Home MOVIE MOVIE FEATURES 6 Peristiwa MCU yang Berbeda dari Komik!

6 Peristiwa MCU yang Berbeda dari Komik!

Seperti yang kita ketahui bahwa film-film MCU memang mengadaptasi cerita-cerita yang ada di Marvel Comics. Wajar saja karena MCU merupakan sebuah cinematic universe yang diadaptasi dari komiknya, sehingga kita kerap menemui film yang memiliki cerita mirip sumbernya. Tetapi sebenarnya nih Geeks, ada beberapa peristiwa di MCU yang dibuat berbeda dari komiknya, sehingga tidak sama persis. Mungkin perbedaan tersebut sengaja dihadirkan untuk membuat ceritanya menjadi lebih menarik bagi penonton umum. Lantas apa saja perbedaan tersebut? Simak berikut ini!

1 Infinity Gauntlet

Peristiwa Infinity Saga di MCU memang telah berakhir dalam film Avengers: Endgame. Tetapi masih ada hal yang mengganjal, karena Infinity Saga memiliki perbedaan dengan komik yang diadaptasinya yaitu The Infinity Gauntlet. Dalam Infinity Saga, Thanos berusaha mengumpulkan enam Infinity Stones untuk memusnahkan separuh populasi di alam semesta, demi mengembalikan keseimbangan alam semesta.

Sementara di komik, Thanos ingin membuktikan cintanya kepada Mistress Death sehingga dia menggunakan Infinity Stones untuk membuat Death kagum. Karena itulah Infinity Saga di MCU memiliki alur cerita yang lebih kompleks dibandingkan komiknya yang dianggap terlalu biasa. Selain itu, ada beberapa perbedaan lain seperti karakter penting yang muncul, dan beberapa kematian yang diceritakan berbeda.

2 Civil War

Civil War di komik menjadi salah satu cerita favorit penggemar. Bagaimana tidak? Dalam komik tersebut, para superhero yang dibagi menjadi dua kubu saling bertarung. Kubu pertama adalah Captain America yang dianggap sebagai anti pemerintah, sementara Iron Man berada di kubu kedua, di mana dia pro terhadap pemerintah. Karena dianggap menarik, MCU mengapdatasi cerita serupa di film Captain America: Civil War.

Tetapi banyak perbedaan yang terjadi di MCU, seperti jumlah superhero yang terlibat sangat sedikit, yang membuat skalanya terasa jauh lebih kecil. Selain itu di MCU, korban jiwa yang ditimbulkan tidak begitu banyak. Ditambah lagi, Civil War di MCU sebenarnya meledak ketika terjadi masalah pribadi antara Captain America dan Iron Man.

3 Secret Invasion

Dalam komik Secret Invasion, Skrull menginvasi Bumi, di mana mereka menyamar menjadi manusia dan superhero selama ribuan tahun, tanpa ada yang mengetahuinya. Di sini, skalanya sangat masif dan mampu membuat pembaca menebak-nebak mana Skrull yang menyamar. Skrull mampu memecah belah Avengers, sehingga mereka tidak saling mempercayai. Sayangnya, itu tidak diceritakan dalam MCU.

Seriesnya hanya berkutat kepada Nick Fury dan timnya. Padahal dalam komik, warga sipil, superhero, dan seluruh negara berada dalam kekacauan setelah mengetahui kebenaran tentang adanya Skrull. Dan di seriesnya, Avengers sama sekali tidak dilibatkan dan mereka tidak muncul. Apakah mungkin Avengers baru dimunculkan dalam Secret Invasion Season 2?

4 The Kree-Skrull War

Film Captain Marvel yang rilis tahun 2019 lalu menceritakan tentang perseteruan antara Kree dan Skrull. Kree mencuci otak Carol Danvers untuk melawan Skrull. Setelah Carol Danvers mengetahui bahwa Skrull adalah korban, Danvers dan Nick Fury bekerja sama untuk membantu Skrull memulai hidup baru. Jika dalam Captain Marvel Skrull digambarkan sosok yang baik, laih halnya dalam komik The Kree Skrull War, komik yang diadaptasi film Captain Marvel.

Dalam komik tersebut, Kree dan Skrull diceritakan sama jahatnya. Keduanya sama-sama kejam, dan banyak menimbulkan korban jiwa di Bumi. Kejahatan Skrull sendiri baru bisa kita lihat dalam series Secret Invasion, di mana Gravik memimpin Skrull jahat yang ingin mengambil alih Bumi.

5 House of M

Seperti yang kita ketahui di MCU, Scarlet Witch mengalami banyak peristiwa tragis, mulai dari kematian Vision, masa lalunya yang kelam, hingga kematian sang adik. Akumulasi kesedihan itulah yang membuat Scarlet Witch menciptakan realitas baru bernama Westview, di mana didalamnya dibuat menggunakan fantasi Scarlet Witch. Kejadian itu diceritakan dalam series WandaVision. Nah buat kalian yang belum tahu, series WandaVision diadaptasi dari komik House of M, di mana Scarlet Witch mengubah realitas.

Tetapi ada perbedaan besar antara House of M dan series WandaVision. Jika di House of M, Wanda benar-benar mengubah seluruh realitas di dunia dan mengubah sejarah, di MCU, Scarlet Witch hanya mengubah satu kota saja. Selain itu di MCU, House of M dipicu oleh Scarlet Witch yang kehilangan Vision, bukan anaknya yaitu Tommy dan Billy.

6 Planet Hulk

Film Thor: Ragnarok sebenarnya mengadaptasi cerita di komik Planet Hulk, meski film tersebut adalah film ketiga Thor di MCU. Dalam komiknya, Hulk tiba di Sakaar seelah Illuminati mengasingkannya dari Bumi. Dia kemudian dipaksa menjadi seorang gladiator, dan Hulk berjuang untuk bertahan disana sampai dia memiliki istri bernama Caiera dan seorang anak. Hal berbeda coba diceritakan di MCU, di mana istri Hulk sama sekali tidak muncul.

Selain itu, Hulk pergi ke Sakaar setelah dia mengasingkan diri atas ulahnya sendiri, bukan karena ulah Illuminati. Wajar jika Thor: Ragnarok dibuat secara berbeda dari Planet Hulk, karena filmnya mengikuti Thor, sehingga Hulk menjadi karakter tambahan saja.

Itulah dia Geeks beberapa peristiwa di MCU yang berbeda dari komiknya. Mungkin perbedaan tersebut dibuat agar ceritanya semakin menarik, dan cocok dengan jalan cerita yang sedang dibangun. Di antara peristiwa-peristiwa tersebut, mana yang kalian anggap paling menarik?

Exit mobile version