Home COMIC COMIC FEATURES 7 Civil War Paling Brutal di Marvel!

7 Civil War Paling Brutal di Marvel!

Pertarungan antara superhero melawan villain tentunya menjadi hal yang biasa dihadirkan. Tetapi apa jadinya jika pertarungan justru terjadi antara para superhero melawan superhero lainnya, yang justru memicu civil war atau perang saudara. Marvel Comics memang sudah beberapa kali menghadirkan cerita tentang “civil war”, dan tentu saja cerita seperti itu mampu menarik perhatian banyak penggemar. Lantas apa saja civil war yang pernah terjadi di Marvel Comics? Dan siapa saja karakter yang terlibat dalam perang saudara tersebut? Simak berikut ini!

1 Iron Man vs Captain Marvel

Iron Man dan Captain Marvel pernah bertarung dalam sebuah pertarungan mematikan. Kejadian tersebut terjadi dalam Civil War II, yang menjadi lanjutan Civil War pertama. Dalam peristiwa ini, Captain Marvel berada di pihak pemerintah, sementara Iron Man berpindah kubu menjadi lawan Captain Marvel. Di sini, Captain Marvel bertindak gegabah dengan menangkap para superhero yang tidak berdosa karena ramalan Ulysses.

Karena itulah Iron Man turun langsung untuk menghentikan Captain Marvel. Tentu saja pertarungan ini tidak sepadan, karena Iron Man kalah telak, hingga akhirnya Captain Marvel menghancurkan armor Iron Man dan membuatnya koma. Beruntung karena akhirnya Iron Man dapat kembali.

2 Thor vs Iron Man

Dalam peristiwa di Marvel Comics bernama Civil War (pertama), Iron Man memang dianggap sebagai musuh oleh banyak superhero yang berada di kubu sebelah. Seperti yang kita ketahui bahwa Iron Man memihak pemerintah, sementara Captain America memihak anti-pemerintah. Karena sangat ingin menang, Iron Man menciptakan armor tiruan Thor, dengan menggunakan DNA Thor secara diam-diam.

Pada akhirnya tiruan tersebut menyebabkan kematian Goliat. Sadar bahwa bahwa Iron Man menciptakan petaka di Bumi, Thor pun mendatangi Iron Man dan langsung menyerangnya. Sama seperti pertarungan melawan Captain Marvel, Iron Man juga tidak berkutik melawan Thor. Thor berhasil menghancurkan armor Iron Man menggunakan palu dan petirnya.

3 Captain America vs Giant Man

Pertarungan Civil War antara dua Avengers pun kembali terjadi, namun kali ini berlangsung di Ultimate Universe. Dalam universe ini, Captain America memang benar-benar berbeda. Dia lebih kejam, dan tak segan memukuli seseorang jika orang tersebut dianggap pantas. Yap, Captain America di Ultimate Universe memang cenderung bertindak terlalu jauh, dan bahkan membuatnya sering bertengkar dengan sesama rekan Avengersnya.

Contohnya adalah saat Captain America menghabisi Giant Man, dalam sebuah pertarungan yang brutal. Pertarungan ini terjadi setelah Captain America memberikan hinaan dan tinju kepada Hank Pym yang membuatnya murka dan menjadi Giant Man. Terlepas dari tubuh raksasa Giant Man, tetapi dia mampu dikalahkan dengan mudah oleh Captain America.

4 Captain America vs Wolverine

Dalam peristiwa Avengers vs X-Men, ada kejutan besar di mana Wolverine ternyata memihak kubu The Avengers. Namun terjadi civil war yang terjadi di kubu Avengers di Marvel, di mana Wolverine dan Captain America berseteru karena perbedaan cara pandang. Sadar betapa berbahayanya Phoenix Force, Wolverine kemudian ingin membunuh Hope Summers, yang dijadikan target inang baru Phoenix Force.

Wolverine percaya bahwa membunuh Hope adalah satu-satunya cara untuk menghentikan bencana yang ditimbulkan Phoenix Force di masa depan. Tetapi di sisi lain, Captain America berpikir bahwa Phoenix dapat dihentikan tanpa membunuh Hope. Captain Marvel mulai menginisiasi serangan terhadap Wolverine, sehingga pertarungan tidak terhindarkan. Mereka pun terluka parah. Beruntung karena Giant-Man muncul untuk menendang Wolverine sehingga dia terpental dari pesawat.

5 Iron Man vs Captain America

Pertarungan ini terjadi antara dua anggota Avengers yang paling dicintai, yaitu Iron Man dan Captain America. Keduanya bertarung dalam peristiwa Civil War pertama, yang pada akhirnya diadaptasi ke dalam film Captain America: Civil War. Dalam peristiwa tersebut, keduanya bertarung dengan mengerahkan seluruh kekuatan. Pertarungan berjalan sengit, dan keduanya mengalami banyak luka.

Tetapi di akhir, Captain America berhasil mengalahkan Iron Man. Tadinya Captain America akan menghabisi Iron Man, tetapi kemudian dia tersadar dengan dampak civil war tersebut sehingga dia menghentikan pertarungan di tengah kekalahan Iron Man. Dan untuk kesekian kalinya, Iron Man berhasil dikalahkan oleh rekan sesama Avengers.

6 Hulk vs Iron Man

Dalam peristiwa World War Hulk, tim superhero Illuminati berencana untuk menyingkirkan Hulk dari Bumi. Meraka merasa bahwa Hulk adalah sosok berbahaya yang akan mengancam manusia. Pada akhirnya, Illuminati mencoba mengusir Hulk dengan cara halus, yaitu menipunya dan memasukkan ke dalam luar angkasa, untuk dikirim penuju planet  jauh dari Bumi yaitu Sakaar. Tetapi setelah sekian tahun tinggal dan hidup bahagia, kejadian tragis menimpa Hulk, yang membuatnya menyalahkan orang-orang yang telah membuangnya ke Sakaar.

Karena itulah dia kembali ke Bumi untuk berperang. Salah satu sosok yang dihadapi Hulk adalah Iron Man, yang dianggap telah mengkhianatinya. Iron Man yang ketika itu menggunakan Hulk Buster hampir mampu mengalahkan Hulk, dengan cara memberikan obat penenang. Tetapi Hulk tiba-tiba tersadar dan berbalik menyerang armor Hulk Buster dan merobeknya hingga berkeping-keping.

7 Hulk vs Wolverine

Dalam komik Old Man Logan, Wolverine tua bertarung dengan Hulk. Di sana kemampuan Wolverine sudah tidak seperti dulu, karena dia semakin melemah dan tubuhnya tak lagi bisa menyebuhkan diri akibat keracunan Adamantium. Ketika itu, Logan ingin membalaskan dendam atas kematian keluarganya, yang dihabisi oleh mantan rekannya di Avengers, yaitu Hulk dan keluarganya.

Karena itulah Wolverine menuntut balas dan mulai menghabisi keluarga Hulk. Setelah tidak ada yang tersisa, Wolverine dan Hulk bertarung satu melawan satu, sampai kemudian Hulk memakan Logan hidup-hidup. Tetapi kemudian Logan berhasil menggunakan healing factornya dan menghabisi Hulk dari dalam tubuhnya, sehingga akhirnya Hulk tewas karena tubuhnya terkoyak.

Itulah dia Geeks beberapa civil war yang pernah terjadi di Marvel Universe. Perang saudara tersebut dipicu oleh berbagai macam faktor, dan mayoritasnya terjadi karena adanya perbedaan cara pandang.

Exit mobile version