Home MOVIE MOVIE FEATURES 9 Kematian Karakter MCU yang Dibatalkan!

9 Kematian Karakter MCU yang Dibatalkan!

Dalam cerita di MCU kematian dari karakter memang tidak terhindarkan, namun ternyata ada juga beberapa karakter yang kematiannya dibatalkan. Sepanjang lebih dari satu dekade dan 5 Phase, Marvel Studios sudah menghadirkan momen kematian dari para karakternya. Misalnya, kematian yang paling berkesan adalah pengorbanan dari Tony Stark dan Natasha Romanoff. Namun, ada juga beberapa kematian dari karakter MCU yang dibatalkan oleh pihak Marvel Studios dan memberikan pengaruh besar bagi ceritanya. Siapa saja?

9 Steve Rogers

Kematian karakter MCU yang dibatalkan pertama tidak lain adalah Steve Rogers alias Captain America. Karater ini menjadi salah satu karakter yang ikut membantu membangun MCU selama satu dekade terakhir, bersama dengan Tony Stark dan yang lain. Seperti yang kita ketahui, pasca menerima serum super soldier Steve Rogers pergi ke medan pertempuran sebelum kemudian dia terjebak di dalam es.

Dalam berbagai cerita yang menghadirkan sosok Steve Rogers sejauh ini, tidak jarang Captain America hampir terenggut nyawanya. Misalnya bagaimana Steve Rogers hampir saja tewas di tangan Thanos dan pasukannya. Namun, di akhir Avengers: Endgame kita melihat bagaimana Steve Rogers ke masa lalu dan tetap berada di sana. Sedangkan, versi Steve Rogers tua memberikan titel Captain America kepada Sam Wilson.

8 Hank Pym

Selain Steve Rogers, Hank Pym adalah karakter yang memiliki pengalaman sebagai superhero. Dia adalah sosok orisinal dari Ant-Man sebelum titelnya diberikan kepada Scott Lang. Hank pun kemudian menjadi sosok penting dalam tiga film Ant-Man. Yang menarik adalah menurut penulis filmnya, Jeff Loveness, film Quantumania seharusnya jadi film terakhir dari Hank pym di MCU.

Pasca kematiannya, dia akan memindahkan kesadarannya ke koloni semut yang dia bangun dan dia akan mampu untuk tetap berkomunikasi dengan keluarganya. Namun, konsep tersebut dianggap kurang memberikan dampak signifikan kedepannya. Akhirnya, konsep cerita awal ini tidak lagi digunakan dalam filmnya dan kematian salah satu karakter berpengaruh di MCU ini dibatalkan.

7 Gamora

Momen “kematian” dari Gamora sebenarnya cukup kompleks. Seperti yang Geeks ketahui, salah satu anggota Guardians of the Galaxy ini akhirnya tewas setelah Thanos membuat Gamora sebagai tumbal untuk mendapatkan Soul Stone di Vormir. Tetapi, berkat mesin waktu dari para Avengers akhirnya Gamora dari tahun 2014 muncul ke masa sekarang meskipun dia nampak bingung dengan apa yang terjadi.

Namun, sebenarnya, sebelum Gamora tewas di Vormir sutradara dari Guardians of the Galaxy, James Gunn, hendak menghadirkan cerita di mana Gamora yang justru tewas di film GOTG Vol. 2 dan bukan Yondu. James Gunn akhirnya merubah cerita di mana kematian salah satu karakter MCU ini dibatalkan. Marvel Studios memutuskan untuk menghabisi nyawa Gamora di tangan Thanos yang memberikan dampak kesedihan mendalam bagi Peter Quill.

6 Happy Hogan

Happy Hogan merupakan teman lama sekaligus pengawal pribadi dari Tony Stark. Dia adalah salah satu karakter yang sangat terguncang dan terpengaruh oleh kematian dari Tony Stark di film Endgame. Mungkin, tidak banyak Geeks yang tahu jika sebenarnya karakter Happy Hogan seharusnya tewas di film Iron Man 3 dalam adegan ketika pasukan yang terinfeksi virus Extremis meledak.

Namun, pada akhirnya, rencana kematian dari salah satu karakter MCU ini dibatalkan setelah sang aktor, John Favreu, menulis surat pribadi yang dia tulis langsung untuk bos Marvel Studios, Kevin Feige. John meminta Kevin Feige untuk mempertimbangkan kembali keputusan menghabisi nyawa dari Happy Hogan. Dan keputusan tersebut rasanya tepat melihat pengaruh besar karakter di Phase 4 kemarin.

5 Wong

Seorang penyihir yang hebat dan juga partner dari Doctor Strange, Wong merupakan salah satu karakter yang banyak jadi favorit para fans. Hal ini terlihat dari banyaknya kemunculan Wong di berbagai film, baik sebagai cameo atau salah satu karakter penting. Kondisi dari Wong saat ini memang masih hidup. Namun, seharusnya, Wong sudah tewas di tangan Scarlet witch.

