Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Alasan Expendables 4 Gagal Total!

5 Alasan Expendables 4 Gagal Total!

Beberapa waktu lalu, film Expendables 4 akhirnya rilis setelah penantian yang panjang. Film tersebut masih dibintangi beberapa pemeran lama seperti Sylvester Stallone dan Jason Statham. Selain kehadirkan pemeran lama, filmnya juga mendatangkan wajah baru, seperti Iko Uwais, Megan Fox, dan 50 Cent. Meski sudah lama ditunggu, tetapi sayangnya perilisan film Expendables 4 tidak berjalan mulus, karena film tersebut berakhir dengan respon yang buruk, ditambah lagi dengan penjualan yang sama buruknya. Lantas apa penyebab Expendables 4 gagal total?

5 Terlalu Lama Jeda

Jika melihat sejarah, setiap film Expendables memiliki jarak rilis setiap 2 tahun sekali. Film pertama rilis tahun 2010, sementara yang kedua rilis tahun 2012. Dan untuk film ketiga, film tersebut rilis dua tahun kemudian yaitu 2014. Itu berarti seharusnya Expendables 4 rilis pada 2016. Tetapi nyatanya, tidak ada film Expendables yang rilis di tahun tersebut. Expendables 4 justru baru terealisasi di 2023, yang berarti ada jeda panjang yang dialami franchise ini.

Terhitung, jedanya sangat panjang yaitu selama 9 tahun. Memang biasanya, jeda dilakukan agar penontonnya tidak merasa kelelahan terhadap sebuah franchise, dan juga untuk meningkatkan hype untuk film berikutnya. Tetapi itu tidak berlaku bagi Expendables 4. Jeda selama 9 tahun membuat penonton kehilangan minat. Mungkin jeda 4 tahun antara film sebelumnya lebih pantas dipilih.

4 Kesalahan Film Sebelumnya

Laku atau tidaknya sebuah film sekuel juga akan ditentukan apakah film sebelumnya dapat diterima dengan baik oleh penonton atau tidak. Contohnya apa yang terjadi dengan Mission Impossible III yang kurang bersinar di box office akibat tanggapan negatif film sebelumnya, Mission Impossible II.

Hal serupa juga sepertinya terjadi dalam Expendables 4. Jika melihat film sebelumnya, Expendables 3, film tersebut mendapatkan respon negatif, yang membuat antusias penggemar terhadap film sekuelnya menjadi pudar. Jika melihat rating filmnya, Expendables 3 mendapatkan skor 6.1 di IMDB dan 31% di Rotten Tomattoes. Ditambah lagi dengan jeda selama 9 tahun yang terjadi terhadap Expendables 4 yang membuat film itu semakin gagal.

3 Hilangnya Pemeran Bintang

Expendables menjadi franchise yang selalu dibintangi oleh aktor laga. Mayoritas di antaranya bahkan merupakan aktor laga yang beken di tahun 80-an hingga 90-an, sebut saja Bruce Willis, Arnold Schwarzenegger, Jet Li, Dolph Lundgren, dan tentu saja Sylvester Stallone. Namun dalam film keempat, para pemeran inti berangsur pergi, seperti yang dilakukan oleh Arnolds Schwarzenegger hingga Jet Li.

Untuk menggantikan para pemeran lama yang hengkang, Expendables 4 akhirnya harus menggaet beberapa bintang baru seperti Megan Fox dan 50 Cent. Padahal tidak satupun dari mereka yang dikenal sebagai ikon film aksi, dan akting keduanya pun biasa saja. Peralihan generasi lama dan baru sepertinya menjadi fokus utama dalam film ini, tetapi itu belum cukup mendongkrak popularitas filmnya, dan akhirnya membuat Expendables 4 gagal.

2 Kehilangan Identitas

Selain karena pemeran bintang, Expendables menjadi ikonik karena franchise ini masih terus mempertahankan corenya (sebelum Expendables 4), yaitu berfokus tentang persahabatan, saling olok-olok antar pemain, dan tentu saja berbagai adegan aksi epik yang dihadirkan.

Dan seharusnya film keempat masih melanjutkan hal serupa, di mana filmnya menghadirkan pemeran yang tepat, dialog yang mengalir, dan adegan pertarungan yang keren. Sayangnya itu semua gagal ditampilkan di film tersebut. Ada banyak kritik yang menghiasi filmnya, termasuk adegan aksi yang sangat buruk. Kualitas film secara keseluruhan akhirnya menjadi alasan mengapa film tersebut gagal di box office. Karena kegagalan ini, sekuel Expendables 4 sangat kecil kemungkinannya untuk digarap.

1 Menjadi Film R-Rated

Expendables 4 diberi rating R-Rated, yang berarti film itu dikhususkan untuk dewasa. Filmnya diberi rating tersebut karena mengandung banyak adegan berdarah dan penuh dengan kata-kata kasar. Ini menjadi film ketiga dari franchise Expendables yang diberi rating R-Rated, karena Expendables 3 justru memiliki rating PG-13.

R-Rated sebenarnya bisa membantu Expendables 4 untuk menampilkan aksi yang lebih brutal lagi, seperti yang diperlihatkan dalam franchise Equalizer dan John Wick. Tetapi yang harus di catat bahwa dengan R-Rated, maka itu berarti akan ada lebih sedikit penonton yang bisa menyaksikan filmnya, karena film ini dikhususkan untuk dewasa, dan remaja dan anak-anak tidak bisa menyaksikannya.

Itulah dia Geeks beberapa alasan yang diduga menjadi penyebab kegagalan film Expendables 4. Bisa jadi ada faktor-faktor lainnya yang memicu kegagalan film tersebut. Meski gagal total, mudah-mudahan masih ada harapan agar sekuelnya di buat di masa depan. Kita tunggu aja ya Geeks!

Exit mobile version