Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Cinematic Universe Non Superhero!

7 Cinematic Universe Non Superhero!

Nah buat kalian yang bosan dengan tema superhero, sebenarnya adalagi beberapa cinematic universe non superhero yang eksis. Apa saja? Simak berikut ini!

1 Monsterverse

Cinematic universe ini diproduksi oleh Legendary Entertainment yang menampilkan deretan monster ikonik. Dalam Monsterverse, para monster raksasa akan saling bertarung. Cinematic universe ini dimulai dari film berjudul Godzilla (2014) dan kemudian berlanjut dengan film-film selanjutnya seperti Kong: Skull Island (2016), Godzilla: King of the Monster (2019), dan terakhir Godzilla vs. Kong (2021). Sebenarnya baru ada dua monster utama yang dihadirkan yaitu Godzilla dan Kong, dan kemungkinan akan ada lebih banyak monster utama yang dimunculkan di masa depan.

Legendary Entertainment pun akan memperluas semestanya. Karena mereka saat ini tengah membuat sekuel Godzilla vs. Kong yang berjudul resmi Godzilla x Kong: The New Empire. Masih belum jelas apa yang diceritakan dalam film tersebut. Tetapi mengingat kata “vs” dihilangkan dari judul, maka kemungkinan besar The New Empire akan menampilkan kerjasama antara Godzilla dan Kong. Tetapi belum diketahui siapa yang dihadapi keduanya nanti. Lewat teaser yang dibagikan, ada kemungkinan musuh yang dihadapi Godzilla dan Kong adalah titan atau kaiju yang berbentuk kera.

Film-film dalam Monsterverse memang mengambil inspirasi dari film monster klasik yang muncul pada tahun 1930-an hingga 1960-an, tetapi dengan efek visual yang lebih canggih dan skala yang lebih besar. Anggaran pembuatan film-film dari Monsterverse pun sangat masif, berkisar antara $200-250 juta setiap filmnya. Tetapi tentu saja karena sangat sukses, semesta ini masih akan dilanjutkan dalam beberapa tahun ke depan.

2 Harry Potter

Cinematic universe non superhero berikutnya adalah Harry Potter. Cinematic universe Harry Potter dimulai dari film pertama yang rilis tahun 2001 berjudul Harry Potter and the Sorcerer’s Stone. Kemudian semestanya terus berlanjut dengan sekuelnya seperti Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002), Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004), Harry Potter and the Goblet of Fire (2005), dan masih banyak lagi. Puncaknya terjadi di tahun 2011 lewat film berjudul Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2, di mana film tersebut menjadi film yang menutup kisah sang penyihir Harry Potter.

Sebenarnya adalagi film dari semesta Harry Potter yang kemudian dibuat. Tetapi itu bukan sekuel, melainkan prekuel atau spinoff yaitu Fantastic Beasts. Yap, Fantastic Beasts memang berlatar jauh sebelum era Harry Potter. Saat ini, setidaknya ada tiga film Fantastic Beasts yang sudah dibuat antaralain Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016), Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018), dan terakhir adalah Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore (2022). Nah di Fantastic Beasts, Newt Scamander menjadi karakter utamanya.

Nah menariknya nih Geeks, baru-baru ini Warner Bros berencana untuk memperluas cinematic universe Harry Potter. Tetapi mereka tidak akan melanjutkan kisah yang sudah ditutup sebelumnya, melainkan membuat reboot. Mereka pun tidak akan membuatnya sebagai film melainkan series yang bakal mengadaptasi kisah Harry Potter and the Cursed Child, sebuah cerita yang diciptakan untuk pentas drama.

3 Star Wars

George Lucas adalah sosok jenius dibalik berdirinya cinematic universe Star Wars. Dan ini menjadi cinematic universe kedua tertua dalam daftar ini, karena sudah mulai berjalan sejak tahun 1977. Nah menariknya, semesta ini dibagi ke dalam 3 trilogi utama. Dimulai dari Trilogi Original yang terdiri dari tiga film yang dirilis antara 1977 hingga 1983. Film pertamanya adalah Star Wars: Episode IV – A New Hope, Episode V – The Empire Strikes Back, dan Episode VI – Return of the Jedi.

