Home COMIC COMIC FEATURES 5 Fakta Kang Versi Ultimate Iron Man, Sang Anti Hero!

5 Fakta Kang Versi Ultimate Iron Man, Sang Anti Hero!

Salah satu cerita terbaru dari Marvel Comics, yaitu Ultimate Invasion, perkenalkan sosok Kang yang berbeda yang mirip dengan sosok Iron Man. Alur cerita dari Ultimate Invasion benar-benar memberikan gambaran yang berbeda dari para karakter ikonik di komik Marvel, baik para superhero ataupun para villain. Satu yang menarik dari cerita Ultimate Invasion ini adalah kemunculan sosok Kang yang mengenakan armor Iron Man. Terdapat beberapa fakta menarik mengenai karakternya.

5 Sosok Antihero

Seperti halnya para karakter superhero dan supervillain lainnya, sosok Kang dalam cerita Ultimate Invasion ini berbeda dari yang kita kenal. Dia tidak gemar untuk menaklukan sebuah masa dan kemudian jadi pemimpin dari masa tersebut. Kang dalam cerita Ultimate Invasion jutsru berusaha untuk menghentikan The Maker seperti yang muncul dalam cerita Ultimate Invasion #3 dan 4.

Seperti yang diperlihatkan di Ultimate invasion #1, The Maker merupakan dalang dari apa yang terjadi di cerita tersebut. The Maker merupakan sosok Reed Richards versi Ultimate Universe. Dia membangun mesin waktunya sendiri dari berbagai sumber daya yang dia curi, misalnya dia mencuri vibranium dari Wakanda. Dalam ceritanya sendiri Reed Richards versi universe utama bersama dengan para Illuminati mencoba untuk menghentikan The Maker.

Sayangnya, hal tersebut gagal yang akhirnya membuat The Maker bisa merubah berbagai realita sesuai dengan keinginannya. Contohnya adalah The Maker mencegahlaba-laba radioaktif untuk menggigit Peter Parker, sehingga tidak ada Spider-Man yang muncul. Melihat hal ini, sosok Kang memutuskan untuk tidak mau tinggal diam.

Kang versi Ultimate Iron Man ini kemudian membawa pasukannya sendiri, mereka adalah superhero populer yang biasanya tergabung dalam tim Avengers. Contohnya adalah Thor, Captain America, dan sebagainya. Dalam Ultimate Alliance #4, nampak serangan Kang versi Ultimate Iron Man ini berhasil mengalahkan The Maker. Dalam serangan tersebut, Kang versi Ultimate Iron Man ini ikut tewas bersama yang lain.

4 Asal Universe Kang

Yang menarik dari sosok Kang versi Ultimate Invasion ini adalah tidak ada jawaban yang pasti dari mana asal universe Kang. Pasalnya, seperti yang diketahui, Ultimate Invasion merupakan cerita yang bersetting di sebuah universe di mana Ultimate universe dan Universe-616 menyatu pasca peristiwa sebelumnya yaitu Secret Wars. Beberapa orang berhasil selamat pasca kejadian tersebut, termasuk The Maker.

Sehingga, jika berbicara dari mana asal universe Kang versi Ultimate Invasion ini bisa dibilang jika dia berasal dari universe baru Ultimate yang merupakan gabungan dari dua universe menjadi satu. Meskipun begitu, satu hal yang jelas adalah Kang berasal dari masa depan. Hal ini bisa kita lihat dari Ultimate Invansion #3 di mana dia sendiri mengaku jika dia berasal dari masa depan.

Bahkan, dalam sinopsisnya sendiri pun disebutkan jika The Maker mendapatkan ancaman dari musuhnya yang berasal dari masa depan yang tidak lain adalah Kang. Dan seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, Kang sengaja datang dari masa depan universe baru Ultimate ini untuk menghentikan langkah jahat dari The Maker. Dan dia pun mengumpulkan berbagai pasukan superhero dari berbagai masa.

3 3. The Maker Adalah Pencipta Kang

Dalam volume keempat komiknya, Kang membawa The Maker pergi ke masa depan. Di sana The Maker sempat kebingungan di mana dia berada dan kapan. Namun, Kang menjawab bahwa dia berada di tempat tersebut dan selalu ada di tempat yang ada di jauh masa depan tersebut tidak ada informasi mengenai di mana mereka berada atau kapan waktunya dalam kolom informasi di komik tersebut.

