Home COMIC COMIC FEATURES 10 Pengkhianatan Mengejutkan di DC Comics!

10 Pengkhianatan Mengejutkan di DC Comics!

Tidak semua pahlawan benar-benar baik. Mungkin kalimat tersebut sering kita dengar, terutama setelah kita membaca komik-komik DC yang selalu tampil dengan cerita mengejutkan. Wajar saja karena dalam komik tersebut, sering dijumpai cerita tentang para superhero yang berkhianat. Tidak ada yang menyangka bahwa mereka bisa tega melakukan hal tersebut. Padahal sebelumnya, mereka rela mati-matian untuk menjaga Bumi dari ancaman besar. Lantas apa saja pengkhianatan paling mengejutkan yang terjadi di DC Comics? Simak berikut ini Geeks!

10 Aquaman

Pengkhianatan di DC pertama datang dari Aquaman. Aquaman memang menaruh loyalitas yang tinggi terhadap bangsa Atlantis, sehingga dia rela berperang demi melindungi Atlantis dari ancaman manapun. Nah dalam alur cerita Throne of Atlantis, Aquaman dihadapkan dengan situasi pelik, di mana dia harus menginisiasi perang melawan manusia setelah sebuah rudal angkatan laut menghantam Atlantis. Aquaman akhirnya melakukan serangan terhadap Justice League.

Yang lebih parah, Justice League mengetahui fakta bahwa sebenarnya, teman lama Aquaman bernama Nuidis Vulko adalah dalang dibalik semua peristiwa yang terjadi. Secara terukur, Vulko mengatur agar Atlantis diserang untuk memicu perang. Dan ternyata ini Vulko lakukan agar Ocean Master dikalahkan oleh Justice League, sehingga akhirnya Aquaman diangkat sebagai raja sejati.

9 Jean Loring  

Identity Crisis menjadi kisah DC yang cukup kontroversial. Bagaimana tidak? Kita disuguhkan dengan berbagai cerita kelam, mulai dari istri Elongated Man yang ditemukan terbunuh, hingga fakta pahit dari Sue (istri Elongated Man), yang ternyata diruda paksa oleh Doctor Light. Bahkan kejadian tersebut terjadi di markas JLA. Para pahlawan pun diceritakan mati satu-persatu, tanpa diketahui penyebab pasti.

Setelah ditilik lebih dalam, terungkap bahwa sebenarnya Jean Loring yang menjadi dalang dari semua masalah yang terjadi. Dia berencana merusak Justice League dari dalam. Lebih buruknya, Jean Loring adalah istri dari The Atom, yang membuat semua orang terkejut. Pengkhianatan memang datang dari tempat yang tidak terduga, dan Loring sudah menggambarkan hal tersebut.

8 Batman

Sama seperti Iron Man di Marvel, Batman juga sangat paranoia. Banyak kejadian besar yang sangat mempengaruhi jalan pikiran Batman, hingga akhirnya dia sangat paranoia terhadap apapun di sekitarnya. Puncaknya, Batman mencari cara untuk mengumpulkan data tentang setiap kelemahan dan kekuatan dari rekan-rekannya di Justice League. Untuk apa? Yap untuk menghentikan Justice League, jika mereka tiba-tiba menjadi jahat dan menjadi lawan bagi Batman.

Bagian terburuknya datang ketika Ra’s Al Ghul mencuri semua data-data yang dikumpulkan oleh Batman itu, sehingga akhirnya dia mengetahui seluruh kelemahan Justice League dan mengalahkan mereka. Meski pada akhirnya Ra’s Al Ghul berhasil dikalahkan, Justice League akhirnya mengadakan pemungutan suara mengenai status Batman, di mana akhirnya mereka sepakat untuk menendang Batman dari tim.

7 Hal Jordan

Ketika Cyborg Superman dan Mongul bekerja sama untuk mengubah Bumi menjadi Warworld, salah satu serangan awal mereka mampu menghancurkan Coast City. Hal Jordan kemudian muncul untuk mengalahkan Mongul, tetapi apa yang dia lakukan sudah terlambat bagi penduduk Coast City yang malang. Karena diliputi oleh kesedihan yang mendalam, Hal Jordan menggunakan kekuatan cincinnya untuk menciptakan kota palsu, untuk digunakan sebagai tempat tinggal sementara bagi penduduk Coast City yang selamat.

Nah karena rekan lainnya merasa terganggu oleh apa yang dilakukan Hal Jordan, para Lanterns kemudian berusaha menghentikan itu. Dan karena marah, Jordan pun menghabisi mereka semua yang menganggu rencananya. Jordan kemudian tumbuh semakin kejam dan menjadi tidak stabil. Puncaknya Jordan menjadi pejahat dan setelah menyerap energi Central Power Battery di Oa.

6 Sheila

Setelah dibebaskan dari tugasnya sebagai Robin, Jason berangkat ke Timur Tengah bertemu dengan ibunya, untuk pertama kalinya. Ternyata ibu Jason yang bernama Sheila, bekerja di bawah perintah Joker. Meskipun Jason berusaha untuk melindungi ibunya, Sheila tetap memilih untuk tidak berhenti, dan dengan dingin, Sheila mengkhianati putranya sendiri.

