Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Rekomendasi Film Detektif, Penuh Teka-teki!

10 Rekomendasi Film Detektif, Penuh Teka-teki!

Film bertema detektif memang masih menjadi primadona. Bagaimana tidak? Film detektif biasanya menghadirkan banyak teka-teki yang harus dipecahkan sang karakter utama, dan penonton pun seolah diajak untuk terlibat mengungkap teka-teki tersebut. Kita diajak menebak siapa pelaku, keberadaan korban, hingga motif sang pelaku. Nah berikut adalah rekomendasi film detektif yang didalamnya terdapat teka-teki menarik untuk kita pecahkan. Apa saja filmnya? Simak berikut ini Geeks!

10 Shaft

Shaft adalah sebuah film yang rilis pada tahun 1971. Film ini disutradarai oleh Gordon Parks dan dianggap sebagai salah satu film paling berpengaruh dalam sejarah perfilman Amerika Serikat karena berdampak signifikan dalam pengembangan sinema blaxploitation. Shaft menceritakan tokoh utama bernama John Shaft (Richard Roundtree).

John Shaft adalah seorang detektif swasta Afrika Amerika yang tangguh dan tidak takut menghadapi kejahatan di jalanan kota New York. Disini, Shaft disewa oleh seorang gangster untuk menyelamatkan putranya yang diculik. Karena sukses besar, sekuel filmnya pun dibuat berjudul Shaft’s Big Score! (1972) dan Shaft in Africa (1973), serta remake di tahun 2000 yang menampilkan Samuel L. Jackson sebagai John Shaft.

9 Gone Baby Gone

Gone Baby Gone menandai debut sutradara Ben Affleck. Filmnya diadaptasi dari sebuah novel bernama sama karya Dennis Lehane. Gone Baby Gone menceritakan tentang sepasang detektif swasta, Patrick Kenzie (Casey Affleck) dan Angela Gennaro (Michelle Monaghan), yang disewa untuk mencari seorang anak perempuan bernama Amanda McCready yang hilang secara misterius.

Mereka bekerja di bawah arahan Kapten Jack Doyle (Morgan Freeman) dan bekerjasama dengan polisi setempat, termasuk Detektif Remy Bressant (diperankan oleh Ed Harris). Film ini menggali tema moral yang kompleks, termasuk pertanyaan tentang etika, keadilan, dan batas-batas moral dalam kehidupan sehari-hari.

8 Knives Out

Knives Out menampilkan kumpulan aktor dan aktris ternama, termasuk Daniel Craig, Ana de Armas, Chris Evans, Jamie Lee Curtis, Toni Collette, Don Johnson, Michael Shannon, Christopher Plummer, dan masih banyak lagi. Ceritanya berpusat pada insiden kematian seorang novelis kaya raya bernama Harlan Thrombey yang ditemukan mati di rumahnya. Detektif Benoit Blanc dipanggil untuk menyelidiki kematian misterius ini.

Knives Out memperkenalkan sejumlah karakter yang semuanya memiliki motif dan rahasia mereka sendiri. Meski cukup serius, tetapi filmnya masih menampilkan unsur komedi yang cerdas dengan elemen-elemen misteri yang rumit, menciptakan pengalaman menonton yang penuh dengan kejutan dan intrik.

7 Prisoners

Disutradarai Denis Villeneuve dengan naskah besutan Aaron Guzikowski, Prisoners menceritakan tentang dua keluarga yang hidup damai di sebuah kota kecil. Namun kehidupan mereka berubah saat dua anak mereka tiba-tiba menghilang.

Ketika upaya pencarian oleh polisi, yang dipimpin oleh Detektif Loki (Jake Gyllenhaal), tidak menghasilkan bukti yang cukup untuk menemukan anak-anak tersebut, Keller Dover (Hugh Jackman), ayah salah satu anak yang hilang, memutuskan untuk mengambil langkah-langkah ekstrem untuk mencari tahu keberadaan anaknya. Prisoners akan membawa penonton tentang perjalanan yang penuh teka-teki, ketegangan, dan ketidakpastian.

6 L.A. Confidential

L.A. Confidential adalah film yang dirilis pada tahun 1997. Film yang disutradarai oleh Curtis Hanson dan diadaptasi dari novel berjudul sama karya James Ellroy ini sangat menarik, karena menampilkan 3 detektif Los Angeles yang memiliki cara menyelesaikan kasus yang berbeda-beda. Selain itu, mereka juga datang dari latar belakang yang berbeda pula.

Ketiga detektif tersebut masing-masing diperankan oleh Kevin Spacey, Russell Crowe, dan Guy Pearce. Ceritanya berlatar belakang tahun 1950-an, di mana ketiga detektif tersebut harus berusaha mengungkap sebuah konspirasi besar yang melibatkan kejahatan, korupsi, dan kekuasaan. Film L.A. Confidential penuh dengan twist sehingga bakal banyak kejutan yang kalian akan temui sepanjang film.