Wong seharus tewas dalam film Soctor Strange in the Multiverse of Madness akibat level kekeuatan Wong yang tidak mampu menahan kekuatan dari Scarlet Witch. Sejak saat itu, Wong banyak muncul di berbagai proyek MCU seperti She-Hulk. Dan banyak fans yang berspekulasi jika Wong akan jadi salah satu karakter penting di film Shang-Chi 2 pasca kemunculannya di akhir filmnya.

4 Nick Fury

Nick Fury adalah otak dari berbagai hal yang terjadi di MCU, seperti pembentukan tim Avengers. Dia merupakan salah satu kekuatan yang tidak tergoyahkan di Marvel Universe. Di sepanjang kemunculannya di MCU, Nick Fury diketahui sudah “tewas” sebanyak dua kali. Yang pertama adalah ketika dia sengaja memalsukan kematiannya dalam cerita Captain America: The Winter Soldier, setelah mengetahui organisasi SHIELD sudah tersusupi oleh organisasi HYDRA.

Kematian yang kedua adalah ketika dia menjadi korban Decimation Thanos dalam film Avengers: Infinity War. Namun, dia kemudian kembali setelah para Avengers berhasil mengembalikan Decimation. Namun, dalam konsep cerita yang akhirnya tidak jadi digunakan sosok Nick Fury sebenarnya seharusnya tewas di tangan para komandan Thanos. Dan hal ini akan berpengaruh pada cerita Secret Invasion dan membuat Captain Marvel harus beradaptasi tanpa Nick Fury.

3 Hawkeye

Terlepas dari sosoknya yang merupakan salah satu karakter pendiri tim Avengers, Clint Barton alias Hawkeye merupakan satu-satunya karakter yang tidak pernah mendapatkan film solo. Banyak fans yang kecewa bagaimana Marvel Studios tidak pernah menghadirkan film solo Hawkeye, yang bahkan Jeremy Renner sang aktor dari karakternya sempat mengutarakan rasa frustasinya.

Yang menarik adalah Renner pernah meminta kepada sang sutradara dari film Avengers pertama, Joss Whedon, untuk mematikan karakternya. Namun, keinginan tersebut tidak dituruti oleh sang sutradara. Meskipun begitu, Hawkeye sendiri kemudian muncul di banyak film dan muncul dalam series solonya. Dan jika kemudian Hawkeye tewas di tangan Thanos, mungkin kita tidak akan melihat penampilan Hawkeye sebagai mentor dari Kate Bishop.

2 Thor

Tidak banyak karakter yang harus menderita akibat kehilangan besar seperti yang terjadi kepada sosok Thor. Kita melihat bagaimana Thor harus hidup sambil melihat kehilangan terbesarnya seperti sang ayah, Odin, sang ibu, Frigga, teman-teman baiknya, dan bahkan mantan kekasihnya, Jane Foster. Meskipun begitu, Thor sendiri hampir saja tidak selamat dalam film Endgame.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Russo bersaudara dalam wawancara salah satu podcast. Menurut mereka, Kevin Feige awalnya ingin menghadirkan cerita di mana tiga karakter besar MCU – Iron Man, Captain America, dan Thor – untuk tewas di film Avengers: Endgame. Namun, keputusan untuk membatalkan kematian Thor nyatanya berdampak besar bagi alur cerita kedepannya.

1 Loki

Karakter MCU yang dibatalkan kematiannya yang terakhir serta yang paling besar adalah Loki Laufeyson. Loki pertama kali diperkenalkan dalam cerita di film pertama Thor, di mana dia diangkat menjadi anak oleh Odin dalam pertempuran menghadapi Frost Giant. Sudah tidak terhitung berapa kali Loki diceritakan tewas dalam jagat sinematik Marvel tersebut. Meskipun Loki adalah karakter villain, namun dia jadi karakter yang ikonik di MCU.

Loki seharusnya tewas di tangan para Dark Elves dalam cerita Thor: The Dark World. Namun, para penonton yang menyaksikan filmnya saat test screening tidak puas dengan kematian tersebut. Loki sendiri kemudian diperlihatkan “tewas” di tangan Thanos di awal cerita Avengers: Infinity War sebelum kemudian dia kembali mengelabui kematian. Loki dari tahun 2012 berhasil kabur sebelum ditangkap TVA dan muncul hingga sekarang dalam series Loki.

Keputusan untuk membatalkan kematian dari para karakter MCU di atas nyatanya memberikan dampak sangat signifikan bagi masa depan universe tersebut. Jika para karakter tersebut diceritakan tewas, mungkin kita tidak akan melihat berbagai hal-hal epik yang terjadi di Phase 4 atau Phase 5.

Exit mobile version