Home COMIC COMIC FEATURES 10 Superhero Tertua Sepanjang Sejarah!

10 Superhero Tertua Sepanjang Sejarah!

Dalam sepanjang sejarah kemunculan buku komik, sudah banyak superhero yang diperkenalkan dan sebagian dianggap sebagai yang tertua dalam sejarah. Superhero bisa datang dari mana saja. Manusia biasa dengan kekayaan seperti Batman atau bahkan dewa sekalipun seperti Thor. Mayoritas dari para superhero memiliki usia yang panjang, yang mana hal ini membuat mereka dianggap sebagai yang tertua sepanjang sejarah. Siapa saja?

10 Doctor Fate

Doctor Fate merupakan superhero tertua sepanjang sejarah yang pertama di daftar ini. Karakternya pertama kali diperkenalkan pada 1940 dan satu tahun kemudian cerita lengkap mengenai asal-usul superhero tertua ini akhirnya terungkap, termasuk identitas Nabu. Menurut penjelasan di komiknya, Nabu merupakan makhlukabadi yang hidup di helm dari Doctor Fate, yaitu Helmet of Nabu.

Helmet of Nabu adalah sumber kekuatan dari Doctor Fate. Nabu sendiri merupakan salah satu Lords of Order, yang lahir tidak lama setelah terciptanya alam ini di mana dalam komiknya dijelaskan yaitu 10 miliar tahun yang lalu. Karena Nabu menyatu dengan sosok Doctor Fate, secara tidak langsung menjadikan karakter superhero ini menjadi yang tertua sepanjang sejarah.

Pada masa 3500 sebelum masehi, Nabu datang ke bumi dan menjadi Nabu the Wise. Dia kemudian menjadi penasihat bagi para raja Mesir Kuno dan menjadi penjaga dari beberapa artefak kuno dan kuat. Nabu kemudian terjebak di dalam sebuah helm yang ditemukan oleh Sven Nelson dan anaknya, Ken, di tahun 1940. Setelah tidak sengaja menghabisi Sven yang sudah membangunkannya, Nabu kemudian merubah Kent menjadi sosok dewasa dan memberikannya Helmet of Nabu, Amulet of Anubis, dan the Cloak of Destiny, yang kemudian merubahnya menjadi Doctor Fate.

9 Martian Manhunter

Berasal dari planet Mars, J’onn J’onnz kemudian dikenal dengan nama Martian Manhunter. Dia tiba di bumi setelah tidak sengaja tertarik oleh sebuah alat teleportasi dalam uji coba yang dilakukan oleh Dr. Saul Edel. Akibat dari uji coba tersebut, Dr. Erdel pun tewas. Dengan tidak ada teknologi maju seperti di planet Mars, akhirnya Martian Manhunter harus terjebak di bumi.

Sambil menunggu itu terjadi, dia memutuskan untuk menggunakan kekuatannya demi menghadapi kejahatan dan ancaman yang datang ke bumi. Seperti bangsa Manhunter lainnya, J’onn memiliki kemampuan berubah wujud. Dia menggunakan persona dari John Jones, seorang detektif yang sedang magang di kota Middletown, Amerika. Namun, pada akhirnya, dia mengungkapkan identitas sebenarnya kepada dunia dan berperan sepenuhnya sebagai superhero.

Martian Manhunter merupakan salah satu anggota pendiri dari tim superhero Justice League, selain Superman dan Batman. Dari segi usia, Martian Manhunter muncul pertama kali di komik pada tahun 1955. Dalam ceritanya, kemungkinan usia dari J’onn J’onnzz adalah 225 juta tahun karena DC tidak pernah memberikan informasi lengkap mengenai karakternya.

8 Thor

Rasanya Geeks sudah cukup tahu tentang karakter superhero tertua sepanjang sejarah ini. Sebelum kemunculannya di Marvel Cinematic Universe, Thor memang sudah menjadi slaah satu karakter superhero populer di Marvel Comics. Thor merupakan dewa petir di Asgard, yang diadaptasi dari mitologi populer Nordik. Dengan menggunakan palu sakti miliknya, Mjolnir, Thor bisa memanggil petir, terbang, dan mengendalikan elemen.

