Home COMIC COMIC FEATURES Mengenal 6 Versi Warna Tubuh Hulk!

Mengenal 6 Versi Warna Tubuh Hulk!

Selama lebih dari 60 tahun muncul di Marvel Comics ada berbagai jenis warna yang dihadirkan oleh komiknya dari tubuh Hulk dan ini adalah arti dari masing-masing warnanya. Hulk merupakan salah satu karakter yang Marvel Comics perkenalkan di era 1960an. Karakternya sendiri merupakan hasil karya dari Jack Kirby dan Stan Lee. Seiring berjalannya waktu, Marvel Comics memperkenalkan berbagai jenis Hulk yang berbeda. Yang menarik adalah ada beberapa warna yang Bruce Banner miliki dari tubuh Hulk dan ini adalah arti dari warna tersebut.

1 Abu-abu

Abu-abu merupakan warna yang bersejarah bagi karakter Hulk. Pasalnya, ini merupakan warna yang hendak Stan Lee berikan kepada karakter Hulk. Yang menarik adalah hal tersebut akhirnya tidak jadi terlaksana, karena masalah tinta. Untuk menangani masalah tersebut, Gray Hulk kemudian diperkenalkan sebagai Hulk orisinal dalam cerita Marvel Comics.

Dalam ceritanya, Grey Hulk merupakan Bruce Banner ketika dia pertama kali terkena radiasi bom Gamma. Namun, seiring berjalannya waktu tubuh dari Hulk kemudian berubah menjadi hijau seperti yang kita kenal sekarang. Marvel Comics memberikan cerita tersendiri di komiknya. Marvel memberikan nama lain dari Grey Hulk yaitu Joe Fixit. Dia merupakan penegak keadilan di Las Vegas yang moralnya bias.

Yang membedakannya adalah Grey Hulk alias Joe Fixit ini bisa berbicara dengan lancar layaknya manusia normal. Dia juga bisa mengendarai mobil. Dan yang luar biasa adalah tingkat kecerdasan dari Grey Hulk ini jauh lebih baik dari Hulk berwarna hijau. Sehingga, bisa diartikan jika abu-abu merupakan warna yang menunjukan jika Hulk jauh lebih cerdas daripada versi Hulk hijau.

2 Biru

Marvel Comics benar-benar tidak ragu untuk menghadirkan hal yang aneh dan menarik bagi karakternya, termasuk Hulk. Di tahun 2006, Marvel meluncurkan series komik Captain Universe: Incredible Hulk. Seperti yang sudah Geeks duga, dalam cerita komik berjumlah lima volume ini memperlihatkan bagaimana Hulk menyatu dengan kekuatan paling dahsyat di universe Marvel, Uni-Power.

Uni-Power sendiri merupakan perwujudan dari kekuataan alam raya Marvel itu sendiri. Siapa pun yang menyatu dengan kekuatan Uni-Power, maka dia berhak mendapatkan titel Captain Universe. Setelah kemudian menjadi Captain Universe, Hulk berwarna biru ini menjadi versi Hulk yang paling kuat yang pernah ada di universe Marvel Comics. Tidak ada yang bisa menandingi kekuatan Captain Universe versi Hulk.

Jadi, arti dari warna biru di tubuh Blue Hulk mewakili kekuatan entitas kosmik yang ada di dalamnya yaitu Uni-Power. Dengan sosok Hulk yang sudah sangat dahsyat dan mengerikan, ditambah dengan kekuatan kosmik yang ada di dalam tubuhnya membuatnya tidak terkalahkan. Untungnya, Hulk versi biru dengan kekuatan Uni-Power ini memutuskan untuk menggunakan kekuatannya demi kebaikan.

3 Coklat

Alur cerita masa lalu dari sosok Bruce Banner bisa dibilang sangat tragis dan menyedihkan. Sedari kecil ayah dari Bruce Banner sudah melakukan kekerasan fisik baik kepada Bruce atau pun sang ibu. Bahkan, sang ibu harus tewas di tangan ayahnya. Hidup Bruce Banner juga semakin tertekan ketika dia berubah jadi Hulk. Dia harus menjauh dari masyarakat agar Hulk tidak menyakiti orang-orang dan kehidupannya berubah.

Dengan semua beban dan tekanan batin yang Bruce Banner rasakan dia merasa butuh sesuatu yang mengurangi beban itu. Maka, Bruce kemudian menciptakan Devil Hulk. Ini adalah perwujudan dari dalam pikirannya yang akan menenangkan dan melindunginya dari trauma masa lalu. Bisa dibilang, Devil Hulk, yang memiliki warna tubuh coklat, adalah alter ego yang melindungi sosok Bruce.

Meskipun secara penampilan Devil Hulk terlihat sangat menyeramkan dan kuat, tetapi dia benar-benar sangat peduli terhadap Bruce Banner dan kesehatannya. Warna coklat dari tubuh Devil Hulk menunjukan seberapa berbahayanya isi kepala dari Bruce Banner. Karena, selain juga cerdas, Bruce Banner adalah sosok yang berbahaya dengan kemunculan sosok Hulk dalam tubuhnya.

