Home COMIC COMIC FEATURES 7 Kematian Iron Man Paling Tragis!

7 Kematian Iron Man Paling Tragis!

Kematian superhero bukan hal yang aneh dalam komik Marvel. Ada banyak superhero yang diceritakan tewas, seperti Captain America, Thor, dan beberapa anggota Avengers lainnya. Tetapi biasanya, kematian di Marvel bukanlah hal mutlak, karena sang karakter biasanya akan dihidupkan kembali. Karakter beken seperti Iron Man pun pernah diceritakan mati secara tragis, meski akhirnya dia hidup kembali. Lantas apa saja kematian tragis yang pernah dialami oleh Iron Man alias Tony Stark? Simak berikut ini Geeks!

1 Dihabisi Terraxia

Dalam peristiwa Infinity Gauntlet di komik, ada lebih banyak superhero yang diceritakan tewas. Berbeda dengan Avengers: Infinity War (yang mendaptasi kisah Infinity Gauntlet), di mana masih banyak superhero yang masih hidup. Dalam komiknya, tidak banyak Avengers yang selamat, dan Silver Surfer dan Adam Warlock lah yang membangkitkan orang-orang yang telah tewas.

Untuk Iron Man, dia diceritakan tewas lebih dulu, jauh sebelum Thanos menjentikkan jarinya. Iron Man dihabisi oleh Terraxia, setelah kepalanya ditarik dari tubuhnya. Setelah itu, kepalanya diberikan kepada Thanos seperti layaknya piala. Ini menjadi salah satu kematian tragis yang dialami Iron Man.

2 Tewas Akibat Incursion

Incursion menjadi peristiwa yang sangat ditakuti orang-orang. Buat kalian yang belum tahu, Incursion adalah peristiwa di mana dua universe saling bertabrakan dan hancur. Semua karakter yang hidup di alam semesta itu tentu saja mati. Dua universe yang terakhir bertahan adalah Earth-616 dan Ultimate Earth-1610. Para superhero berjuang untuk menyelamatkan masing-masing dari universe tersebut.

Tetapi Bumi akhirnya bertabrakan dan semua orang tewas kecuali beberapa orang terpilih yang sempat melarikan diri. Tepat sebelum meninggal, Iron Man mengaku kepada Captain America bahwa dia tahu Incursion akan terjadi, tetapi tidak ada yang bisa menyelamatkan mereka.

3 Mengorbankan Diri Kalahkan Kang

The Crossing memang menjadi salah satu cerita yang kontroversial di Marvel Comics. Ceritanya dimulai pada tahun 1995, dan banyak kejutan yang terjadi di dalamnya. Misalnya fakta bahwa Iron Man adalah seorang pengkhianat, di mana ternyata dia adalah agen yang dimasukkan ke dalam Avengers oleh Kang the Conqueror. Dan anehnya, tidak ada yang menyadari hal itu.

Itu berarti, sudah sejak lama Iron Man sebenarnya adalah villain. Nah untuk menghentikan semua masalah yang terjadi, Avengers bertemu dengan Tony Stark remaja yang melakukan perjalanan waktu untuk membantu, sementara Tony Stark dewasa akhirnya mengorbankan dirinya sendiri untuk menghentikan Kang. Setelah itu, Tony Stark dewasa menyerahkan peran Iron Man kepada versi dirinya yang masih remaja.

4 Aksi Heroik

pada tahun 1996, sosok mengerikan lahir di Marvel Universe. Sosok tersebut tak lain adalah Onslaught, yang diciptakan setelah Profesor X menutup pikiran Magneto. Tidak ada seorang pun di Bumi yang cukup kuat untuk mengalahkan Onslaught, sehingga semua superhero harus saling bekerja sama untuk mengalahkannya.

Onslaught baru bisa dikalahkan setelah armor tebalnya berhasil dirusak oleh Hulk, sehingga memungkinkan karakter lain untuk menyerangnya. Pada akhirnya Onslaught tewas, tetapi ada beberapa superhero yang mengorbankan diri, termasuk Iron Man.

5 Berubah Menjadi A.I

Dalam Iron Man 2020, kita diceritakan bagaimana A.I dianggap sebagai makhluk hidup. Hal terbesar tentang ini adalah bahwa Tony Stark bukanlagi manusia yang hidup, melainkan tiruan dengan pikiran lama Tony Stark yang dimasukkan ke dalamnya. Villain utama di sini adalah saudara laki-laki Tony, yang ingin menciptakan utopia, tetapi melakukannya dengan cara yang kejam dan berbahaya.

Tony menyerahkan hidupnya dan menjadi A.I untuk melawan saudaranya, hingga akhirnya tubuh barunya hancur. Beruntung karena James Rhodes kembali mengembalikan Tony Stark dengan tubuh buatan baru.

6 Bertarung Melawan Captain Marvel

Kematian Iron Man selanjutnya terjadi dalam Civil War II. Dalam Civil War II, yang menjadi kisah lanjutan dari yang pertama, Iron Man harus berseteru dengan Captain Marvel. Ketika itu, Captain Marvel berupaya menangkap orang-orang yang dianggap akan melakukan kejahatan, bahkan sebelum orang-orang itu melakukan kejahatan. Hal itu terjadi karena Captain Marvel percaya dengan ramalan Ulysses. Karena itulah Iron Man menentang apa yang dilakukan Captain Marvel.

Iron Man kemudian melawan Captain Marvel dalam sebuah pertempuran sengit. Tetapi ada perbedaan kekuatan yang signifikan antara keduanya, yang membuat Iron Man harus kalah dan koma. Dan setelah dianggap mati, cadangan otaknya dimasukkan ke dalam tubuh kloning, sehingga Iron Man tidak benar-benar mati.

7 Otak yang Terhapus

Setelah Norman Osborn menjadi pahlawan setelah dia berhasil menghabisi Skrull Queen dalam Secret Invasion, dia mendapatkan kekuatan yang sangat besar. Dia kemudian mengambil alih Dark Reign, dan menciptakan tim “superhero” baru bernama Dark Avengers. Sadar akan adanya ancaman, Tony ingin menyelamatkan para pahlawan super dengan menghapus Superhero Registraction Act yang dia simpan dalam otaknya.

Karena itulah Tony diburu dan dianggap sebagai penjahat. Dan saat Osborn mulai menyerang, Tony mulai menghapus informasi itu dari otaknya, dan otaknya pun juga turut terhapus. Akhirnya Tony mengalami koma karena otaknya mati. Untungnya kematian tersebut tidak berlangsung lama.

Itulah dia Geeks beberapa kematian Iron Man paling tragis di Marvel Universe. Meski begitu, Marvel tetap menghidupkan karakternya selama beberapa kali. Sehingga kematian Iron Man tidak bersifat permanen. Di antara beberapa kematian itu, mana yang kalian anggap paling tragis?

Exit mobile version