Home COMIC COMIC FEATURES 4 Villain yang Diciptakan Avengers!

4 Villain yang Diciptakan Avengers!

Avengers adalah salah satu tim superhero terkuat di Bumi, bahkan diseluruh semesta. Mereka bertugas melindungi Bumi dari segala macam ancaman yang muncul. Terbukti, mereka mampu mengalahkan banyak villain yang berniat menghancurkan Bumi, mulai dari Thanos hingga Ultron. Meski mereka dianggap pelindung, ternyata di Marvel Comics, ada beberapa villain yang “diciptakan” oleh Avengers, baik secara senjaga maupun tidak sengaja. Memang beberapa di antara villain ini tidak diciptakan langsung oleh Avengers, tetapi Avengers memberikan pengaruh dalam terbentuknya villain ini. Siapa saja villain yang diciptakan Avengers?

1 Ultron

Contoh paling jelas dari seorang Avengers yang menciptakan villain adalah saat Hank Pym alias Ant-Man membuat penemuan terhebatnya yaitu Ultron. Dengan menggunakan pola dari otaknya sendiri, Pym tidak menyadari bahwa ada ancaman yang menunggunya dari balik Ultron. Yap, ketika Ultron dibuat, dia mulai memberontak melawan sang penciptanya. Bahkan Ultron ingin membunuh dan menggantikan Pym. Ultron dengan cepat berevolusi dan membentuk Master of Evil-nya sendiri, lalu mencuri Adamantium untuk tubuh barunya.

Tidak peduli sudah berapa kali Ultron dikalahkan, tetapi dia mampu kembali. Dia seolah memiliki rencana darurat. Dan kebenciannya terhadap manusia membawanya kepada misi untuk melakukan genosida, seperti menghabisi seluruh penduduk Slorenia. Yang lebih gilanya lagi, Ultron kemudian mencuri pola otak dari Wonder Man, dan menyalinnya ke tubuh android Human Torch, hingga akhirnya menciptakan Vision. Kemudian dia juga menciptakan Jocasta menggunakan pola otak Janet Pym. Tetapi sama seperti Vision, Jocasta akhirnya memberontak melawan Ultron.

Sadar bahwa Hank Pym telah menciptakan villain menakutkan, rasa bersalahnya akhirnya menyebabkan Pym mengalami gangguan saraf. Yang harus dicatat bahwa asal-usul Ultron di komik berbeda dengan MCU. Selain itu, Hank Pym di komik adalah salah satu pendiri dari Avengers. Berbeda dengan Ant-Man di MCU yang hanya sebagai anggota Avengers, yaitu Scott Lang.

2 Eric Williams

Eric Williams memang merupakan anak yang nakal saat masih kecil, tidak seperti saudara lelakinya, Simon Williams. Eric menjadi penjahat setelah Tony Stark (salah satu anggota Avengers) dianggap menghancurkan perusahaan keluarganya, sehingga menjadi bangkrut. Selain itu, Eric juga menyalahkan Avengers atas kematian Simon. Padahal ketika itu, Simon tewas setelah dia setuju secara sukarela untuk menjadi subjek eksperimen kekuatan yang dilakukan Baron Zemo, yang memberinya kekuatan ionik dan menjadi Wonder Man. Dengan kekuatan itu, Wonder Man kemudian menyamar menjadi Avengers, sebelum akhirnya tewas.

Nah berkat koneksinya, Eric meminta ilmuwan jahat yang dikenal sebagai Tinkerer untuk membuat senjata sabit yang digunakan untuk menggantikan tangan yang diamputasi. Sabit tersebut bisa mengeluarkan ledakan energi, dan berputar dengan kecepatan tinggi yang menjadikannya gergaji yang mematikan. Setelah itu, dia mengambil nama Grim Reaper, dan mengenakan kostum yang mirip seperti Grim Reaper untuk melawan Avengers, untuk membalaskan dendam atas kematian saudaranya.

