Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Dengan Ending Membingungkan!

10 Film Dengan Ending Membingungkan!

Ketika ending sebuah film biasanya menghadirkan konklusi dari cerita yang ada, namun beberapa ending film ini justru membingungkan. Dalam sebuah alur cerita film, ending selalu menjadi bagian yang memperlihatkan akhir dari semua konflik yang terjadi. Terkadang, muncul juga epilog yang memperlihatkan situasi terbaru dari para karakter. Namun, sebagian film ini justru memiliki ending yang membingungkan.

10 2001: Space Odyssey

Film yang banyak dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa, sekaligus juga menjadi salah satu film mahakarya dari sutrdara Stanley Kubrick. Filmnya bercerita tentang dua orang astronot, Dr. David Bowman dan Frank Poole. Mereka mendapatkan misi untuk pergi ke planet Jupter dengan pesawat luar angkasa yang dibekali dengan kecerdasan buatan bernama HAL 9000.

Namun, di tengah misi, kecerdasan buatan tersebut mulai bertindak sendiri dan mulai menyerang kedua astronot. Di akhir filmnya, kita melihat bagaimana David Bowman “tewas” dan kemudian berubah menjadi makhluk bernama Star Child. Sejak lama para fans coba meginterpretasikan apa maksud dari ending tersebut. Namun, Kubrick sendiri kemudian menjelaskan jika ending misterius tersebut bebas untuk berspekulasi mengenai arti dari endingnya.

9 Mulholland Drive

Mulholland Drive merupakan film karya David Lynch yang membuat para penonton dan kritik bertanya-tanya tentang adegan ending yang mereka lihat di filmnya. Plot filmnya sendiri nampak sederhana, yaitu seorang wanita muda mengalami amnesia pasca kecelakaan mobil. Ada banyak timeline yang berubah-ubah yang kemudian muncul di tengah filmnya.

Ending filmnya memperlihatkan Diane menyewa pembunuh bayaran untuk menghabisi Camilia dan mengakhiri hidupnya setelah diselimuti oleh rasa bersalah. Seperti halnya Stanley Kubrick, Lynch sendiri menyerahkan sepenuhnya interpretasi dari adegan ending tersebut kepada para fans. Di sisi lain ending film tersebut menghadirkan banyak sekali kebingungan dan pertanyaan di kalangan fans.

8 Donnie Darko

Donnie Darko bercerita tentang Donald Darko yang diperankan oleh Jake Gyllenhaal. Dia adalah seorang remaja bermasalah yang memiliki kebiasaan buruk untuk tidur sambil berjalan. Donnie juga sering mendengar suara-suara aneh yang sering membuatnya mengalami banyak kejadian. Suatu hari, Donnie tidur berjalan hingga keluar dan menemukan seekor kelinci aneh yang mengatakan bila dunia akan hancur dalam 28 hari.

Di akhir filmnya, ketika kehancuran dunia hanya tinggal satu jam lagi, dia kembali ke rumah dalam bentuk yang berbeda. Banyak fans yang bertanya-tanya apa yang kemudian membuat Donnie berubah, mengapa kemudian hal itu bisa terjadi, dan bahkan apa yang sebenarnya terjadi. Meskipun ada banyak teori yang coba menjelaskan peristiwa tersebut, tidak pernah ada jawaban pasti mengenai hal ini.

7 Nope

Berbagai film produksi Jordan Peele biasanya selalu memiliki twist yang menarik di dalamnya. Namun, dalam film Nope justru twist tersebut malah menimbulkan kebingungan di kalangan fans. Filmnya sendiri berfokus pada seorang pria berkulit hitam pemilik peternakan yang diteror oleh kapal alien raksasa yang memakan kuda-kuda miliknya. Namun, ternyata itu bukanlah kapal alien.

Kapal luar angkasa tersebut adalah alienya. Di akhir filmnya, setelah adik dari pemilik peternakan tersebut berhasil mengambil foto dari aliennya polisi kemudian muncul. Namun, tidak pernah ada informasi mengenai apa yang terjadi selanjutnya. Para fans coba berspekulasi mengenai hal ini, namun tidak pernah ada penjelasan resmi mengenai ending film tersebut.

6 The Thing

Sejak perilisannya, The Thing sudah dianggap salah satu film horor klasik dan salah satu film terbaik john Carpenter. Bersetting di Antartika, The Thing bercerita tentang sekelompok orang yang berusaha mencari jawaban atas jatuhnya sebuah helikopter. Namun, mereka kemudian sadar bahwa ada makhluk aneh yang jadi penyebab jatuhnya helikopter tersebut.

Makhluk aneh tersebut mampu berubah wujud menjadi sosok lainnya dengan sempurna. Di akhir filmnya ada dua karakter yang berhasil selamat duduk bersampingan di sisi kamp mereka yang terbakar. Dengan semua petunjuk yang ada, salah satu dari dua orang tersebut nyatanya adalah makhluk mengerikan tersebut. Namun, hingga credit title muncul tidak ada jawaban siapa diantara keduanya yang merupakan makhluk tersebut.

