Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Karakter Expendables ini Terinpirasi Tokoh Nyata!

5 Karakter Expendables ini Terinpirasi Tokoh Nyata!

Mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika beberapa karakter dalam film Expendables sebenarnya terinspirasi dari tokoh nyata. Film Expendables menjadi film aksi blockbuster paling “jantan” yang pernah muncul di Hollywood. Deretan aktor laga populer menghiasi nama-nama cast di film ini, mulai dari Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger, Bruce Willis, dan banyak lagi. Yang menarik adalah sebenarnya ada beberapa karakter di film Expendables yang sebenarnya terinspirasi dari tokoh nyata.

1 Mr. Church

Karakter Expendables yang terinspirasi dari tokoh nyata yang pertama adalah Mr. Church. Dia merupakan karakter yang jadi salah satu sekutu dari tim Expandables. Mr. Church sendiri merupakan agen CIA yang misterius di mana karakternya terinspirasi dari tokoh Frank Church III, yang merupakan seorang Senator di wilayah Idaho dari tahun 1957 sampai 1980.

Frank Church III merupakan salah satu orang yang sangat vokal dalam menolak perang Vietnam. Dia juga kemudian menjadi pimpinan komite senat untuk mempelajari berbagai hal operasional sebuah pemerintah dan juga kegitan intelijen. Komite senat ini kemudian lebih dikenal dengan nama “Church Commitee,” yang kemudian menjadi awal mula kegiatan investigasi di berbagai negara di luar Amerika.

2 James Munroe

James Munroe merupakan mantan agen operasi CIA dan juga villain utama dari film The Expendables. Karakter yang diperankan oleh Eric Roberts ini berasal dari nama presiden Amerika kelima, James Munroe. Namanya juga mereferensikan pada sebuah doktrin bernama ‘Munroe Doctrine’ yang sempat menjadi ancaman besar bagi berbagai wilayah di Amerika seperti wilayah utara, tengah, dan selatan.

Dalam cerita The Expendables, meskipun Mr. Church memberikan tim Expendables misi untuk menghabisi diktator di negara Vilena, yang bernama General Garza, namun target utama dari tim tersebut sebenarnya adalah Munroe. Dialah yang mengatur dan menguasai uang yang berasal dari bisnis obat-obatan di negara tersebut. Karena itulah, Church ingin menghancurkan “Munroe Doctrine” dengan menyewa jasa The Expendables.

3 Jean-Villain

Jika James Munroe adalah nama villain di film The Expendables, maka Jean-Vilain adalah nama villain di film The Expendables 2. Meskipun namanya memang mirip dengan aktor yang memerankan karakternya, Jean-Claude Van Damme, namun nama Jean-Vilain juga berasal dari seorang seniman puisi asal Perancis, Paul Verlaine. Vilain sendiri menghadirkan karakter flamboyan dan dialog yang puitis dan penuh ancaman.

Paul Verlaine sendiri merupakan puitis yang sangat mengapresiasi simbolisme di dalam syair atau bait puisi. Bahkan, dia juga terkenal sebagai seorang penggerak dari symbolist dalam dunia puisi. Inilah alasannya dalam film The Expendables 2 Jean-Vilain juga tertarik terhadap berbagai simbol, contohnya adalah tato elang milik Expendables. Dia bahkan memperlihatkan tato yang dia miliki kepada tim tersebut.

4 Lee Christmas

Wakil pemimpin tim Expendables, Lee Christmas, merupakan karakter yang diperankan oleh Jason Statham. Sosok Lee Christmas sendiri terinspirasi dari sosok Lee Christmas yang asli, di mana dia adalah seorang tentara bayaran Amerika. Lahir di tahun 1863, Lee Christmas yang asli dipindahkan ke Honduras pada 1894, di mana aktivitas tentara bayaran yang dia lakukan membuat dia mendapatkan julukan “The Incredible Yanqui.”

Nama Lee Christmas diingat sebagai salah satu sosok penting dalam Pertempuran La Ceiba, membantu dalam upaya kudeta dengan bantuan para tentara bayaran lainnya. Setelah kemenangan atas kudeta yang dia lakukan, Christmas kemudian ditunjuk sebagai pemimpin militer di negara tersebut oleh sang presiden yang baru yaitu Manuel Bonilla Chirinos.

5 Barney Ross

Karater Expendables yang terinspirasi dari sosok nyata terakhir tidak lain adalah sang pemimpin tim, Barney Ross. Karakter yang diperankan oleh Sylvester Stallone tersebut terinspirasi dari sosok juara tinju dengan nama yang sama, Barney Ross. Dari 81 pertandingan yang dia jalankan, Ross mencatatkan rekor kemenangan yang luar biasa yaitu 72 kemenangan, di mana 22 diantaranya menang dengan cara knockout.

Barney Ross kemudian mendaftar ke marinir Amerika saat perang dunia kedua dan mendapatkan penghargaan Silver Star atas jasanya. Ross juga mendapatkan pujian yang tinggi dari presiden Franklin D. Roosevelt dalam acara White House Rose Garden. Yang menarik adalah bagaimana Sly erat kaitannya dengan peran Rocky Balboa, rasanya memang pantas jika dia menggunakan nama karakter Barney Ross.

Di balik hingar bingar dan epiknya berbagai adegan pertempuran dan adegan aksi lainnya dalam film Expendables, ternyata beberapa nama dari para karakter di film ini terinspirasi dari tokoh nyata. Tim kreatif dari film ini mungkin memang sengaja menyocokan cerita masa lalu dari para tokoh tersebut dengan sifat dan perilaku para karakter di filmnya.

Exit mobile version