Kemudian triloginya berlanjut dengan Trilogi Prekuel. Trilogi Prekuel dimulai antara tahun 1999 hingga 2005, dan di sini kita disuguhkan dengan asal-usul Darth Vader dan bagaimana Akakin Skywalker menjadi Sith Lord. Film pertama dalam Trilogi Prekuel ini adalah Star Wars: Episode I – The Phantom Menace, diikuti oleh Episode II – Attack of the Clones, dan Episode III – Revenge of the Sith. Dan trilogi terakhir adalah Trilogi Sekuel, yang dimulai dari film Star Wars: Episode VII – The Force Awakens, Episode VIII – The Last Jedi, dan ditutup dengan Episode IX- The Rise of Skywalker.

Nah buat kalian yang belum tahu, Episode IX – The Rise of Skywalker menjadi film penutup dari Saga Skywalker yang sudah dimulai sejak awal berdirinya cinematic universe Star Wars. Kini Star Wars mulai bergerak ke arah baru, dengan tidak lagi menceritakan kisah Skywalker. Dalam beberapa tahun terakhir, kita memang belum melihat film baru Star Wars yang dibuat, dan cinematic universe Star Wars justru berlanjut ke beberapa seriesnya yang tayang di Disney+.

4 Alien

Semesta Alien diinisiasi oleh sutradara Ridley Scott. Franchise ini pertama kali dikenalkan tahun 1979, lewat filmnya berjudul Alien. Sederhananya, cinematic universe ini menceritakan tentang pertempuran antara manusia dengan makhluk asing yang dikenal sebagai Xenomorphs. Setelah film pertamanya dirilis, lahir juga beberapa lanjutannya seperti Aliens (1986), Alien 3 (1992), Alien Resurrection (1997), Prometheus (2012), Alien: Covenant (2017). Untuk Prometheus dan Covenant, film tersebut menjadi prekuel yang menggali asal-usul Xenomorphs.

Sebagian besar filmnya menampilkan Ellen Ripley sebagai karakter utama yang diperankan oleh Sigourney Weaver. Dialah sosok yang berjuang melawan ancaman Xenomorph. Tetapi karakternya tidak pernah kembali dalam Prometheus dan Covenant mengingat kedua film tersebut adalah prekuel, yang mengambil latar jauh sebelum film Alien pertama. Prometheus dan Covenant justru dibintangi oleh aktor Michael Fassbender yang memerankan karakter bernama Walter.

Tidak lama lagi, kita pun akan disuguhkan dengan film terbaru Alien. Pasalnya 20th Century Studios tengah membuat film alien baru. Menurut informasi, film ini akan dirilis pada tanggal 16 Agustus 2024. Filmnya digarap oleh Fede Alvarez dan menampilkan Cailee Spaeney sebagai bintang utamanya. Kemungkinan besar film ini akan menampilkan karakter yang sama sekali baru, dan tidak menampilkan pemeran lama.

5 Hasbro

Cinematic universe non superhero berikutnya adalah Hasbro. Buat kalian yang belum tahu, Hasbro adalah perusahaan mainan yang memiliki beberapa properti terkenal seperti Transformers, G.I. Joe, My Little Pony, Power Rangers, dan banyak lagi. Setelah sukses dengan berbagai mainannya, Hasbro kemudian memperluas ekpansinya dengan membuat sebuah cinematic universe. Mereka kemudian bekerja sama dengan Paramount untuk membuatnya. Sebenarnya Paramount sudah mulai mengembangkan cinematic universe Hasbro sejak lama. Sayangnya sinematik universe ini tidak berjalan mulus. Contohnya ketika mereka mencoba membawa G.I. Joe, Battleship, dan Transformers.