5 Blade Runner

Cerita Blade Runner berlatar belakang di masa depan yang distopia, tepatnya pada tahun 2019 di kota Los Angeles. Kita akan diceritakan seorang detektif bernama Rick Deckard, yang diperankan oleh Harrison Ford, yang ditugaskan untuk mengejar dan menghancurkan replika manusia yang dikenal sebagai “replicants” yang melarikan diri ke Bumi.

Replicants ini dianggap berbahaya dan ilegal, dan Deckard harus menghadapi serangkaian masalah saat mengejar mereka. Film ini awalnya tidak mendapatkan kesuksesan besar di box office ketika pertama kali dirilis, tetapi seiring berjalannya waktu, Blade Runner mendapatkan pengakuan yang semakin besar dari kritikus film dan menjadi film pop culture.

4 Zodiac

Rilis di tahun 2007, Zodiac adalah film yang disutradarai oleh David Fincher dan diadaptasi dari kisah nyata tentang pembunuh berantai yang dikenal dengan sebutan “Zodiac Killer.” Filmnya berlatar belakang tahun 1960-an dan 1970-an di San Francisco, California, dan mengikuti upaya penyelidikan para wartawan dan detektif yang mencoba untuk mengidentifikasi dan menangkap Zodiac Killer.

Para karakter utama dalam cerita ini adalah wartawan surat kabar San Francisco Chronicle, Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal), jurnalis Paul Avery (Robert Downey Jr.), dan detektif Dave Toschi (Mark Ruffalo). Satu hal yang membuat Zodiac menonjol adalah film ini tidak mencoba memberikan jawaban yang jelas terhadap misteri yang terjadi, dan membiarkan penonton terus bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi.

3 Chinatown

Chinatown sering dianggap sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibuat dalam sejarah perfilman. Film ini berlatar belakang di Los Angeles pada tahun 1930-an, dan menceritakan seorang detektif swasta bernama J.J. “Jake” Gittes, yang diperankan oleh Jack Nicholson, yang disewa untuk menyelidiki kasus perselingkuhan yang melibatkan seorang wanita muda yang mengaku sebagai istri seorang pemilik tanah kaya.

Namun, investigasinya membawanya ke dalam sebuah konspirasi yang jauh lebih rumit dan berbahaya daripada yang dia perkirakan. Chinatown dikenal karena penyutradaraan yang brilian oleh Roman Polanski, skenario yang sangat kuat oleh Robert Towne, dan penampilan luar biasa oleh para aktor utamanya, terutama Jack Nicholson dan Faye Dunaway.

2 Murder on the Orient Express

Murder on the Orient Express adalah film yang diadaptasi dari novel klasik berjudul sama karya Agatha Christie. Film ini disutradarai oleh Kenneth Branagh, yang juga memerankan peran utama dalam film sebagai detektif terkenal Hercule Poirot. Murder on the Orient Express berlatar belakang tahun 1930-an dan mengikuti petualangan Hercule Poirot ketika ia naik kereta Orient Express mewah yang sedang melintasi Eropa.

Namun, perjalanan tersebut terganggu ketika seorang penumpang terbunuh di dalam kereta. Poirot, yang seharusnya menikmati liburnya, memutuskan untuk menyelidiki pembunuhan ini. Film ini menampilkan ansambel aktor dan aktris ternama, termasuk Johnny Depp, Michelle Pfeiffer, Penélope Cruz, Willem Dafoe, Daisy Ridley, dan lainnya.

1 Se7en

Se7en menceritakan tentang dua detektif, Somerset (Morgan Freeman) yang akan segera pensiun dan Mills (Brad Pitt) yang baru saja tiba di kota. Mereka berdua dipanggil untuk menyelidiki serangkaian pembunuhan yang sadis yang didasarkan pada tujuh dosa maut: Keserakahan, Kemarahan, Kesombongan, Kemalasan, Kerakusan, Kehasutan, dan Kedengkian.

Film ini disutradarai oleh David Fincher dan skenario filmnya ditulis oleh Andrew Kevin Walker. Se7en dikenal karena atmosfer gelap dan tegangnya, serta penggambaran kejahatan yang sadis. Pembunuh berantai yang dikenal sebagai “John Doe,” yang diperankan oleh Kevin Spacey, adalah salah satu karakter yang sangat menakutkan dalam film ini. Dia menggunakan pembunuhan sebagai bentuk ekspresi untuk menghukum orang-orang yang dia anggap bersalah atas dosa-dosa tersebut.

Itulah dia Geeks beberapa film detektif yang sangat menarik untuk kita simak. Ada teka-teki menarik yang dihadirkan dalam film-film tersebut. Diantara beberapa film tersebut, mana yang paling menarik?

Exit mobile version