Home MOVIE MOVIE FEATURES 6 Cinematic Universe Paling Tua!

6 Cinematic Universe Paling Tua!

Saat ini, banyak studio yang berlomba-lomba membuat cinematic universe baru, terutama setelah melihat kesuksesan besar yang diraih MCU. DC Studios juga mencoba cara serupa dengan DCU, yang segera akan direboot dalam waktu dekat. Sebenarnya selain MCU dan DCU, ada banyak cinematic universe yang pernah eksis, seperti Monsterverse, Dark Universe (yang pernah gagal), hingga Transformers. Nah menariknya nih Geeks, jauh sebelum nama-nama di atas, sebenarnya ada cinematic universe yang sudah ada lebih dulu, dan usianya sudah sangat tua. Berikut adalah 6 cinematic universe yang paling tua saat ini.

1 iew Askewniverse

View Askewniverse adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan cinematic universe yang dibuat oleh sutradara, penulis, dan aktor Kevin Smith. Cinematic universe ini berpusat pada tokoh-tokoh dan cerita-cerita yang saling terhubung. Nama “View Askewniverse” sendiri diambil dari perusahaan produksi Smith, yaitu View Askew Productions. View Askewniverse dimulai dengan film Clerks (1994), yang menceritakan kisah sekelompok karyawan di sebuah toko kelontong di New Jersey.

Ceritanya kemudian terus berlanjut ke dalam film-film berikutnya seperti Chasing Amy, Dogma, Clerks: The Animated Series and the Flying Car, Jay and Silent Bob Strike Back, dan masih banyak lagi. Total ada sekitar 8 film yang ada di View Askewniverse, yang dimulai sejak tahun 1994.

2 Terminator

Dalam daftar 6 cinematic universe paling tua, Terminator menempati posisi kedua. Terminator dimulai pada tahun 1984, di mana film pertamanya sukses besar berkat tangan dingin James Cameron. Kemudian filmnya berlanjut ke Terminator 2: Judgement Day, Terminator 3: Rise of the Machines, dan masih banyak lagi. Terakhir, filmnya rilis di tahun 2019 berjudul Terminator: Dark Fate. Terhitung sudah ada 6 film yang lahir dari cinematic universe ini.

Namun setelah James Cameron tak lagi menyutradarai Terminator, setelah film kedua, kualitas cinematic universe ini cenderung turun. Bahkan James Cameron yang kembali turun sebagai produser dan penulis naskah Terminator: Dark Fate juga tak mampu membawa film tersebut kembali bersinar. Tetapi mudah-mudahan saja film terbaru Terminator yang sedang dikembangkan akan kembali menjadi sukses.

3 Ghostbuster

Cinematic universe Ghostbuster tidak semegah cinematic universe lainnya dalam daftar ini karena secara total hanya memiliki 3 film saja. Film pertamanya dimulai pada tahun 1984, yang membintangi aktor kawakan seperti Bill Murray, Sigourney Weaver, Dan Aykroyd, Harold Ramis, dan masih banyak lagi.

Namun setelah film kedua rilis di tahun 1989, cinematic universe Ghostbusters sempat mengalami hiatus yang sangat panjang, hingga akhirnya berlanjut di tahun 2021 lewat film Ghostbusters: Afterlife. Dan tahun depan kita pun akan melihat sekuel Ghostbusters berikutnya. Sebenarnya di tahun 2016, ada sebuah film berjudul Ghostbusters yang dibuat sebagai reboot. Tetapi film itu tidak dianggap sebagai bagian dari cinematic universe Ghostbusters karena memiliki cerita berbeda.

4 Alien

Cinematic universe paling tua berikutnya adalah alien dimulai dari tahun 1979, dua tahun berselang setelah Star Wars.  Film pertamanya adalah Alien, yang disutradarai oleh Ridley Scott dan dibintangi Sigourney Weaver. Karena sukses besar, 20th Century Fox (sekarang 20th Century Studios) membuat beberapa sekuel dan prekuel sehingga membentuk cinematic universe yang biasa disebut “Alien”. Film terakhir dari cinematic universe ini dirilis pada tahun 2017 dengan judul Alien: Covenant.

Tetapi beberapa waktu dikonfirmasi bahwa cinematic universe ini akan terus berlanjut dengan film terbaru berjudul Alien: Romulus, yang rencananya akan rilis tahun 2024. Film tersebut disutradarai oleh Fede Alvarez. Bahkan menariknya, sudah ada dua film crossover yang pernah dibuat yaitu Alien vs Predator, dan Alien vs Predator: Requim, yang menjadi crossover antara alien dan predator.

5 Star Wars

Star Wars juga menjadi salah satu cinematic universe paling tua, karena film pertamanya sudah dimulai sejak tahun 1977, lewat film pertamanya berjudul Star Wars Episode IV: A New Hope. Dan menariknya hingga saat ini, cinematic universe Star Wars masih terus berlanjut dan belum akan berhenti dalam waktu dekat. Dalam beberapa tahun ke depan, kita masih akan disuguhkan dengan berbagai series dan film Star Wars.

Nah buat kalian yang belum tahu, Star Wars diciptakan pertama kali oleh George Lucas, yang kemudian membuat perusahaannya sendiri bernama Lucasfilm yang menaungi film-film Star Wars. Dalam cinematic universe ini, kita dikenalkan dengan berbagai karakter penting seperti Luke Skywalker, Princess Leia, Darth Vader, dan Yoda.

6 Universal Monsters

Dalam daftar 6 cinematic universe paling tua, Universal Monster berada di posisi pertama. Universal Monster adalah cinematic universe pertama yang pernah ada, yang berarti inilah pionir dari cinematic universe. Yang harus dicatat bahwa cinematic Universe ini berbeda dari Dark Universe milik Universal, yang pernah diinisiasi lewat film The Mummy dan dibintangi oleh Tom Cruise. Universal Monsters adalah cinematic universe yang sudah ada sejak tahun 1920, di mana di dalamnya terdapat banyak karakter ikonik seperti Dracula, Frankenstein, dan Wolf Man.

Kita pun disuguhkan dengan berbagai film crossover seperti Frankenstein Meets the Wolf Man, dan House of Dracula, di mana para monster berkumpul. Sesuai dengan nama, Universal Monsters berisikan para monster-monster yang hak kepemilikannya berada di tangan Universal Studios, sehingga mereka bebas menggunakan karakter-karakter tersebut.

Itulah dia Geeks 6 cinematic universe paling tua yang pernah diciptakan. Cinematic universe tersebut sudah ada jauh sebelum MCU dan DCU muncul. Bisa menjadi MCU, DCU, dan cinematic universe baru lainnya terinspirasi dari cinematic universe di atas. Di antara cinematic universe tersebut, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version