Home COMIC COMIC FEATURES 10 Kryptonite Paling Berbahaya Bagi Superman!

10 Kryptonite Paling Berbahaya Bagi Superman!

Kryptonite memang terkenal sebagai kelemahan terbesar dari Superman, namun ada beberapa jenis Kryptonite yang dianggap sangat berbahaya. Sudah sejak lama Kryptonite diperkenalkan sebagai kelemahan terbesar dari Superman. Bahkan, Batman selalu menyiapkan Kryptonite di ultility belt miliknya untuk berjaga jika sewaktu-waktu Superman berubah jadi jahat. Namun, adaa juga beberapa jenis Kryptonite lainnya yangjuga sangat berbahaya. Apa saja?

10 Periwinkle Kryptonite

Mungkin, Kryptonite jenis ini tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan jenis Kryptonite lainnya. Hal ini karena Periwinkle Kryptonite tidak menyakiti atau membuat Superman menjadi lemah. Kryptonite jenis ini membuat tubuh dan pakaian dari korbannya, yaitu Superman, berubah menjadi warna ungu. Selain itu, kesadaran dari Superman pun akan hilang.

Meskipun berubah menjadi berwarn ungu dan kehilangan kesadaran, Periwinkle Kryptonite tidak serta merta membuat Superman kemudian menjadi jahat. Hanya saja, dalam komiknya diperlihatkan bagaimana Superman justru melakukan berbagai hal konyol dan memalukan baginya. Misalnya bagaimana dia menggoda Lois Lane dan ingin mengajaknya berdansa.

9 Red Kryptonite

Red Kryptonite pertama kali diperkenalkan dalam komik Adventure Comics #252. Meskipun mayoritas dari berbagai jenis Kryptonite memiliki efek melemahkan atau bahkan melukai Superman dan para penduduk Krypton, hal ini nyatanya tidak berlaku untuk Red Kryptonite. Efek yang kemudian dirasakan oleh Superman jika terkena Red Kryptonite bisa dibilang sangat acak.

Misalnya, efek dari Red Kryptonite bisa membuat penduduk Krypton menjadi setengah manusia dan setengah semut, mengubah mereka menjadi naga luar angkasa yang sangat besar, atau bahkan sama sekali tidak menimbulkan efek apa pun. Yang jelas, setiap kali Red Kryptonite muncul dalam sebuah cerita efek yang muncul akan sangat berbeda dari kemunculan sebelumnya.

8 Amber Kryptonite

Amber Kryptonite pertama kali muncul dalam cerita “No More Superheroes” dalam komik Last 52. Dalam komiknya, para pembaca diperkenalkan dengan versi jahat dari Lois Lane. Karena dia adalah sosok jahat, bukannya jadi kekasih dari Superman justru di komik ini dia yang mencoba menghabisi nyawa Superman. Salah satu caranya adalah dia menggunakan Amber Kryptonite.

Amber Kryptonite sebenarnya tidak membuat Superman menderita. Hanya saja, efek dari Kryptonite ini adalah Superman harus kehilangan kekuatannya dan menjadi manusia biasa. Kekuatan dahsyat yang dimiliki Superman kemudian akan diberikan kepada orang lain. Siapapun yang memegang pecahan atau serpihan dari Amber Kryptonite ini akan bisa memiliki kekuatan dari Superman.

7 Bizzaro Red Kryptonite

Seperti yang disebutkan di atas, Red Kryptonite merupakan salah satu jenis Kryptonite yang berbahaya namun tidak menimbulkan rasa sakit atau penderitaan bagi Superman. Hanya saja, efek yang muncu atau yang dirasakan oleh para bangsa Krypton akan sangat acak. Namun, ternyata ada varian lain dari Red Kryptonite yaitu Bizzaro Red Kryptonite yang pertama kali disebutkan oleh Supergirl.

Dalam komik Batman/Superman: World’s Finest #12, Supergirl menceritakan tentang berbagai jenis Kryptonite saat berkencan dengan Robin. Menurutnya, Bizzaro Red Kryptonite akan memiliki efek terhadap manusia seperti halnya apa yang terjadi kepada bangsa Krypton. Yang kemudian membuat jenis Kryptonite ini berbahaya adalah bagaimana Kryptonite tersebut ada di tengah-tengah manusia. Jika Bizzaro Red Kryptonite ada di satu wilayah, maka akan ada banyak hal luar biasa yang kemudian terjadi di wilayah tersebut.

6 Opal Kryptonite

Terry Sloan menciptakan salah satu jenis Kryptonite yang paling berbahaya ini di Earth-2 dalam series New 52. Yang menarik adalah Opal Kryptonite adalah salah satu jenis Kryptonite berbeda dengan jenis Kryptonite lainnya karena muncul dengan cara dibuat. Terry Sloan sengaja menciptakan Opal Kryptonite demi bisa menghadapi para bangsa Krypton mana paun.

Efek dari Opal Kryptonite sendiri adalah siapa pun yang berada di sekitarnya akan berubah menjadi gila untuk sementara. Setelah beberaa waktu, korbannya akan kembali mendapatkan kesadarannya. Yang unik juga adalah setelah beberapa kali digunakan, Opal Kryptonite akan berubah menjadi batu biasa. Sayangnya, belum ada penjelasan lengkap tentang Opal Kryptonite ini.