Yang menarik adalah ketika kemudian Kang mengatakan jika dia sudah sejak lama menantikan The Maker, Reed Richards versi Ultimate Universe ini pun penasaran dengan maksud dari Kang. Namun, Kang kemudian mengatakan jika The Maker adalah sosok yang sudah menciptakannya. Dan Kang sengaja menculiknya ke masa depan untuk melihat asal-usulnya tersebut.

Sejauh ini, apa maksud dari ucapan Kang tersebut masih belum jelas. Karena, di sepanjang cerita Ultimate Invasion sendiri tidak ada cerita yang menjelaskan bagaimana kemudian The Maker menciptakan Kang secara khusus. Namun, bisa jadi The Maker memang adalah “pencipta” dari sosok Kang tersebut berkat apa yang dia lakukan di masa sebelumnya di mana pada akhirnya sosok Kang pun muncul.

2 Anthony Stark

Pertanyaan besarnya kemudian siapa sebenarnya sosok di balik topeng Kang versi Utimate Iron Man ini. Kang versi universe Ultimate baru ini berbeda dari Kang yang muncul dalam cerita Marvel, di mana Kang versi Ultimate baru ini tidak meneror setiap era atau masa. Namun, dia muncul untuk menghentikan The Maker. Siapa sosok di balik topeng itu memang tidak dijelaskan secara gamblang.

Tetapi, dari petunjuk yang ada seolah memberikan informasi jika di balik topeng Kang versi Ultimate Iron man ini tidak lain adalah Anthony Stark anak dari Howard Stark. Beberapa petunjuk yang ada adalah armor Iron Man dari Kang sama dengan armor yang Anthony gunakan di panel terakhir Ultimate Invasion #4. Hanya saja warnanya mengikuti warna armor dari Kang yang biasa kita kenal.

Dan di panel tersebut juga dijelaskan jika Anthony Stark menggunakan nama Iron Lad untuk sementara sampai dia menemukan nama yang cocok. Di volume sebelumnya, Anthony sempat meminta ayahnya untuk menghadapi The Maker dan pasukannya namun dia mengatakan untuk tidak terburu-buru. Sampai kemudian dia mendapatkan surat dari sang ayah dan mulai beraksi sendiri.

1 Sudah Lama Diramalkan

Momen pertarungan antara Kang dan The Maker nyatanya sudah sejak lama diramalkan. Dalam hal ini, The Maker tahu jika dia akan menghadapi sosok Kang. Hal ini terbukti ketika dia meminta untuk bertemu dengan Kang, ketika pasukan “Avengers” tiba-tiba muncul dan menyerangnya. Di sisi lain, The Maker sendiri sebenarnya tahu apa yang akan terjadi namun dia tidak bisa ingat dengan jelas.

Menurut ceritanya, ingatannya tersebut membuat dia memutuskan untuk menciptakan Immortus Engine sendiri dan bertemu dengan Howard Stark untuk membantunya mewujudkan hal tersebut. Dan yang jadi petunjuk utamanya sendiri adalah ketika The Marker sendiri yang kemudian ingat jika Kang memang adalah sosok lawan yang dia sudah waspadai sejak lama yang berasal dari masa depan.

Bisa dibilang, semua persiapan yang dia lakukan mulai dari menciptakan Immortus Engine hingga mencari Howard Stark sebenarnya selain untuk mewujudkan tujuannya dia juga menciptakan musuhnya sendiri yaitu Kang. Namun, pertarungan Kang dan The Maker sendiri pada akhirnya berakhir dengan keduanya tewas dalam pertempuran. Dan sosok Howard stark pun marah besar dengan hal ini.

Kemunculan Kang versi Ultimate Iron Man ini tentunya sangat menarik, karena Marvel Comics benar-benar menghadirkan sesuatu yang baru dari karakternya. Cerita yang mereka hadirkan juga cukup unik dan menarik yang menghasilkan beberapa fakta penting tentang Kang versi Ultimate Iron Man tersebut.

Exit mobile version