Home MOVIE MOVIE FEATURES 6 Villain yang Dibuatkan Film!

6 Villain yang Dibuatkan Film!

Selama ini kita sudah banyak disuguhkan dengan film-film yang menceritakan superhero sebagai karakter utama. Biasanya para superhero diceritakan harus menghadapi ancaman yang lebih besar lain, yang datang dari villain. Dan pada akhirnya, sang villain berhasil dikalahkan dengan banyak pengorbanan yang dilakukan. Sebenarnya nih Geeks, ada beberapa studio yang mencoba hal berbeda, di mana mereka membuat sebuah film solo yang menjadikan villain sebagai karakter utama. Seperti yang dialami beberapa film berikut ini!

6 Joker

Pada tahun 2019, sebuah film Joker dirilis di bioskop. Film yang membintangi Joaquin Phoenix dan disutradarai oleh Todd Phillips ini mengungkap asal-usul dan evolusi Joker, salah satu penjahat paling terkenal dalam sejarah Batman. Joker memiliki nama asli Arthur Fleck, di mana awalnya dia hanya seorang komedian yang hidup dalam kemiskinan dan mengalami berbagai kesulitan dalam hidupnya. Seiring berjalannya waktu, Arthur mengalami transformasi yang drastis menjadi Joker, sehingga akhirnya menjadi penjahat dan psikopat kejam. Dia memulai karir kejahatannya dengan kekerasan dan anarki, sementara Gotham City terjerat dalam kekacauan dan protes.

Film ini mendapat pujian luas dari kritikus dan penonton, dan Joaquin Phoenix mendapat penghargaan Academy Award untuk perannya sebagai Arthur Fleck/Joker. Film ini juga sukses secara komersial, menjadi salah satu film dengan pendapatan tertinggi pada tahun 2019. Memang film ini tidak mengadaptasi komik Joker manapun, dan dibuat secara original oleh Todd Phillips untuk film ini. Sehingga wajar saja jika banyak perbedaan antara Joker di film ini dan komik.

5 Venom

Venom dirilis pada tahun 2018, di mana film ini berada di semesta Sony’s Spider-man Universe alias SSU, yang berisikan para villain Spider-Man seperti Venom dan Morbius. Filmnya dibintangi oleh Tom Hardy, dan menceritakan tentang Eddie Brock, seorang jurnalis yang mengungkapkan rahasia jahat perusahaan Life Foundation yang dipimpin oleh Carlton Drake. Namun saat investigasinya berlanjut, Eddie secara tidak sengaja bersatu dengan sebuah entitas asing luar angkasa yang dikenal sebagai Venom. Entitas ini memberinya kekuatan super dan kemampuan untuk berubah menjadi makhluk yang kuat dengan tubuh hitam dan gigi tajam.

Meski film ini mendapat review yang negatif, tetapi filmnya sukses besar di box office. Setelah kesuksesan film pertama, Sony pun tak ragu melanjutkan filmnya dengan sekuel berjudul Venom: Let There Be Carnage yang rilis tahun 2021. Dan setelah film kedua rilis, Sony juga akan membuat film ketiga yang sudah mereka konfirmasi. Namun tidak diketahui secara pasti kapan Venom 3 akan rilis. Oiya Geeks, di komik, Venom memang merupakan villain yang sering dihadapi Spider-Man. Tetapi mereka juga sering bekerja sama untuk mengalahkan musuh lain.

4 Morbius

Sama seperti Venom, Morbius juga villain yang pernah dihadapi Spider-Man. Tetapi dia juga pernah beberapa kali menjadi pahlawan. Kisah Morbius pun diangkat dalam sebuah film berjudul sama yang rilis tahun 2022 kemarin, di mana film ini masih menjadi bagian dari Sony’s Spider-Man Universe (SSU). Sayangnya film ini gagal total, baik dari segi kualitas maupun pendapatan, sehingga kecil kemungkinan film kedua akan dibuat. Namun bisa saja Sony masih mengupayakan film keduanya nanti meski film pertama buruk.

