Home MOVIE MOVIE FEATURES Jarang Dikenal, 10 Aktor Ini Pernah Perankan Batman!

Jarang Dikenal, 10 Aktor Ini Pernah Perankan Batman!

Selain berbagai nama populer seperti Ben Affleck, Christian Bale, atau Robert Pattinson ada aktor yang jarang dikenal yang ternyata pernah perankan Batman. Tanpa banyak orang ketahui, sebenarnya ada beberapa nama aktor lain yang juga pernah memerankan karakter Batman. Nama mereka tenggelam dan kurang dikenal jika dibandingan dengan nama besar Hollywood. Lalu, siapa aja aktor tersebut?

10 Lewis Wilson

Meskipun Adam West yang kemudian disebut sebagai aktor pemeran live-action pertama yang memerankan karakter Batman, namun sebenarnya titel tersebut jatuh ke tangan Lewis Wilson. Sosok Wilson muncul pertama kali sebagai Batman di tahun 1943, empat tahun setelah karakter Batman pertama kali muncul di Detective Comics #24. Lewis Wilson diketahui merupakan sosok yang memerankan karakter Batman dalam sebuah serial berjumlah 15 bagian/

Usia dari Wilson saat memerankan karakter Batman adalah 24 tahun. Serial tersebut menghadirkan sosok Batman yang dimintai tolong oleh pemerintah Amerika untuk menghadapi seorang dokter Jepang bernama Daka. Yang luar biasa adalah serial iatau series ini bahkan sudah memperkenalkan Batcave sebelum muncul dalam cerita komiknya. Selain itu, dalam series ini juga karakter Alfred dirubah menjadi sosok pelayan yang setia dan tanggung seperti sekarang. Sayangnya, hal itu tidak membuat karir Wilson meningkat.

9 Robert Lowery

Pasca kesuksesan dari series perdana Batman, Columbia Pictures kemudian menghadirkan 15 cerita lainnya dalam sebuah series baru yang berjudul Batman and Robin. Sama seperti series sebelumnya, series ini pun tidak terlalu banyak terkoneksi dengan versi komik. Dalam ceritanya, Batman harus berhadapan dengan seorang villain bernama The Wizard yang mencoba untuk mengambil alih Gotham.

Namun, dalam series ini justru sosok Lewis Wilson tidak kembali dihadirkan. Pihak studio menghadirkan aktor lainnya yaitu Robert Lowery. Secara fisik, Lowery memang memiliki penampilan yang jauh lebih berisi dan berotot dibandingkan Wilson. Dan yang menarik, Lowery ternyata juga membintangi film The Mark of Zorro. Sayangnya, desain topeng Batman di series ini kurang begitu menarik karena topeng tersebut tidak didesain untuk wajah Lowery.

8 Will Arnett

Mulai dari Will Arnett dan seterusnya, dalam daftar ini kita akan melihat para aktor yang pernah perankan karakter Batman dalam versi animasi. Arnett sendiri merupakan aktor yang mengisi suara Batman dalam beberapa film seperti The lego Movie, The Lego Batman Movie, dan The Lego Movie Part 2. Meskipun film-film tersebut sukses dan populer, hal ini tidak berlaku dengan Will Arnett.

Orang-orang lebih mengenal sosok yang lebih populer dalam memerankan karakter Batman. Padahal, Will Arnett dianggap sukses menghadirkan sosok Batman yang berbeda dan unik di franchise film Lego tersebut. Fakta bahwa Will Arnett kurang banyak mendapatkan kredit atas kerja kerasnya tentunya cukup disayangkan.

7 Jimmy Kimmel

Nama Jimmy Kimmel mungkin lebih dikenal sebagai host atau pengisi acara yang populer. Namun, ternyata Kimmel juga pernah mengisi suara untuk peran Batman dalam film Teen Titans GO! to the Movies. Dalam ceritanya, Batman cukup sering muncul dalam ceritanya. Tetapi, yang tidak banyak orang ketahui atau sadari adalah jika sosok yang mengisi suara dari sosok Batman tersebut adalah Jimmy Kimmel. Selain Kimmel, sebenarnya film ini menghadirkan beberapa aktor besar lainnya untuk mengisi berbagai karakter termasuk Nicholas Cage, Stan Lee, Kristen Bell, dan banyak lainnya. Meskipun tidak banyak dialog yang muncul, namun Kimmel dianggap berhasil menghidupkan sosok Batman di film ini.

6 Ben McKenzie

Sosok Ben McKenzie memang sudah cukup sering berhubungan dengan berbagai proyek yang berkaitan dengan DC. Contohnya dia berperan sebagai Batman dalam series animasi Batman: Year One. Peforma dari Ben dalam menggambarkan sosok batman di series tersebut memang lebih lembut dari versi Batman yang biasa kita kenal. Hal ini karena Batman masih melakukan uji coba bagaimana menggambarkan dirinya sebagai Batman.

Sayangnya, orang-orang justru lebih tertarik terhadap cerita Jim Gordon yang suaranya diisi oleh Bryan Cranston. Bahkan, setelah popularitas Breaking Bad banyak yang hanya menonton series Year One untuk menonton Jim Gordon. Meskipun begitu, setelah kemudian Ben berhasil memerankan karakter Bruce Wayne di series Year One, dia kemudian mendapatkan tawaran peran untuk menjadi detektif Jim Gordon muda dalam series Gotham.

