Home SERIES SERIES FEATURES 10 Series Terpanjang Sepanjang Masa!

10 Series Terpanjang Sepanjang Masa!

Ada banyak series yang bertebaran saat ini. Biasanya sebuah series berlangsung selama bertahun-tahun dan memiliki cerita yang terus berkesinambungan. Tetapi ada juga series yang berumur pendek, karena dianggap tidak laku dan potensial, sehingga seriesnya akhirnya batal dilanjutkan ke musim berikutnya. Tetapi nih Geeks ada beberapa series yang sudah berlangsung sangat lama, sampai-sampai berjalan lebih dari 20 tahun, yang berarti series ini berumur sangat panjang. Tentunya akan sulit membuat cerita yang terus berkesinambungan selama bertahun-tahun. Lantas apa saja series terpanjang yang pernah ada, berikut adalah 10 series terpanjang sepanjang masa.

10 Doctor Who

Series Doctor Who rasanya sudah tidak asing ditelinga kalian. Dalam series ini, kita diajak untuk melakukan perjalanan melintasi ruang dan waktu. Dan dalam series yang sudah berjalan sangat lama ini, sang karakter utama mampu “memperbarui” diri, dan dengan begitu, sang showrunner bisa memilih aktor yang berbeda sebagai pemeran Doctor dan menjaga agar series ini tetap berjalan.

Ide unik tersebut sebenarnya tercetus ketika First Doctor alias William Hartnell (yang merupakan Doctor di tahun 1963-1966) tidak bisa lagi berperan karena kesehatannya. Sehingga total, sejak tahun 1963, ada 13 Doctor yang pernah diperankan aktor berbeda, di mana Tom Baker menjadi yang terlama memerankan karakter itu. Hingga sekarang, series ini masih terus berlanjut dan sepertinya belum akan berakhir dalam waktu dekat.

9 One Life to Live

10 series terpanjang berikutnya jatuh pada One Life to Live. One Life to Live telah meraih banyak penghargaan selama bertahun-tahun, termasuk Daytime Emmy Awards untuk kategori Drama Series. Aktor dan aktris dari series ini juga telah meraih pengakuan atas penampilan mereka. Series ini sudah tayang selama 45 tahun, sehingga menghasilkan total 11.000 episode, dan episode terakhirnya rilis pada tahun 2012. One Life to Live memang menghadirkan keberagaman yang begitu besar.

Seriesnya mengambil latar di kota bernama Lianview yang berada di daerah Philadelphia. Seriesnya berpusat kepada keluarga Lord yang kaya, bersama dengan keluarga lainnya seperti Wolek. Meskipun telah berakhir, “One Life to Live” tetap memiliki penggemar setia dan memiliki tempat yang istimewa dalam sejarah televisi Amerika Serikat.

8 The Young and the Restless

The Young and the Restless tayang setiap hari kerja, dengan episode baru yang akan tayang pada siang hari di saluran CBS Amerika Serikat. Seriesnya sudah berlangsung selama lebih dari lima dekade dan memiliki total 12.000. Dan hingga sekarang, series ini masih terus ditayangkan. Seriesnya awalnya berfokus pada dua keluarga utama, yaitu keluarga Brooks yang dikenal sangat kaya, dan keluarga Foster yang dikenal sebagia keluarga pekerja keras.

Dan menariknya lagi, series ini menghasilkan series spinoff berjudul The Bold and the Beautiful, yang juga telah berjalan cukup lama yaitu tiga dekade. Sayangnya, ada beberapa inti cerita yang diubah, tetapi yang tetap masih bertahan adalah balas dendam antara Jill Abbott dan Katherine Chancellor, yang menjadi “permusuhan” ikonik dalam series.

7 Emmerdale

Emmerdale, sebelumnya dikenal sebagai Emmerdale Farm, adalah salah satu series dari Britania Raya yang sangat terkenal. Seriesnya pertama kali ditayangkan pada tahun 1972 dan masih tayang hingga saat ini berfokus pada kehidupan sehari-hari penduduk desa Emmerdale. Ceritanya mencakup berbagai topik, seperti cinta, persahabatan, konflik keluarga, intrik, dan misteri.

Walaupun cerita seriesnya seringkali melibatkan karakter utama, series ini juga mengeksplorasi kehidupan sejumlah warga desa yang beragam. Setiap episode baru Emmerdale akan dirilis setiap hari kerja di saluran ITV. Selain di ITV, series ini juga tersedia untuk ditonton secara streaming di berbagai platform. Saat ini, Emmerdale sudah memiliki total lebih dari 9.000 episode. Padahal awalnya, series ini hanya akan ditayangkan selama tiga bulan saja.

6 Sesame Street

Nah inilah series yang paling dicintai seluruh anak-anak di dunia. Setelah lebih dari 4.500 episode, Sesame Street menjadi salah satu series terlama yang pernah ada. Geeks tentunya tahu dengan series ini karen selalu menampilkan rutinitas para Muppets yang menggemaskan. Dalam di dalam series ini, kita juga disuguhkan dengan beragam film pendek, komedi, dan budaya-budaya yang diperlihatkan.

Sesame Street telah memenangkan lebih dari 200 Emmy dan juga tayang dihampir semua negara di dunia. Tentu saja tujuan series ini adalah untuk mendidik anak-anak tentang dunia dan isuk-isuk sosial yang relevan dengan cara yang mudah diingat dan dimengerti oleh anak-anak. Pada tahun 2016, Sesame Street resmi tayang ke HBO, dan kini menjangkau generasi baru dalam layanan streaming Max.

