Home MOVIE MOVIE FEATURES Mengenal 6 Film Tiruan Kocak MCU!

Mengenal 6 Film Tiruan Kocak MCU!

MCU memang menjadi salah satu sinematik universe tersukses sepanjang masa. Sudah banyak film dan series yang lahir di sini, dan mayoritas filmnya berujung kesuksesan yang masif. Karena itulah banyak pihak yang berlomba-lomba menirukan apa yang dibuat oleh Marvel Studios terhadap MCU, dengan harapan untuk sukses besar, atau hanya sekedar hiburan semata. Meski mayoritas film di bawah ini terlalu sukses, tetapi kemunculannya memberikan warna baru di industri film. Lantas apa saja film yang dianggap meniru atau menjadi film parodi MCU? Berikut adalah film yang dianggap tiruan di MCU!

6 Metal Man

Pada tahun 2008, muncul sebuah film tiruan Iron Man berjudul Metal Man. Dalam film ini, kita diceritakan tentang karakter Kyle Finn yang mirip Tony Stark, di mana Finn mengenakan setelan berwarna merah dan emas yang jadi ciri khas Iron Man. Tetapi tentu saja filmnya dibuat dengan anggaran yang sangat rendah sehingga membuatnya mirip seperti cosplay.

Dan menariknya lagi, film ini menampilkan robot ninja. Finn diceritakan sebagai mahasiswa yang konyol, dan ternyata kostum yang dimiliki Finn diincar oleh karakter Sebastian Reed yang diceritakan jahat. Meski bukan film yang digarap dengan serius, tetapi filmnya sukses dibahas oleh orang-orang dan sempat viral di internet. Tetapi tentu saja orang-orang tertarik dengan absurditasnya yang juga sangat menghibur.

5 Guardian of the Universe

Ketika film Guardians of the Galaxy rilis di tahun 2014, tak butuh waktu lama bagi film tiruannya muncul. Tiruannya tersebut berjudul Guardian of the Universe. Sama seperti GOTG (Guardian of the Galaxy), Guardian of the Universe juga berlatar di luar angkasa, dan menampilkan sebuah tim yang saling bekerja sama untuk mengalahkan musuh. Bahkan poster film ini menirukan logo dan gambar poster dari film MCU. Sejauh ini, hanya itulah kesamaan antara GOTG dan film ini.

Menariknya nih Geeks, Guardian of the Universe menampilkan goblin, robot, Nazi, dan pembunuh sadis. Plotnya pun menceritakan tentang penjelajah waktu jahat yang disebut Mad Scientist. Nah film ini agak niat, karena memasukan nama yang cukup besar yaitu David Ogden Stiers dan Walter Koenig yang pernah tampil di Star Trek.

4 Almighty Thor

Film ini rilis di saluran Syfy pada 2011, tahun yang sama dengan perilisan film Thor di MCU. Almighty Thor masih menceritakan konflik antara Thor dan Loki. Dan sama seperti yang terjadi di MCU, Thor harus melakukan perjalanan ke Bumi untuk mendapatkan Mjolnir, agar tidak ada bencana yang menimpa alam semesta. Film Almighty Thor dimulai dengan kematian Odin, sebuah peristiwa yang tidak terjadi dalam film pertama Thor.

Kematian Odin di MCU justru baru diceritakan dalam film Thor: Ragnarok. Almighty Thor memang dibuat lebih niat, karena menampilkan CGI yang tidak terlalu buruk dan dapat dinikmati. Selain itu, tulisan font yang digunakan dalam filmnya juga bergaya ala The Lord of the Rings. Yap, filmnya memang lebih mengarah ke jaman abad pertengahan, karena sebagian besar karakter masih menggunakan pedang untuk bertarung, termasuk Thor sendiri.

3 Guardians

Lagi-lagi, ini adalah film yang tirukan Guardians of the Galaxy. Berjudul Guardians, film ini tidak hanya menirukan Guardians of the Galaxy saja, tetapi film lainnya di MCU. Film ini cukup laris di box office Rusia pada tahun 2017, di mana filmnya menceritakan tentang sekelompok orang dengan kekuatan super yang diciptakan untuk membela Uni Soviet. Orang-orang tersebut adalah Arsus, Khan, Ler, dan Xenia. Setelah lama berpisah, mereka akhirnya bersatu kembali untuk menghadapi seorang jenius yang jahat.

Ada banyak faktor yang membuat Guardians menirukan film MCU, seperti organisasi Patriot dalam filmnya yang mirip sekali dengan SHIELD. Karakter Arsus juga sangat mirip dengan Hulk, karena dia dapat berubah bentuk dan kurang bisa mengendalikan emosi ketika berubah. Karakter Khan juga mirip dengan Quicksilver, dan masker diwajahnya mengingatkan kepada Winter Soldier. Selain itu ada juga beberapa kemiripan lainnya yang sangat terlihat, yang tentu saja akan sangat panjang jika disebutkan satu persatu.

2 Avengers Grimm

Avengers Grimm adalah film yang rilis tahun 2015. Dari judulnya saja, kita bisa mengetahui bahwa filmnya adalah tiruan film Avengers MCU. Tetapi karakter yang ditampilkan bukan dari buku komik, melainkan buku dongeng. Di sini, Cinderella, Putri Tidur, Putri Sajlu, dan Rapunzel tersedot ke dalam portal menuju dunia nyata. Di sana mereka harus mengalahkan Rumpelstiltskin. Nah sekuel film inilah yang dianggap paling mirip dengan film Avengers, karena menceritakan para pahlawan yang harus memburu Rumpelstitskin dengan melewati waktu untuk menghentikan rencana jahatnya. Tentu saja itu mengingatkan kita pada film Avengers: Endgame di tahun 2019, yang menceritakan tentang para pahlawan MCU yang melakukan perjalanan waktu untuk menghentikan Thanos.

1 Avengers Dogs

Avengers Dogs seperti persilangan antara film Air Bud dan Avengers. Dalam film ini, kita disuguhkan dengan cerita tentang para hewan peliharaan dalam petualangan luar angkasa. Ajing super Skyfetcher dan Spaceslobber mengerahkan tim anjing terbaik mereka untuk menghentikan kejahatan yang semakin meningkat. Puncaknya mereka harus mengalahkan ancaman jahat yang juga memiliki kemampuan kosmik.

Sama seperti film Avengers yang asli, Avengers Dogs juga memiliki beberapa sekuel, termasuk Avengers Dogs 2: Wonder Dogs, dan Avenger Dogs: Christmas, yang keduanya rilis pada tahun 2020. Animasi film ini memang tidak terlalu bagus, namun karena diperuntukan untuk anak-anak, film ini cukup layak ditonton.

Itulah dia Geeks, beberapa film yang dianggap sebagai tiruan film-film MCU. Ada banyak kemiripan dari film-film di atas, sehingga wajar saja banyak yang menyebut film ini sebagai tiruan. Di antara film tersebut, mana yang menjadi favorit kalian?

Exit mobile version