5 Minority Report

Berbeda dengan film di atas, ending dari film Minority Report dianggap terlalu mulus yang mana hal ini membingungkan para fans. Para fans bingung apakah semuanya memang benar-benar terjadi atau hanya khayalan dari John Anderton. Bahkan, ada juga yang ternyata jika itu merupakan puncak cerita atau ending dari filmnya. Dalam adegan ending filmnya, John Anderton diceritakan berhasil kabur dari sebuah alat pencegah pembunuh bernama Halo.

Namun, teknisi dari Halo kemudian mengatakan kepada John yang mengisyaratkan jika semua hal yang terjadi tidak nyata alias mimpi. Dialog antara teknisi Halo dan John Anderton di ending yang kemudian membingungkan para penonton dari film Minority Report. Para penonton meyakini jika semua kejadian tersebut tidak nyata dan John Anderton masih terjebak di dalam Halo.

4 Birdman

Film Birdman berkisah tentang seorang aktor yang mulai terlupakan bernama Riggan Thompson. Sebelumnya, Riggan terkenal sebagai aktor yang memerankan sosok superhero bernama Birdman. Di akhir filmnya, akibat tersiksa oleh kejadian dan trauma masa lalu Riggan berusaha untuk mengakhiri hidupnya dengan menembak kepalanya. Namun, dia kemudian bangun di rumah sakit.

Ternyata, yang dia tembak bukan kepala melainkan hidung. Di rumah sakit, Riggan melompat dari jendela. Putrinya kemudian bergegas melihat ke jendela dan melihat ke bawah di mana dia tersenyum dan filmnya selesai. Apakah kemudian Riggan tewas atau dia justru ada hal lainnya yang terjadi tidak pernah ada penjelasannya. Bagaimana kemudian persepektif ending filmnya, apakah tragis atau sebaliknya, tergantung dari masing-masing penonton.

3 American Psycho

Salah satu ending film paling membingungkan yang paling populer adalah American Psycho. Banyak fans coba memecahkan teka-teki ending dari film tersebut. Sebagian fans menduga jika semua cerita terjadi di dalam pikiran Patrick Bateman, meskipun sebagian lainnya menganggap jika dia benar-benar adalah seorang psikopat. Ending dari filmnya sendiri memperlihatkan Bateman mengaku jika dia sudah banyak menghabisi banyak nyawa kepada pengacaranya.

Namun, justru pengacaranya menertawakan apa yang Bateman ungkapkan tersebut. Bahkan, pengacara tersebut mengaku jika dia makan siang dengan korban pertama Bateman, Paul Allen. Semua petunjuk tersebut membuat orang-orang berpikir jika Patrick Bateman kemungkinan adalah pegawai biasa, yang memang memiliki daya khayal atau imajinasi yang luar biasa dan dia juga mungkin memang adalah sosok yang haus darah namun tidak berani untuk melakukan tindakan kejahatan.

2 The Shining

The Shining memang dikenal banyak pecinta film sebagai film yang membingungkan, terutama di bagian akhirnya. Selain Space Odyssey, Stanley Kubrick juga berhasil menghadirkan adegan yang membuat para fans bertanya-tanya bahkan hingga puluhan tahun sejak penayangannya. Adegan ending yang membingungkan para penonton di film The Shining adalah ketika Jack muncul di sebuah foto.

Setelah semua yang terjadi dan berbagai hal mengerikan yang muncul di hotel tempat Jack berada, endingnya memperlihatkan sebuah foto yang memperlihatkan sosoknya dan juga berbagai hantu dan orang yang dia temui di hotel tersebut. Yang menarik adalah foto tersebut tercatat diambil di tahun 1921 atau 60 tahun sebelum peristiwa filmnya dimulai. Saking misteriusnya dan penuh tanda tanya adegan ini, terdapat sebuah film dokumenter yang khusus membahas mengenai teori dan hal-hal yang ada di filmnya.

1 Inception

Ending film yang membingungkan banyak orang yang terakhir dan tidak kalah populer adalah film karya Christopher Nolan, Inception. Bisa dibilang, ending filmnya benar-benar membuat para penonton mind blowing. Di akhir filmnya, Dom Cobb nampak pulang ke rumah dan bertemu dengan anak-anaknya setelah bertahun-tahun. Mereka pun melihat sang ayah dan kemudian berlari ke arah Cobb.

Cobb sendiri sebelumnya memutar totem yang menunjukan apakah sebuah peristiwa benar-benar nyata atau hanya mimpi. Namun, sebelum kita melihat hasil dari totem tersebut filmnya pun berakhir. Apakah kemudian dia masih terjebak dalam mimpi atau tidak merupakan pertanyaan yang belum terjawab oleh para fans. Namun, teori yang populer menjelaskan jika totem mimpi yang asli ada di cincin pernikahannya.

Para sutradara dari film di atas nampaknya berhasil membuat para fans bertanya-tanya dengan ending yang membingungkan. Di satu sisi, hal ini menarik, karena hal itu justru membuat filmnya menjadi memorable. Namun, di sisi lain, hal ini juga membuat para penonton justru garuk-garuk kepala disaat ending sebuah film menghadirkan solusi dan akhir dari konflik yang ada.

Exit mobile version