Usia pasti dari Thor sendiri tidak pernah diungkapkan oleh Marvel Comics. Tetapi, dalam salah satu cerita disebutkan jika Thor ingat dia pernah menjadi salah satu saksi sejarah dari zaman batu di bumi. Periode tersebut terjadi kurang lebih 3,4 juta tahun, namun tidak ada petunjuk jelas di tahun mana Thor muncul. Berdasarkan hal tersebut artinya kemungkinan usia Thor adalah ribuan atau jutaan tahun.

Thor berhasil mendapatkan keabadian setelah dia memakan Golden Apples of Idunn. Dengan usianya tersebut, Thor menjadi salah satu karakter tertua yang ada di Marvel Cinematic Universe. Namun, rasanya wajar jika usia Thor memang panjang mengingat dia adalah salah satu dewa yang memang terkenal abadi atau berusia panjang. Dan di era modern ini, Thor sudah mendapatkan tampilan yang baru. Sesuai dengan apa yang muncul di MCU.

7 Deadpool

Geeks mungkin tidak menyangka jika salah satu superhero Marvel Comics ini merupakan salah satu yang tertua sepanjang sejarah. Wade Wilson alias Deadpool memang bukan superhero yang biasa kita kenal. Deadpool memiliki julukan “Merc with a mouth” karena karakternya yang senang untuk berbicara dan meracau. Di MCU sendiri, Deadpool memang dikenal sebagai karakter yang kocak dengan lelucon yang keras.

Sebenarnya, usia dari Deadpool tidak diketahui secara pasti karena lagi-lagi Marvel Comics tidak memberikan informasi detil mengenai usianya sejak pertama kali kemunculannya di tahun 1991. Namun, terdapat dugaan jika usianya adalah 1.000 tahun atau bahkan mungkin lebih seperti yang sempat disinggung dalam arc Messiah War. Wade Wilson sendiri lahir di Kanada dan bergabung dengan pasukan khusus Amerika. Dia kemudian dikeluarkan dari kesatuan karena menolak perintah yang tidak sesuai dengan moralnya.

Wade kemudian diketahui memiliki 34 kanker tumor di tubuhnya, yang mana kemudian sebuah tim yang biasa mengembangkan senjata canggih, Department K, menginginkannya sebagai subjek uji coba mereka. Uji coba inilah yang kemudian memberikan kekuatan super kepada Wade, menyembuhkan kankernya, dan bahkan memberikannya healing factor. Dan ini juga alasan mengapa Wade menjadi Deadpool.

6 Zealot

Lady Zannah alias Zealot merupakan superhero yang berasal dari Wildstorm universe, sebuah universe milik Wildstorm Comics, salah satu anak perusahaan dari DC Comics. Zannah merupakah karakter yang lahir di planet yang dikenal dengan nama Khera. Dalam ceritanya, Zannah adalah salah satu pejuang yang ikut berperan antara bangsa Khera, yang disebut Kherubim, dan Daemonite.

Dalam peperangan tersebut Zannah pun kemudian harus terdampar ke bumi, bersama beberapa pejuang planet Khera lainnya. Komiknya sendiri tidak pernah menyebutkan usia dari Zealot, namun dia dianggap sebagai salah satu yang termuda di planet Khera. Namun, terdapat petunjuk jika usianya adalah 1.000 hingga 3.000 tahun. Saat terdampar di bumi, Zealot membentuk sebuah kelompok pejuang khusus wanita yaitu The Coda.

The Coda kemudian menjadi kelompok yang melindungi para penduduk bumi dari serangan bangsa Daemonite. Meskipun sering dianggap sebagai pengkhianat, namun Zealot tetap menjadi sosok ssuperhero. Dia kemudian menggunakan nama Lucy Blaize dan tinggal di Amerika dan bekerja untuk pemerintah Amerika di abad ke 20. Selain The Coda, Zealot juga menjadi bagian dari tim superhero lainnya yaitu Team One, WildC.A.T.s, dan Wildcore.