Puncaknya, sang anak akhirnya harus tewas setelah dipukuli oleh Joker. Sheila seolah tidak peduli dengan apa yang terjadi. Pada akhirnya, Sheila dan Jason tewas nyaris bersamaan. Tetapi sebelum tewas, Sheila sebenarnya sempat mengungkapkan rasa penyesalannya setelah mengkhianati putranya dan mengatakan bahwa Jason adalah anak yang baik.

5 Barry Allen

Pengkhianatan di DC selanjutnya datang dari The Flash. Dalam peristiwa Flashpoint yang ikonik, banyak hal yang tidak biasa terjadi. Mulai dari orang tua Bruce Wayne yang menjadi Batman, Wonder Woman yang bertempur dengan Aquaman. Bahkan sosok sekuat Superman pun menjadi tahanan. Semuanya memang menjadi aneh setelah Barry Allen melakukan perjalanan waktu ke masa lalu untuk menyelamatkan ibunya. Allen sendiri bertanggung jawab atas timeline baru yang tercipta, dan atas perubahan besar yang terjadi

Apa yang Allen lakukan justru menghancurkan DC Universe, dan merusak nama Justice League. Dampaknya ada jutaan nyawa yang menjadi korban, termasuk Bruce Wayne dan Hal Jordan yang tidak pernah menjadi Green Lantern di timeline ini. Barry membuat banyak hal yang tidak seharusnya terjadi menjadi terjadi.

4 Atomica 

Dalam DC Comics, sempat ada cerita yang menampilkan dua Justice League dalam waktu yang sama. Justice League kedua ini dibentuk oleh Amanda Waller dan Steve Trevor untuk membantu Justice League yang asli. Salah satu anggota yang bergabung dalam tim tersebut adalah Atomica yang berasal dari Earth-3. Atomica memang dikenal sebagai sosok yang sadis, dan entah mengapa dia bisa diizinkan bergabung ke tim tersebut.

Selama Atomica bergabung dengan Justice League, dia diam-diam mengkhianati rekan satu timnya. Puncaknya terjadi dalam peristiwa Forever Evil. Atomica menggunakan Pandora’s Box untuk menjebak Justice League dan membiarkan Crime Syndicate membuat kejahatan di Bumi. Bahkan apa yang dia lakukan mendapat imbalan dari Lex Luthor.

3 Maxwell Lord

Pengkhianatan di DC selanjutnya datang dari Maxwell Lord. Setelah peristiwa Crisis On Infinite Earths, Maxwell Lord menjadi sosok yang penting, terutama bagi kubu Justice League dan Justice League International yang dia bentuk. Maxwell Lord bukanlah tokoh yang biasa karena dia pernah membantu menjaga Bumi tetap aman. Tetapi semuanya berubah ketika Maxwell Lord memperoleh kekuatan untuk mengendalikan pikiran.

Semuanya menjadi buruk ketika Maxwell mendapat kekuatan itu. Menjelang Infinite Crisis, banyak peristiwa mengejutkan terjadi di DC Universe, termasuk pembunuhan yang dilakukan oleh Maxwell Lord terhadap Blue Bettle II. Dia terus mengkhianati Justice League, dan merusak Justice League dari dalam sepanjang Infinite Crisis. Contohnya saat Maxwell mencuri satelit Batman untuk memburu setiap manusia super di Bumi.

2 Zatanna

Setelah penyerangan Doctor Light terhadap Sue Dibny, Zatanna kemudian menghapus ingatan Light dan menjadikannya sosok yang tidak berbahaya. Dan kemudian, Zatanna juga ikut menghapus ingatan Batman tentang semua peristiwa yang terjadi. Dan setelah Batman mengetahui bahwa Zatanna pernah menghapus ingatannya, Batman menjadi sangat marah. Karena trauma dan tidak mempercayai siapapun lagi, Batman kemudian membuat sebuah satelit bernama Brother MK1 untuk memantau setiap pergerakan orang-orang di seluruh dunia, termasuk memantau pergerakan pahlawan super.

Tindakan Zatanna memang dinilai salah karena dia membuat Batman tidak mempercayai rekan-rekannya lagi dan “keluar jalur”. Tetapi yang lebih buruk, tindakan Zatanna untuk menghapus ingatan Batman mendapat persetujuan dari Green Arrow, Green Lantern, The Flash dan beberapa anggota lain.

1 Superman 

Pengkhianatan dari DC selanjutnya datang dari Superman. Superman memang digambarkan sebagai pahlawan dan pelindung Bumi. Namun pernah suatu ketika Superman menjadi sosok yang tidak kita duga selama ini. Jauh di masa depan, Superman rela menjual Justice League demi kepentingan pemerintah Amerika Serikat, sehingga akhirnya tim tersebut dibubarkan. Sebenarnya Superman menganggap bahwa apa yang dia lakukan adalah keputusan tepat yaitu memperjuangkan ketertiban dunia yang sudah sangat kacau. Tetapi tindakannya justru menunjukkan bahwa Superman adalah pengkhianat.

Puncaknya, Superman bertarung dengan mantan rekan-rekannya. Meski awalnya sempat dikalahkan setelah Queen menembak SUperman menggunakan panah yang diisi dengan Kryptonite, tetapi ada harga mahal yang harus dibayar, karena Batman juga diceritakan tewas karena sernangan jantung tak lama setelah kemenangan Batman.

Itulah dia beberapa pengkhianatan paling mengejutkan yang pernah terjadi di DC Comics. Tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa para pahlawan tersebut memilih untuk berkhianat. Padahal selama ini, kita mengenalnya sebagai sosok yang baik.

Exit mobile version