5 Green Kryptonite

Ketika nama Kryptonite muncul dalam benak seseorang, hijau pastinya adalah warna yang kemudian teringat dalam pikiran mereka. Hal ini wajar, karena DC Comics memang menghadirkan Kryptonite dalam warna hijau dan yang paling populer hingga sekarang. Kryptonite sendiri pertama kali diperkenalkan di komik Superman #61 di mana awalnya Kryptonite digambarkan memiliki warna merah.

Namun, dalam Action Comics #161 warna dari Kryptonite pun kemudian berubah menjadi hijau. Warna hijau dari Green Kryptonite sendiri merupakan efek dari radiasi sisa-sisa dari planet Krypton. Efeknya, para penduduk Krypton akan kehilangan kekuatan mereka, merasa kurang nyaman, dan kesakitan. Semakin lama seorang Krypton terkena green Kryptonite, maka semakin sakit yang dia rasakan dengan kemungkinan paling buruk adalah kematian.

4 Slow Kryptonite

Rasanya semua Geeks sudah tahu apa yang menjadi efek dari Kryptonite bagi Superman dan para penduduk Krypton lain. Ini adalah kelemahan nomor satu mereka. Namun, selain bisa melemahkan dan bahkan menghabisi nyawa Ssuperman, Kryptonite ternyata memiliki fungsi lainnya. Hal ini diketahui setelah Metallo melakukan eksperimen terhadap Kryptonite dalam cerita The Brave and the Bold.

Dalam ceritanya, Metallo coba untuk melakukan eksperimen mengenai apa lagi  efek yang bisa dihasilkan oleh Kryptonite. Dan ternyata, selain bisa memengaruhi bangsa Krypton efek lain dari Kryptonite bisa juga dirasakan oleh manusia. Metallo menggunakan Kryptonite ttersebut kepada Batman, yang mana hal tersebut hampir saja menghabisi nyawanya.

3 Kryptonite-X

Kryptonite-X berbeda dengan jenis Kryptonite lainnya yaitu X-kryptonite, meskipun efeknya hampir mirip. Berbagai efek mengerikan dari Kryptonite-X pertama kali diperkenalkan dalam komik Adventures of Superman #511. Jenis Kryptonite yang paling berbahaya ini dibuat secara tidak sengaja oleh Eradicator ketika menembakannya kepada Superman. Pada awalnya, efek dari Kryptonite-X nampak sangat menguntungkan.

Kekuatan Superman terlihat meningkat dengan sangat drastis. Dia benar-benar berubah menjadi jauh lebih kuat dari sebelumnya. Namun, seiring berjalannya waktu justru kekuatan dahsyat tersebut semakin sulit dikendalikan oleh Superman. Bahkan, dia pun justru menjadi sangat berbahaya bagi yang lain. Efeknya menghilang ketika Superman bertarung menghadapi Parasite, yang menguras seluruh energi dari Kryptonite-X.

2 Gold Kryptonite

Gold Kryptonite pertama kali muncul di Adventure Comics #299 dan ini merupakan jenis Kryptonite yang bukan hanya berbahaya, namun juga sangat langka. Gold Kryptonite biasanya hanya bisa ditemukan di bongkahan meteor yang ada di luar angkasa dan sangat jarang jenis Kryptonite ini berda di bumi. Efek dari Gold Kryptonite sendiri mirip seperti Aamber Kryptonite.

Gold Kryptonite mampu untuk menghilangkan kekuatan dari Superman atau para penduduk Krypton. Namun, yang berbeda dalah jika Amber Kryptonite hanya menghilangkan kekuatannya secara sementara dan memindahkannya kepada orang lain, Gold Kryptonite bisa dengan permanen menghilangkan kekuatan tersebut. Tidak ada efek lain yang akan dirasakan oleh para penduduk Krypton. Yang menarik adalah semua versi Superman justru mencoba mencari Kryptonite ini ketika mereka ingin menjalani hidup normal bersama Lois Lane versi mereka masing-masing.

1 Black Kryptonite

Sudah ada beberapa versi dari Black Kryptonite yang sudah dimunculkan dalam beberapa tahun belakangan. Sebagian besar dari Black Kryptonite muncul di TV series seperti Smallville atau Supergirl. Namun, yang paling mengerikan dari semuanya adalah Black Kryptonite yang muncul dalam cerita Dark Nights: The Batman Who Laughs. Ini karena adanya campur tangan dari Batman Who Laughs.

Dalam Dark Multiverse, Black Kryptonite merupakan hasil kreasi dari Batman Who Laughs yang kemudian dia gunakan kepada Superman dan anaknya, Jon Kent. Efek dari Black Kryptonite ini benar-benar sangat mengerikan, di mana mereka berubah menjadi gila seperti halnya Batman Who Laughs. Bukti dari hal ini adalah bagaimana Lois Lane harus jadi korban dari kegilaan mereka dan pada akhirnya, mereka pun mengakhiri hidupnya sendiri.

Para penduduk Krypton merupakan beberapa dari makhluk atau bangsa yang terkuat di DC Universe. Namun, tidak bahkan Superman sekalipun mampu untuk bertahan dari kedahsyatan Kryptonite. Dan ada berbagai jenis Kryptonite yang dianggap sangat berbahaya, bukan hanya bagi bangsa Krypton namun juga bagi para manusia.

Exit mobile version