Home MOVIE MOVIE FEATURES 6 Credit Scene Film Tanpa Arti!

6 Credit Scene Film Tanpa Arti!

Ternyata ada beberapa credit scene dari sebuah film yang tidak memiliki arti sama sekali, karena tidak pernah berlanjut. Apa saja?

6 Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides

Ini adalah film keempat dari franchise Pirates of the Caribbean yang masih membintangi Johnny Depp, di mana dia mengulangi perannya sebagai Kapten Jack Sparrow. Film tersebut menceritakan tentang seorang villain terkenal bernama Blackbeard, yang tengah memburu air sakti yang bisa membuatnya abadi. Dan suatu ketika, Jack Sparrow terseret dengan pencarian tersebut. Bernasib sama seperti film Pirates of the Caribbean lainnya, film ini sangat sukses sehingga ada rencana untuk membuat sekuelnya. Terutama setelah credit scene film ini yang dibiarkan menggantung.

Nah dalam credit scenenya, kita diperlihatkan ketika Angelica terdampar di sebuah pulau. Ketika dia duduk di pantai, dia melihat sebuah boneka voodoo berbentuk Jack Sparrow. Seperti yang kita ketahui bahwa ketika melakukan sesuatu kepada boneka voodoo tersebut, maka orang yang diwakili boneka tersebut akan mengalami hal yang sama. Misalnya ketika menusuk boneka tersebut, maka orang yang mewakili boneka itu juga akan merasakan tusukan di tubuhnya. Yap, credit scene itu menunjukkan bahwa Jack Sparrow berada dalam masalah serius karena Angelica memiliki kendali atas dirinya.

Namun credit scene itu menjadi tidak berguna sama sekali, karena baik Angelica maupun boneka voodoonya sama sekali tidak pernah disebutkan lagi di sekuelnya. Sekuelnya tidak lagi menyebutkan boneka itu. Beberapa orang berteori bahwa Jack Sparrow sudah bisa melepas dari koneksinya dengan boneka voodoo tersebut. Tetapi tidak dijelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

5 Power Rangers (2017)

Power Rangers (2017) adalah film reboot dari franchise Power Rangers, yang mencoba memberikan sentuhan yang lebih modern pada kisah superhero remaja dengan elemen-elemen yang diperbarui. Filmnya menceritakan tentang sekelompok remaja yang terpilih menjadi Power Rangers setelah mendapatkan kekuatan misterius. Mereka menerima cincin Morphing dan kostum yang memberikan kekuatan super. Bersama-sama, mereka harus belajar bekerja sama sebagai tim.

Meski memiliki cerita yang menjanjikan, filmnya gagal karena mendapat kritik dan pendapatan yang buruk di box office. Sehingga akhirnya, sekuel Power Rangers (2017) dibatalkan. Padahal film pertama berakhir dengan ending menggantung. Seperti yang kita ketahui film tersebut menghilangkan salah satu Power Rangers ikonik sekaligus yang paling kuat yaitu Power Ranger hijau. Nah beruntung karena sebenarnya Power Rangers hijau disebutkan di bagian credit scene film ini.

Nama Rangers hijau, Tommy Oliver, disebutkan beberapa kali. Tetapi karakternya tidak muncul. Kita pun diperlihatkan dengan jaket hijau yang Tommy Oliver gunakan, dan menjelang akhir, kita diperlihatkan saat sebuah pintu ruangan hancur, yang sepertinya diakibatkan oleh Tommy Oliver. Dan karena sekuel Power Rangers tidak pernah dibuat, credit scene tersebut menjadi tidak berguna, dan kita pun tidak akan bisa melihat Tommy Oliver beraksi.

4 Shazam!

Ketika film Shazam! dirilis pada tahun 2019, film tersebut diharapkan akan membawa perubahan yang signifikan terhadap DCEU, yang sebelumnya digagas oleh Zack Snyder. Dan terbukti film tersebut dianggap cukup “fresh”, karena menceritakan hal baru, meski masih menjadi bagian DCEU. Film yang disutradarai David F. Sandberg dan dibintangi oleh Asher Angel dan Zachary Levi ini menceritakan tentang seorang anak remaja bernama Billy Batson yang diberikan kekuatan luar biasa oleh penyihir kuno, dan sejak itulah dia menjadi Shazam! dan mencoba menjadi pahlawan super.

Nah bagian yang paling menarik di filmnya adalah credit scene yang menampilkan cameo mengejutkan dari Superman. Superman terlihat bertemu secara singkat dengan Freedy, yang mengaku berteman dengan Shazam!. Memang adegan tersebut tidak menampilkan Superman secara utuh, karena hanya bagian leher ke bawahnya saja yang diperlihatkan, sementara wajahnya tidak benar-benar ditampilkan. Dan sudah dikonfirmasi bahwa cameo Superman itu tidak diperankan oleh Henry Cavill, melainkan Ryan Handley, seorang stuntman.

Sayangnya nih Geeks, credit scene tersebut tidak berarti apapun karena kisah Shazam yang berkolaborasi dengan Superman sama sekali tidak diceritakan. Bahkan di film kedua Shazam berjudul Shazam! Fury of the Gods, Superman sama sekali tidak tampil. Shazam justru hanya berinteraksi dengan Wonder Woman di film tersebut, tetapi tidak dengan anggota Justice League lainnya. Lantas apa gunanya menampilkan cameo Superman di film Shazam!, sementara sang superhero tersebut sama sekali tidak ditampilkan dalam sekuelnya.