4 Hitam

Seperti yang kita tahu, ketika Bruce Banner sangat marah dia akan berubah menjadi sosok Hulk. Monster hijau besar tersebut akan menghancurkan apapun yang ada di sekitarnya. Banner/Hulk sendiri memiliki berbagai kepribadian, contohnya adalah Maestro yang merupakan versi jahat dari Hulk. Tapi, bagaimana jika Hulk bertransformasi menjadi “Hulk” versinya sendiri?

Inilah Kluh – yang namanya dibalik dari Hulk – sosok Hulk yang paling mengerikan dan paling jahat. Kengerian dari sosok Kluh sendiri bisa kita lihat dari warna di tubuh Hulk tersebut yaitu hitam. Sosok Kluh sendiri benar-benar digerakan dan dikendalikan oleh rasa benci dalam diri Bruce Banner, yang kemudian dimanifestaasikan dalam kulit yang hitam dan bekas luka berwarna merah menyala.

Versi savage dari Hulk ini pertama kali muncul dalam event Axis yang dirilis pada 2014 lalu. Dalam ceritanya, Scarlet Witch dan Doctor Strange menggunakan mantra kebalikan dengan harapan bisa mengembalikan Red Hulk seperti semula. Namun, mantra tersebut justru berpengaruh juga terhadap kepribadian dari para superhero. Contohnya adalah Iron Man dan Luke Cage yang berubah jadi villain. Sedangkan, Bruce Banner alias Hulk mengalami perubahan warna di tubuhnya yang asalnya berwarna hijau menjadi abu-abu kehitaman dan sifatnya berubah menjadi jauah lebih brutal dan tidak terkendali.

5 Jingga

Seperti halnya para karakter Marvel Comics lainnya, Hulk juga memiliki versi lain di universe alternatif. Dalam hal ini, Marvel Comics memperkenalkan karakter Hulk yang berwarna jingga atau orange. Karakter Orange Hulk ini sendiri tidak ada di universe utama Marvel, yaitu Earth-616, melainkan Earth-295. Dalam ceritanya, Orange Hulk digambarkan memiliki tingkat kecerdasan yang kurang dibandingkan warna Hulk lainnya.

Hal ini bisa dilihat dari cara berbicaranya yang patah-patah. Warna jingga di Orange Hulk ini sendiri merepresentasikan radiasi dari matahari. Jika Hulk berubah menjadi hijau akibat radiasi bom Gamma, maka Orange Hulk berubah menjadi warna orange atau jingga akibat radiasi matahari. Inilah juga alasannya mengapa Orange Hulk memiliki nama panggilan lain yaitu ‘Solar Hulk.’

Meskipun tidak sejahat, sebrutal, dan semengerikan Kluh, Orange Hulk juga tidak kalah jahat. Orange Hulk diperlihatkan menyerang tempat perlindungan terakhir dari umat manusia ketika tim X-Men tidak lagi ada. Orange Hulk juga nampak jadi pelindung bagi kapal milik Apocalypse saat berada di Manhattan. Dengan kekuatan matahari tersebut, Solar Hulk jauh lebih mengerikan ketika serangan di siang hari daripada malam hari.

6 Hijau

Ini adalah warna dari Hulk yang paling populer di universe Marvel. Dan seperti yang sudah banyak diceritakan di berbagai medium, arti warna hijau di tubuh Incredible Hulk ini merupakan hasil radiasi dari sinar Gamma atau bom Gamma. Akibat dari radiasi Gamma itu, ketika Bruce Banner marah dia akan berubah menjadi monster berwarna hijau. Dan tidak ada yang dia lakukan selain marah dan menghancurkan apa pun yang ada adi sekitarnya.

Warna hijau memang sudah erat kaitannya dengan karakter Hulk. Bahkan, ketika Marvel Comics menghadirkan karakter lainnya yang menjadi versi alternatif dari Hulk – seperti Maestro, Ultimate Hulk, dan sebagainya – warna hijau selalu menjadi pilihan utama. Para karakter yang pernah menggunakan titel Hulk, seperti Jennifer Walter atau Amadeus Cho, juga berwarna hijau.

Dari apa yang dihadirkan sejauh ini, jika warna hijau dari tubuh Hulk merupakan wujud dari amarah Bruce Banner yang kemudian dihadirkan dalam sosok Hulk. Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa Hulk berwarna hijau sering kali digambarkan dalam kondisi marah, emosi, dan tidak terkendali. Selain itu, Hulk berwarna hijau ini pun lebih senang menghancurkan sekitarnya dan tingkat kecerdasannya cukup tinggi.

Marvel Comics menghadirkan beberapa warna di tubuh Hulk, yang mana mungkin tidak banyak orang tahu jika ada arti dari warna tersebut. Masing-masing warna di tubuh hulk bisa mewakili apa yang terjadi dalam hidup Bruce Banner dan ada juga yang jadi gambaran mengenai situasi dari kondisi psikis dan isi kepala dari Bruce Banner.

Exit mobile version