Film Morbius sendiri menceritakan tentang kisah Dr. Michael Morbius yang diperankan oleh Jared Leto, seorang ilmuwan jenius yang menderita penyakit darah langka. Untuk menyelamatkan dirinya sendiri dan orang-orang yang dia cintai, Morbius melakukan eksperimen berbahaya yang mengubahnya menjadi vampir hidup. Dia mendapatkan kekuatan super, daya regenerasi, dan kebutuhan untuk mengonsumsi darah manusia.

3 Kraven the Hunter

Kraven the Hunter juga berada di semesta yang sama dengan Venom dan Morbius. Tetapi film ini masih belum dirilis. Awalnya Kraven the Hunter akan rilis pada akhir tahun ini, tetapi karena adanya mogok kerja yang terjadi di Hollywood, Sony terpaksa harus mengundur perilisan filmnya ke awal tahun 2024. Sesuai dengan judul, Kraven the Hunter menceritakan tentang villain terbesar Spider-Man yang bernama sama seperti judul. Karakternya sendiri bakal diperankan oleh Aaron Taylor-Johnson.

Alih-alih menjadi seorang pemburu yang haus buruan seperti di komiknya, karakter dari Kraven the Hunter di filmnya nanti justru lebih digambarkan sebagai pemilik kekuatan hewan buas yang menyayangi hewan dan berambisi melindungi alam. Yang jelas, film ini berjanji untuk mengeksplorasi latar belakang Kraven dan menceritakan perjalanan yang membentuknya menjadi pemburu yang tak terkalahkan.

2 Suicide Squad

Di komik, Task Force X alias Suicide Squad adalah tim yang berisikan para villain, dan mereka ditugaskan untuk menyelesaikan pekerjaan khusus. Cerita itu kemudian diadaptasi dalam sebuah film yang dirilis tahun 2016, dengan nama yang sama. Film ini disutradarai oleh David Ayer dan merupakan bagian DCEU. Sama seperti komik, Suicide Squad (2016) mengikuti sekelompok penjahat super yang dikumpulkan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk melakukan misi-misi berbahaya yang mungkin mengakibatkan kematian.

Kelompok ini berisikan sejumlah penjahat terkenal, seperti Harley Quinn, Deadshot, Captain Boomerang, Killer Croc, dan sejumlah lainnya. Mereka dipimpin oleh Rick Flag dan diawasi oleh Amanda Waller. Misi pertama Suicide Squad adalah untuk menghentikan ancaman supernatural yang berbahaya yang disebut The Enchantress dan saudarinya, yang berencana untuk menghancurkan kota Gotham. Film ini memang laku keras ketika rilis, tetapi itu tidak bisa menghindari film ini dari review negatif.

1 Thunderbolt

Tidak lama lagi, MCU akan kedatangan tim baru. Tim tersebut bukanlah Young Avengers, melainkan Thunderbolts. Pada tahun lalu, Marvel Studios sudah mengkonfirmasi bahwa tim ini terdiri dari beberapa anggota seperti Bucky Barnes, Yelena Belova, John Walker, Antonia Dreykov, Ava Starr, dan Alexei. Menariknya, mereka akan dibuatkan filmnya sendiri. Presiden Marvel Studios, Kevin Feige, mengatakan para anggota Thunderbolts tidak menganggap diri mereka pahlawan. Itu berarti tim ini akan sangat berbeda dari Avengers. Selain itu, mereka juga akan lebih gelap, dengan latar belakang mereka masing-masing.

Di komik, Thunderbolt awalnya diciptakan sebagai villain. Namun berangsur-angsur mereka mulai mengubah diri mereka menjadi pahlawan. Mereka pun memiliki peran besar dalam peristiwa Secret Invasion. Dan sebentar lagi, kita akan melihat Thunderbolt versi live action beraksi dalam filmnya. Hingga saat ini, film Thunderbolt masih belum rampung dan terkendala mogok kerja yang terjadi di Hollywood. Jika tidak ada halangan lagi, film Thunderbolt akan rilis pada 2024.

Itulah dia Geeks beberapa villain yang mendapat kesempatan untuk tampil dalam film mereka sendiri. Mereka bernasib lebih beruntung, karena tidak semua villain berkesempatan memiliki film sendiri. Untuk film Thunderbolt dan Kraven the Hunter, masih harus ditunggu apakah kedua filmnya akan sukses atau tidak.

Exit mobile version