5 As the World Turns

Setelah hampir 14.000 episode, series As the World Turns akhirnya berhenti tayang di tahun 2010. Series ini disetop karena menurunnya minat dan terus turunnya peringkat series ini, yang juga harus bersaing dengan series lainnya yang penuh bintang dan beranggaran fantastis. Jika ditotal, As the World Turns memiliki durasi 13.736 jam, yang artinya setiap episode jika diputar berturut-turut (non-stop) akan menghabiskan waktu sekitar satu tahun setengah.

Secara garis besar, series ini memang terus mempertahankan para pemeran lama, tanpa ingin mengenalkan karakter baru. Seriesnya juga tidak pernah mencoba menampilkan isu-isuk sensitif, yang membuatnya tampil aman. Series ini menceritakan tentang keluarga yang dikepalai oleh para profesional di bidang hukum dan medis. Seriesnya juga menceritakan saat para anggota keluarga mengalami konfliknya masing-masing yang harus mereka selesaikan.

4 Days of Our Lives

Days of Our Lives sudah tayang lebih dari lima puluh, dan series ini masih terus berlanjut hingga sekarang. Karena itulah Days of Our Lives masuk menjadi 10 series terpanjang dalam sejarah Selama bertahun-tahun, Days of Our Lives telah memperkenalkan berbagai karakter yang menjadi sangat ikonik dalam dunia series. Beberapa karakter tersebut yaitu John Black, Marlena Evans, dan Sami Brady. Pada awalnya, series ini berfokus kepada keluarga kaya Horton, yang berisikan para karakter seperti Dr. Tom Horton dan istrinya, Alice. Dan kemudian ceritanya pun terus berlanjut kepada karakter lain.

Sepanjang seriesnya bergulir, total ada lebih dari 14.000 episode yang pernah dibuat. Days of Our Lives juga telah meraih banyak penghargaan selama bertahun-tahun, termasuk Daytime Emmy Awards untuk kategori Drama Series. Aktor dan aktris yang terlibat dalam series ini juga telah meraih pengakuan atas penampilan mereka.

3 General Hospital

General Hospital pertama kali tayang pada tanggal 1 April 1963 dan masih terus tayang hingga saat ini. Terhitung bahwa jumlah episode General Hospital bisa mencapai 15.000. Sebenarnya series ini mencapai puncak popularitasnya pada tahun 1980-an, berkat kisah cinta yang menarik antara Luke dan Laura. Bahkan ketika itu, episode yang menampilkan pernikahan mereka berdua menjadi salah satu series dengan rating tertinggi.

Sementara untuk beberapa musim awalnya lebih berfokus pada kisah para dokter, perawat, dan pasien di lantai 7 sebuah rumah sakit umum di sebuah kota yang tidak disebutkan namanya, (tetapi kemudian disebut sebagai Port Charles), dan kemudian ceritanya terus berkembang. Saking bekennya, General Hospital terus berkembang dan merambah berbagai media, termasuk buku, komik, dan merchandise.

2 Coronation Street

10 series terpanjang berikutnya adalah Coronation Street. Coronation Street, juga dikenal sebagai Corrie, adalah series paling terkenal di Britania Raya. Series ini telah ditayangkan sejak tahun 1960 dan masih terus tayang hingga saat ini. Coronation Street mengambil latar tempat di sebuah kota fiksi Weatherfield. Walaupun fiksi, lokasi ini terasa sangat nyata bagi para penggemar. Kita pun disuguhkan dengan cerita tentang kehidupan sehari-hari penduduk Weatherfield, yang berkutat tentang cinta, persahabatan, keluarga, konflik, dan drama pribadi.

Beberapa karakter, seperti Ken Barlow, Rita Sullivan, dan Gail Platt, telah menjadi bagian penting dari series ini dan telah tampil dalam berbagai periode waktu. Coronation Street telah meraih banyak penghargaan selama bertahun-tahun, termasuk British Soap Awards dan National Television Awards. Setiap episode terbaru dari Coronation Street rilis setiap hari Senin, Rabu, dan jumat. Jika ditotal Coronation Street sudah memiliki lebih dari 10.000 episode.

1 Guiding Light

Guiding Light resmi menjadi series terlama dalam sejarah, dengan lebih dari 15.700 episode yang diproduksi. Yap, bayangkan saja geeks, series ini sudah ditayangkan selama lebih dari 70 tahun. Seriesnya menceritakan kehidupan sehari-hari para karakternya, konflik pribadi, dan hubungan antar karakter. Sebagian besar ceritanya berfokus pada keluarga dan komunitas fiksi Springfield, Illinois.

Seriesnya juga menampilkan banyak aktor terkenal yang kemudian menjadi bintang besar di industri hiburan, seperti Kevin Bacon, James Earl Jones, Calista Flockhart, dan lainnya. Sayangnya, Guiding Light berakhir pada tahun 2009 setelah bertahan selama lebih dari tujuh dekade. Keputusan untuk mengakhiri series ini diambil karena penurunan jumlah penonton yang signifikan dan karena biaya produksi yang tinggi.

Itulah dia Geeks 10 series terpanjang sepanjang masa, karena sudah rilis selama bertahun-tahun. Bahkan series ini sudah berlangsung lebih dari 20 tahun, dan sebagian dari seriesnya masih bertahan hingga sekarang, sementara beberapa series lainnya sudah berhenti.

Exit mobile version