapatan $246 juta.

Itulah dia Geeks beberapa film murah yang ternyata sukses besar di box office. Meski anggaran pembuatannya sangat minim, tetapi ternyata film-film ini mampu bersaing dengan film-film lainnya yang memiliki anggaran super besar.

Exit mobile version