3 Black Adam

Lagi, credit scene tanpa arti lainnya juga melibatkan Superman. Namun kali ini Superman tampil dalam credit scene film Black Adam. Yap, dalam film Black Adam, Superman tampak bertemu untuk pertama kalinya dengan Black Adam. Black Adam dan Superman adalah karakter penting di DC, dan keduanya sangat kuat, sehingga mempertemukan keduanya di credit scene menjadi hal yang sangat istimewa. Superman turun langsung untuk bertemu dengan Black Adam atas semua peristiwa yang terjadi. Setelah munculnya adegan itu, banyak yang berspekulasi bahwa Superman dan Black Adam akan saling bertarung di film kedua.

Tetapi itu hanya angan, karena film Black Adam 2 tidak akan pernah dibuat. Dan tidak lama setelah perilisan film Black Adam, sang pemeran Superman, Henry Cavill secara resmi mengkonfirmasi bahwa dia tidak akan dilibatkan kembali sebagai pemeran Superman karena DC Studios akan mengganti pemeran Superman dengan aktor baru. Sehingga, credit scene yang menampilkan Superman dan Black Adam tidak berarti apapun, dan sia-sia.

Jika melihat komik DC, pertarungan Superman dan Black Adam sangatlah legendaris. Salah satu komik DC yang menceritakan pertarungan keduanya adalah komik World War III, yang memperlihatkan pertarungan Black Adam vs. Superman. Ketika itu, Black Adam lepas kendali di Kahndaq, sehingga Superman muncul untuk menyelamatkan orang-orang yang terkena dampak dari teror Black Adam. Penggemar sebenarnya sangat ingin melihat pertarungan live action Black Adam melawan Superman, tetapi sepertinya hal tersebut tidak akan terwujud dalam waktu dekat.

2 Fantastic Four: Rise Of The Silver Surfer

Rilis tahun 2007, Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer merupakan sekuel dari Fantastic Four yang lebih dulu rilis tahun 2005. Filmnya disutradara oleh Tim Story dan membintangi Ioan Gruffudd sebagai Reed Richards, Jessica Alba sebagai Sue Storm, Chris Evans sebagai Johnny Storm, dan Michael Chiklis Ben Grimm. Dalam film ini, kita diperlihatkan ketika tim Fantastic Four berpacu dengan waktu untuk melawan Galactus. Tetapi mereka tidak sendiri, karena juga dibantu oleh Silver Surfer.

Di akhir film, kita bisa melihat bagaimana Silver Surfer pergi untuk menyelamatkan dunia dari Galactus. Tetapi dia harus melakukan pengorbanan besar untuk bisa mengalahkannya. Di akhir film, Silver Surfer meledakkan dirinya untuk melenyapkan kekuatan Galactus yang digambarkan sebagai awan yang bisa menghabisi apapun disekitarnya. Setelah aksi heroiknya itu, banyak yang mengira bahwa Silver Surfer tewas. Tetapi dalam credit scene film ini, terungkap bahwa Silver Surfer masih hidup.

Silver Surfer terlihat terombang-ambing di luar angkasa. Dan menjelang detik terakhir, dia tampak membuka matanya dan memanggil papan seluncurnya yang ikonik. Sebenarnya credit scene itu dibuat karena setelah Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer, 20th Century Fox akan membuat sebuah film spinoff Silver Surfer. Tetapi karena film Rise of the Silver Surfer gagal di box office, rencana itu dibatalkan, sehingga credit scene tersebut tidak berarti apapun.

1 Green Lantern (2011)

Disutradarai oleh Martin Campbell dan dibintangi oleh Ryan Reynolds sebagai Hal Jordan, Film Green Lantern yang rilis tahun 2011 sayangnya berakhir dengan kegagalan. Banyak kritikus dan penonton umum yang mengeluhkan CGI dalam filmnya yang buruk, terutama dari kostum yang digunakan Hal Jordan. Selain itu, cerita dan karakterisasinya kurang kuat. Sebenarnya film ini dibuat sebagai awal dari trilogi Green Lantern yang sudah disiapkan. Tetapi karena gagal total, rencana untuk membuat sekuelnya dibatalkan.

Padahal film ini menampilkan adegan post-credit yang menampilkan Sinestro (Mark Strong) mengenakan cincin kuning yang ingin dia gunakan untuk melawan Parallax. Dengan kekuatan itulah yang pada akhirnya menjadikan Sinestro sebagai lawan Hal Jordan di masa depan. Namun dengan Reynolds yang kini sudah menjadi pemeran Deadpool, dan dibatalkannya rencana trilogi Green lantern besutan Martin Campbell, maka dapat dipastikan bahwa semua kisah itu tidak akan berlanjut dan membuat credit scenenya menjadi sia-sia.

Nah dalam komik DC, Sinestro membentuk sebuah organisasi kriminal bernama Sinestro Corp, yang dibentuk untuk menyaingi Green Lantern Corps. Setiap anggota Sinestro Corps memiliki cincin kuning yang dipenuhi dengan rasa takut, kontras dengan cincin hijau yang dipenuhi dengan rasa keberanian. Sayangnya, kita tidak jadi melihat Sinestro dan Sinestro Corps beraksi setelah sekuelnya dibatalkan.

Itulah dia Geeks beberapa credit scene film yang menjadi tidak berarti. Beberapa di antaranya menjadi tidak berarti karena sekuel filmnya tidak pernah dibuat. Dan beberapa lainnya menjadi tidak berarti karena credit scenenya justru tidak berhubung dengan film berikutnya. Karena itulah credit scene di film-film di atas dianggap tidak berguna dan sia-sia. Di antara credit scene tersebut, mana yang pernah kalian lihat Geeks?

Exit mobile version