Home OTAKU OTAKU FEATURES 10 Film Anime Terbaik Sepanjang Masa!

10 Film Anime Terbaik Sepanjang Masa!

Beberapa film anime dianggap sebagai yang terbaik sepanjang masa, berdasarkan penilaian para penonton di situs rating IMDb. Meskipun anime terkadang masih dilirik sebelah mata, namun perkembangannya dalam beberapa dekade belakangan benar-benar sangat masif. Beberapa film anime juga memiliki alur cerita dan visual yang menarik di mana membuat para penonton kagum dengan film tersebut. Hal ini pun membuat beberapa film anime dianggap sebagai yang terbaik sepanjang masa. Apa saja?

10 Akira

Film anime terbaik sepanjang masa yang pertama adalah Akira. Film yang rilis di tahun 1988 ini disutradarai oleh Kaatsuhiro Otomo. Alur ceritanya sendiri bersetting di masa depan, di mana seorang pemimpin geng motor berusaha untuk menghentikan temannya yang memiliki kekuatan psychic luar biasa. Hal itu mencegah agar kota Neo-Tokyo tidakhancur oleh kekuatan dahsyat tersebut.

Salah satu hal yang membuat film Akira banyak dipuji hingga sekarang adalah kualitas animasi yang sangat apik. Narasi yang disampaikan oleh filmnya pun dianggap masih sangat relate hingga di era modern sekarang. Filmnya mengeksplor tentang kekuasaan, jabatan, kondisi manusia, korupsi dan sebagainya. Akira bahkan dianggap sebagai salah satu pencapaian besar di dunia anime.

9 The Dissapearence Of Haruhi Suzumiya

Ini merupakan film dari series Haruhi Suzumiya. The Dissapearence Of Haruhi Suzumiya dalah sebuah film anime yang sensasional yang bercerita tentang Kyon. Kyon adalah seorang murid SMA yang terbangun di sebuah dunia yang aneh, di mana rekan satu kelasnya yang sangat eksentrik dan ceriya, Haruhi, tidak lagi ada di dunia. Kyon pun mencoba untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Filmnya berhasil menghadirkan plot yang sangat detil dan menarik dengan pengembangan karakter yang sangat mendalam. Dan yang menarik juga adalah filmnya menghadirkan sebuah twist yang mengejutkan para penonton dari seriesn orisinalnya. Para penonton akan diajak untuk tetap mengikuti ceritanya sedari awal hingga akhir. Dengan kombinasi yang seimbang dari drama, humor, dan misteri wajar jika film ini mendapatkan nilai 8,0 di situs rating IMDb.

8 Wolf Children

Jika diperhatikan sekilas, film Wolf Children memang nampak seperti produk buatan Studio Ghibli dengan art style yang sangat khas. Namun, ternyata ini bukan film buatan studio milik Hayao Miyazaki tersebut. Terlepas dari hal tersebut, Wolfs Children tetap mampu menghadirkan pengalaman yang menarik dengan berbagai karakter yang juga lucu. Film anime ini berfokus pada seorang wanita bernama Hana.

Hana diketahui jatuh cinta dengan manusia serigala alias werewolf. Keduanya kemudian hidup dengan damai bersama dua anaknya, Yuki dan Ame. Namun, setelah sang ayah tewas terbunuh, Hana pun terpaksa membesarkan mereka sendiri. Di sisi lain, Hana berusaha untuk untuk menyembunyikan identitas dari kedua anaknya yang merupakan manusia serigala. Cerita tentang menjadi ibu yang dipadukan dengan visual yang menarik jadi daya tarik dari film anime ini yang tentunya akan membuat para penonton terbawa suasana.

7 A Silent Voice: The Movie

Sesuai namanya, ini merupakan film layar lebar yang diadaptasi dari manga dengan nama yang sama. Ceritanya sendiri mengeksplor tema tentang perundungan, memaafkan, dan memperbaiki masa lalu. Filmnya berfokus pada seorang pria bernama Shoya, yang diperlihatkan sering melakukan perundungan terhadap gadis di kelasnya yang memiliki kekurangan dalam pendengaran bernama, Shoko.

Ketika dewasa, Shoya berusaha untuk melakukan kebaikan kepada Shoko sebagai bentuk permintaan maafnya pada saat mereka bersekolah. Untuk Geeks yang senang dengan cerita drama pastinya akan sangat menikmati film ini, apalagi para penonton akan diajak untuk merefleksikan diri mengenai dampak atau akibat dari apa yang mereka lakukan. Pesan yang dihadirkan dalam film ini pun sangat dalam.

6 Howl’s Moving Castle

Salah satu karya terbaik dari Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli, Howl’s Moving Castle. Film ini menampilkan sebuah dunia yang penuh dengan penyihir, istana berjalan, dan hal fantasi lainnya. Tema cerita tentang cinta, pengorbanan, dan kengerian dari peperangan juga ada di film ini. Visual yang sangat luar biasa tentunya berhasil meraih perhatian para penonton yang juga dibarengi dengan karakter yang memorable.

Howl’s Moving Castle terkenal karena dunia fantasi penuh imajinasi serta musik yang akan membuat siapa pun selalu terngiang, yang tentunya akan sangat pas untuk disaksikan oleh keluarga dan semua usia. Rilis di tahun 2004, film ini sudah dianggal sebagai salah satu film anime klasik dan legendaris di dunia anime. Howl’s Moving Castle memiliki nilai 8,2 dalam situs IMDb.