5 Icon

Memiliki nama asli Arnus, Icon merupakan salah satu karakter tertua sepanjang sejarah yang berasal dari DC Comics. Dia diceritakan datang ke bumi di tahun 1839, ketika pesawat luar angkasa yang dia tumpangi meledak. Life-pod atau kursi daruat di pesawat tersebut mengirimnya ke bumi. Benda tersebut kemudian merubah wujud dari Arnus. Sosok dari Arnus alias Icon merupakan orang pertama yang menemukannya.

Arnus ditemukan oleh Miriam, seorang budak berkulit hitam yang kemudian mengadopsi dan membesarkannya. Icon kemudian menggunakan nama Augustus Freeman dan berpura-pura menjadi penerus Augustus Freeman I – IV. Awalnya, Icon menggunakan kekuatan yang dia milik untuk membantu orang-orang yang membutuhkan secaara diam-diam sebelum kemudian dia menjadi superhero besar.

Ketika terdapat momen perampokan di rumahnya, salah satu perampok melihat Icon menggunakan kekuatan supernya. Sosok tersebut adalah Raquel Elvin yang kemudian dikenal dengan nama Rocket. Icon meyakinkan Rocket untuk menjadi menjadi seorang pahlawan dan menjadi sidekick bagi Icon. Usia Icon sendiri diperkirakan adalah 200 tahun semenjak kemunculannya di DC Comics pada 1993.

4 Mr. Majestic

Terlahir dengan nama Majestros, Mr. Majestic juga merupakan karakter yang berasal dari Wildstorm Comics yang muncul pertama kali di tahun 1994. Dia berasal dari planet Khera, planet yang sama dengan Zealot. Di planet Khera, Majestro merupakan pemimpin yang paling kuat. Bahkan, disebutkan jika Mr. Majestic merupakan Superman versi Wildstorm dengan perbedaan dimana Mr. Majestic bisa menggunakan seluruh kekuatannya tanpa khawatir.

Dalam momen peperangan antara penduduk planet Khera dan Daemonite yang terjadi di bumi, Mr. Majestic harus terjebak di planet ini dan memutuskan untuk mendidkasikan hidupnya sebagai superhero. Dan keberadaan Mr. Majestic di bumi sendiri sudah terjadi selama beberapa abad. Dalam perang dingin, Mr. Majestic bergabung dengan Team One.  Dia kemudian menjadi salah satu agen dari pemerintah Amerika.

Mr. Majestic juga coba untuk melindungi bumi dari berbagai makhluk paranormal dengan bantuan dari seorang sidekick muda bertalenta yaitu Desmond. Dalam cerita komiknya, Mr. Majestic kemudian menikah dengan Zealot dan usianya sendiri diperkirakan adalaah 3.000 tahun. Fakta menarik mengenai Mr. Majestic adalah meskipun Superman adalah inspirasi dari karakter ini, ternyata dia adalah salah satu variant dari Superman yang berasal dari Earth-50.

3 Superman Prime

Selain Mr. Majestic, DC Comics juga memiliki variant lainnya dari sosok Superman yaitu Supermaan Prime. Dalam komiknya, Superman Prime merupakan Kal-El yang berasal dari cerita DC One Million dan dianggap dari versi orisinal dari Superman yang kita kenal selama ini. Ceritanya sendiri bermula ketika Superman melihat semua orang yang dia cintai tewas satu persatu di akhir abad ke 21.

Superman Prime kemudian pergi meninggalkan bumi akibat sedih yang mendalam. Bumi kemudian dijaga oleh penerusnya, Superman Secundus. Superman Prime sendiri kemudian pergi ke berbagai universe yang ada. Sekitar di abad ke 700, Superman Prime kemudian memutuskan untuk berhenti berpetualang dan mengurung dirinya di dalam Fortress of Solitude. Uniknya, markas Superman ini berada di inti dari matahari.