Nah menariknya nih Geeks, saat Wonder Man kembali dari kematian, Grim Reaper menganggapnya sebagai versi palsu dari saudaranya. Reaper juga memiliki dendam terhadap Vision, melihatnya sebagai seseorang yang mencuri identitas Simon. Eric Williams alias Grim Reaper kemudian melanjutkan perang melawan Avengers, bahkan setelah dia meninggal dan dibangkitkan kembali.

3 Lethal Legion

Masih melanjutkan kisah Eric Williams alias Grim Reaper di Marvel Comics, ternyata Grim Reaper sempat mengikuti petunjuk Baron Zemo dan membentuk tim villainnya sendiri yang akan membantunya menyelesaikan masalah. Timnya tersebut bernama Lethal Legion, yang beranggotakan karakter seperti Man-Ape, Power Man, Living Laser, dan Swordsman. Nah menariknya, masing-masing dari mereka memiliki dendam terhadap Avengers, ataupun terhadap mantan Avengers, sehingga mereka akhirnya bersedia untuk bersatu dan membentuk tim villain.

Sebenarnya Lethal Legion memiliki beberapa versi. Versi keduanya berisikan anggota seperti Man-Ape, Ultron, Nekra, Black Talon, dan Goliath (sebelumnya adalah Power Man). Mereka kemudian melawan West Coasts Avengers, tetapi tim tersebut memiliki terlalu banyak agenda, dan bubar meskipun mereka memiliki kekuatan yyang besar.

Dan terakhir adalah versi ketiga yang sempat melawan Avengers dan Norman Osborn, termasuk Absorbing Man, Grey Gargoyle, Tiger Shark, dan Mister Hyde. Nah terakhir adalah Lethal Legion yang dibentuk oleh Count Nefaria, di mana dia memiliki dendam terhadap Iron Man. Timnya terdiri dari Living Laser, Power Man, dan Whirlwind. Dan sebenarnya, mereka hanya dijadikan sebagai pion, agar kekuatan mereka dapat diserap oleh Nefaria.

4 Kang the Conqueror

Yap, Kang the Conqueror sebenarnya secara tidak langsung tercipta akibat Avengers. Kang sangat terobsesi dengan Avengers, hingga akhirnya timbul keinginan untuk mengalahkan mereka. Kang bernama asli Nathaniel Richards. Awalnya dia merasa bosan dengan ketenangan di zamannya dan terpesona melihat para pahlawan seperti Avengers. Kemudian, Nathaniel Richards berhasil menemukan mesin waktu, dan dia menggunakannya untuk melakukan perjalanan waktu ke masa lalu, ke zaman Mesir kuno.

Nah ketika Nathaniel Richards (yang menjadi Rama-Tut) berhasil dikalahkan Fantastic Four, dia kemudian kembali ke masa depan. Namun dia melompati waktu yang sangat panjang, hingga akhirnya tiba di abad ke-40. Ketika itu, Bumi dilanda perang yang tidak berkesudahan, dan disinilah dia memutuskan untuk menjadi Kang the Conqueror. Dia kemudian mengenakan armor khusus yang terinspirasi dari pertemuannya dengan Doctor Doom di abad ke-20 dan kemudian memutuskan untuk mengunjungi Avengers asli.

Kang telah mengatakan bahwa obsesinya terhadap Avengers lebih merupakan hobi daripada tentang urusan lainnya. Kang telah melakukan banyak hal saat melawan Avengers, mulai dari menculik para Avengers, memanfaatkan kekuatan Avengers untuk melawan versi Kang dari masa depan (Immortus), hingga mampu mengalahkan mereka.

Itulah dia Geeks para villain yang diciptakan oleh Avengers, baik secara senjaga maupun tidak sengaja. Memang beberapa di antara mereka tidak diciptakan langsung oleh Avengers, tetapi Avengers memberikan pengaruh dalam terbentuknya para villain ini. Di antara para villain tersebut, mana yang menjadi favorit kalian?

Exit mobile version