5 Demon Slayer: Mugen Train

Demon Slayer: Mugen Train bisa dibilang merupakan salah satu film anime yang unik. Karena film tersebut mengadaptasi salah satu arc yang sangat populer dari manga Demon Slayer karya Koyoharu Gotouge, yaitu arc Mugen Train. Memiliki setting waktu pasca musim perdana animenya, film ini berfokus pada Tanjiro, Zenitsu, dan Inosuke yang coba untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan kereta misterius yang mereka tumpangi.

Mereka pun bekerja sama dengan para Flame Hashira untuk menghadapi sosok iblis kuat bernama Enmu, yang memangsa para penumpang kereta. Rilis di tahun 2018, film Demon Slayer: Mugen Train menjadi film anime yang paling sukses di Jepang sejauh ini. Bahkan, film ini juga mendapatkan kritik yang sangat positif dari seluruh dunia. Bukti kesuksesannya adalah Demon Slayer: Mugen Train jadi salah satu film anime dengan pemasukan terbesar dalam sejarah.

4 Princess Mononoke

Disutradarai oleh Hayao Miyazaki, film anime Princess Mononoke merupakan film fantasi sejarah yang meledak di pasaran saat perilisannya di tahun 1997. Filmnya sendiri bersetting di akhir era Muromachi di Jepang, di mana seorang pangeran muda dari suku Emishi bernama Ashitaka dikutuk oleh seorang dewa babi hutan dan perlahan mulai menggerogoti jiwanya.

Ashitaka pun berpetualang untuk mencari penawar dari kutukannya tersebut. Ketika dia berpetualang, Ashitaka kemudian bertemu dengan San, yang merupakan penjaga dari hutan dan seluruh makhluk yang ada di dalamnya. Ashitaka sendiri kemudian jadi penengah antara konflik manusia dan para makhluk supranatural di hutan itu. Film ini menghadirkan tema hubungan antara manusia dan alam. Dan sampai sejauh ini Princess Mononoke berhasil menghadirkan dampak yang mendalam dan luar biasa kepada para penonton.

3 Your Name

Your Name sejauh ini adalah film anime terbaik dari pembuat film asal Jepang, Makoto Shinkai. Film drama fantasi romantis ini berkisah tentang sepasang remaja, Mitsuha dan Taki. Mereka menyadari jika jiwa mereka tertukar di dua badan yang berbeda. Ketika mencoba untuk mencari tahu apa yang terjadi dan coba untuk mengembalikan semuanya seperti semula, hubungan mereka justru menjadi dekat.

Namun, petualangan Mitsuha dan Taki tersebut nyatanyaa tidaklah mudah. Karena, apa yang mereka lakukan ternyata memengaruhi waktu, nasib, dan takdir. Your Name merupakan salah satu film anime yang sangat fenomenal di era modern ini dan seluruh dunia pun mengakui hal tersebut, Karena itulah wajar jika film ini jadi salah satu film anime terbaik sepanjang masa.

2 Grave Of The Fireflies

Studio Ghibli biasanya menghadirkan alur cerita yang penuh dengan fantasi dan pesan mendalam di setiap filmnya. Tetapi, untuk film Grave of the Fireflies pihak studio benar-benar menghadirkan pesan yang sangat mendalam bagi mereka yang menontonnya. Pesan tersebut adalah bagaimana dan apa yang terjadi dengan orang-orang ketika peperangan berlangsung di sebuah negara.

Film Grave of the Fireflies sendiri sedikit mengadaptasi cerita dari autobiografi karya Akiyuki Nasaka. Ceritanya sendiri berfokuss pada dua orang saudara yang coba untuk bertahan hidup saat perang dunia kedua terjadi di Jepang. Setelah mereka kehilangan sang ibu, Seita berusaha untuk menjaga adik perempuannya yang mengalami kekurangan gizi. Efek dari peperangan adalah pesan utama yang Hayao Miyazaki coba hadirkan melalui filmnya.

1 Spirited Away

Film anime terbaik sepanjang masa yang terakhir adalah Spirited Away. Bisa dibilang, ini merupakan mahakarya dari Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli. Film anime peraih penghargaan Academy awar ini bercerita tentang seorang gadis bernama Chihiro yang terjebak di dunia para arwah. Chihiro sendiri berusaha untuk mengambalikan orang tuanya yang berubah menjadi babi setelah seorang penyihir mengubah keduanya.

Dalam petualangannya tersebut, Chihiro banyak bertemu dengan makhluk-makhluk aneh. Ketika filmnya rilis di tahun 2001, kepopuleran dari film Spirited Away benar-benar sangat luar biasa. Hal ini karena berbagai aspek teknis yang apik, pemilihan soundtrack, pengembangan karakter, penceritaan, dan sebagainya. Salah satu hal yang ikonik dari film ini adalah kemunculan makhluk tanpa wajah yang bernama Kaonashi.

Selain film live action, film anime juga mampu untuk meraih perhatian dari para fans serta para penonton. Dengan kombinasi yang tepat dari karakter, musik, visual, dan sebagainya bukan tidak mungkin sebuah film anime akan sangat populer dan dikenang orang seperti deretan film di atas. Apakah film favorit kalian ada dalam daftar ini, Geeks?

Exit mobile version