5 Michael C. Hall

Michael C. Hall adalah aktor yang pernah perankan Batman selanjutnya. Dia adalah aktor yang mengisi suara Batman dalam film animasi Justice League: Gods and Monsters. Yang menarik, dalam film ini Hall bukan hanya memerankan karakter Batman yang biasa, melainkan Batman versi vampir. Dalam realita tersebut, Kirk Langstorm – yang adalah sosok Man-Bat di universe utama DC – menyuntikan dirinya dengan cairan dari kelelawar vampir.

Hal itu membuatnya menjadi makhluk penghisap darah. Batman berusaha untuk tetap bisa mengendalikan dirinya dari hasrat menghabisi dan menghisap darah orang lain, sambil juga terus bertarung menghadapi kejahatan. Namun, tidak banyak orang yang tahu tentang hal ini dan bahkan proyek film animasi ini pun kurang begitu terdengar gaungnya.

4 Kevin McKidd

Kevin McKidd adalah aktor asal Skotlandia yang sudah berperan di beberapa judul terkenal. Dalam film Trainspotting, dia berperan sebagai Tommy. Dan dalam series Grey’s Anatomy, McKidd berperan sebagai Owen Hunt. Namun, tidak banyak orang yang menduga jika Kevin McKidd akan mengisi suara dalam franchise Batman. Dia adalah aktor yang mengisi suara dari Thomas Wayne dalam Justice League: The Flashpoint Paradox.

Dalam ceritanya, Thomas Wayne kini yang menjadi Baatman setelah anaknya, Bruce Wayne, yang justru tewas dalam kejadian perampokan di sebuah gang. Berbeda dengan Bruce, Thomas menggunakan cara yang brutal untuk membasmi kejahatan. Banyak fans yang senang dan mengapresiasi karakter Thomas Wayne sebagai Batman dan semua hal tersebut adalah berkat sosok McKidd.

3 Troy Baker

Selama puluhan tahun, Mark Hamill sudah mengisi banyak sekali suara Joker di berbagai proyek mulai dari Batman: The Animated Series, The Batman: Arkham Series, dan masih banyak lainnya. Banyak fans yang kemudian terkejut dan yakin jika tidak ada yang mampu gantikan Hamill dalam mengisi peran Joker ketika dia memutuskan untuk pensiun. Tetapi, Troy Baker membuktikan bahwa dia juga mampu menjadi sosok Joker seperti Hamill.

Yang menarik adalah bukan hanya Troy Baker berhasil memerankan karakter Joker dalam game Batman: Arkham Origins, ternyata aktor ini juga pernah perankan karakter Batman dalam beberapa proyek termasuk film Batman: The Telltale Series dan Batman: The Long Halloween. Troy juga sudah mengisi suara Batman dalam film Batman vs Teenage Mutant Ninja Turtles. Troy menjadi aktor pertama yang mengisi suara Batman dan Joker di satu proyek tertentu.

2 Ron Perlman

Nama Ron Perlman memang lebih identik dengan sosok karakter Hellboy, di mana dia adalah aktor yang memerankan karakter tersebut. Tetapi, Perlman ternyata juga menjadi bagian penting dari universe DC di mana dia sudah mengisi suara dari berbagai karakter populer selama bertahun-tahun. Contohnya adalah Sinestro, Deathstroke, dan Orion. Dia juga mengisi suara berbagai karakter villain dari Batman.

Contohnya adalah adalah Killer Croc, Clayface, dan Batman di berbagai series animasi dan video games. Pada 2006, Ron Perlman pernah mengisi suara dari Batman dalam video game Justice League Heroes. Dalam game tersebut Ron Perlman menggambarkan sosok Batman sesuai dengan versinya sendiri. Sayangnya, game ini kurang laku di pasaran yang membuat nama Ron Perlman sebagai Batman kurang terdengar.

1 Petter Weller

Seperti halnya Ron Perlman, sosok Petter Weller banyak dikenal orang sebagai aktor yang memerankan karakter Robocop. Namun, siapa sangka jika dia ternyata pernah mengisi suara Batman dalam film Batman: The Dark Knight Returns. Ini merupakan film adaptasi dari komik Frank Miller di mana Bruce Wayne yang sudah tua dipaksa untuk kembali ketika Gotham mulai banyak diserang oleh penjahat dan mutan.

Mengingat film tersebut banyak memengaruhi cerita Batman di era modern, hal tersebut rasanya tidak terlepas dari peran Peter Weller yang mengisi suara dari Batman. Yang paling fenomenal dan banyak dikenang dari akting Peter Weller dalam memerankan Batman adalah ketika momen pertarungan antara Batman dan Superman di akhir cerita.

Nama-nama aktor di atas memang jarang diketahui jika mereka pernah mengisi suara atau berperan langsung sebagai Batman. Tentunya ada berbagai alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi, salah satunya adalah bagaimana popularitas mereka kalah dari para aktor yang berperan di franchise utama Batman. Meskipun begitu, performa mereka tetap dianggap sangat luar biasa dalam memerankan karakter Batman.

Exit mobile version