Dia bisa bertahan hidup dengan sangat lama di sana berkat energi matahari. Sekitar 100 abad kemudian atau di abad ke 853, Superman Prime kemudian keluar dari Fortress of Solitude. Penampilannya sendiri berubah drastis, di mana tubuhnya sangat bersinar. Iilah yang kemudian membuat Superman Prime sering kali disebut sebagai Superman legendaris yang berasal dari abad ke 853.

2 Graymalkin

Nama Graymalking mungkin asing di telinga Geeks dan dalam cerita komiknya pun hampir tidak pernah disebutkan jika dia adalah superhero. Namun, Jonas Graymalkin sendiri merupakan mutan dan bagian dari X-Men. Dia juga selalu bertarung bersama dengan para superhero lainnya yang membela kebenaran. Usia dari Graymalkin sendiri adalah 200 tahun dan muncul pertama kali di komik Young X-Men #1 tahun 2008.

Jonas Graymalkin memiliki masa lalu yang cukup kelam. Ketika usianya 16 tahun, ayah dari Graymalkin menemukan jika anaknya tersebut ternyata menyukai anak laki-laki yang lain. Dengan fakta bahwa anaknya penyuka sesama jenis, ayahnya kemudian menghajarnya sampai tidak sadarkan diri dan kemudian dikubur hidup-hidup. Namun, di dalam kegelapan justru kekuatan mutan Graymalking bangkit.

Dengan kekuatannya tersebut Graymalkin bisa tetap hidup hingga 200 tahun kemudian. Yang menarik adalah makam dari Graymalkin sendiri ternyata dekat dengan sekolah khusus para mutan milik Professor Xavier. Setelah sekolah tersebut hancur akibat sebuah pertempuran, Graymalkin kemudian terbangun dari “kematiannya” dan memutuskan untuk bergabung dengan tim X-Men. Dan plot twist yang luar biasa adalah setelah Beast melakukan pengecekan DNA terhadap Gray, ternyata dia adalah salah satu nenek moyang dari Profesor Xavier. Inilah alasannya jalan yang ada di sekolah mutan tersebut diberi nama Graymalkin.

1 Old Man Logan

Superhero tertua sepanjaang sejarah yang terakhir adalah Old Man Logan. Sebenarnya, Old Man Logan merupakan versi Wolverine alias James Howlett yang sudah tua. Dia juga berasal dari universe alternative. Old Man Logan tidak berasala dari Earth-616 seperti halnya Wolverine yang kita kenal, melainkan berasal dari Earth-807128. Old Man Logan memiliki usia yang sedikit lebih tua dari Wolverine di universe utama.

Jika dalam versi universe utama Logan lahir di tahun 1886, maka Old Man Logan lahir jauh sebelumnya berdasarkan pernyataan jika dia pernah ikut berperang di tahun 1812. Earth-807128 merupakan universe yang mengerikan, di mana para supervillain yang justru menang dan berkuasa. Seluruh superhero sudah berhasil dikalahkan dan bahkan dihabisi nyawanya. Logan sendiri kemudian menjalankan hidupnya dengan normal.

Dia tinggal bersama isri dan dua anaknya. Old Man Logan sering membantu superhero lainnya ketika dibutuhkan. Contohnya, ketika Hawkeye – yang di universe ini kehilangan kedua matanya – meminta bantuan Old Man Loganuntuk mengawalnya menuju New Babylonia di mana dia hendak mengantarkan paket rahasia. Old Man Logan menolak untuk menggunakan cakar adamantiumnya dalam setiap pertarungan karena akan membangitkan trauma masa lalunya. Sayangnya, nasib tragis menimpa Old Man Logan ketika dia pulang ke rumah dia mendapati keluarganya tewas di tangan Hulk Gang, dan kemarahannya membuat Old Man Logan kembali menggunakan cakarnya untuk balas dendam.

Para karakter superhero di dunia komik memang sangat menarik, di mana sebagian diantara mereka memiliki usia yang sangat panjang. Entah karena asal-usul mereka ataupun karena kekuatan super mereka, yang jelas para karakter ini berhasil hidup ribuan dan bahkan jutaan tahun membuat para superhero tersebut dianggap tertua sepanjang sejarah.

Exit mobile version