Untuk Transformers dan G.I. Joe, kedua franchise tersebut saat ini sedang direboot. Dan menariknya, akan ada crossover besar yang terjadi antara Transformers dan G.I. Joe dalam waktu dekat. Film Transformers: Rise of the Beasts yang rilis beberapa waktu lalu mengkonfirmasi bahwa Transformers dan G.I. Joe akan melakukan crossover. Dalam ending film tersebut, Noah direkrut untuk bergabung dengan agen G.I. Joe. Mereka bertugas untuk melindungi Bumi dari ancaman besar. Kita pun diperlihatkan secara singkat dengan markas G.I. Joe yang megah.

Beberapa waktu lalu, produser Lorenzo di Bonaventura mengkonfirmasi bahwa crossover besar itu akan terjadi tahun 2025, atau paling lambat di 2026. Itu berarti cinematic universe ini akan terus meluas, dan belum akan berhenti dalam waktu dekat. Sejauh ini, hanya satu film sekuel saja yang dikonfirmasi akan dibuat, dan belum diketahui arah selanjutnya.

6 Rocky

Sesuai judul, cinematic universe Rocky berfokus pada perjalanan karakter utama Rocky Balboa dalam dunia tinju. Semesta ini diciptakan oleh sang aktor sekaligus penulis naskahnya yaitu Sylvester Stallone. Di sini kita disuguhkan dengan cerita saat Rocky Balboa berjuang untuk menjadi petinju hebat. Selain itu, ada masalah pelik dari kehidupan pribadinya yang juga menjadi highlight. Pada tahun 1976, film pertama Rocky dirilis. Karena sukses besar, filmnya kemudian berlanjut dengan beberapa sekuel seperti Rocky II (1979), Rocky III (1982), dan masih banyak lagi.

Bahkan sekuelnya masih terus berlanjut hingga sekarang lewat Creed. Nah jika Rocky berfokus kepada sang karakter Rocky Balboa, lain halnya dengan Creed, di mana film ini justru berfokus pada murid Rocky bernama Adonis, yang juga merupakan anak dari Apollo. Sejak itulah cinematic universe Rocky mulai beralih kepada sosok Adonis, karena dialah yang menjadi penerus Rocky. Film terbaru Creed baru rilis beberapa waktu lalu, dan film tersebut masih sangat sukses, sehingga ada rencana untuk melanjutkan film keempat Creed atau film kesepuluh dari cinematic universe Rocky.

Sayangnya nih Geeks, Sylvester Stallone tidak lagi terlibat dalam film-film berikutnya. Film Creed 3 pun tidak menampilkan Rocky yang Stallone perankan. Stallone mengatakan bahwa dia hengkang dari semesta Rocky karena menganggap karakter Rocky sudah tidak mempunyai bagian lagi. Itulah mengapa semesta ini akan mengambil arah berbeda dari film-film sebelumnya.

7 Conjuring

Geeks masih ingat dengan film The Conjuring yang rilis di tahun 2013? Film tersebut ternyata adalah film pembuka dari Conjuring universe. Nah yang membuat universe atau semesta ini menarik adalah fakta bahwa ini diadaptasi dari kisah nyata dan kasus-kasus horor yang benar terjadi. Universe ini sebenarnya berfokus pada pasangan paranormal bernama Ed dan Lorraine Warren, yang biasanya dipanggil untuk memecahkan kasus misterius. Film The Conjuring pertama juga mengisahkan tentang Ed dan Lorraine Warren saat mereka menyelidiki rumah berhantu di Rhode Island.

Kemudian dalam The Conjuring 2, Ed dan Lorraine Warren harus memecahkan kasus poltergeist di Inggris. Dan untuk The Conjuring 3, keduanya harus memecahkan kasus tentang seorang pembunuh yang mengaku bahwa dia membunuh karena kerasukan iblis. Sejauh ini, baru ada 3 film utama Conjuring. Tetapi universe ini juga memiliki beberapa spinoff yang masih berkaitan dengan Conjuring yaitu Annabelle, The Nun dan The Curse of La Llorona. Untuk Annabelle, bahkan sudah menelurkan 3 film, mulai dari Annabelle pertama (2014), Annabelle: Creation (2017), dan Annabelle Comes Home (2019).

Dalam universe ini, ada beberapa sosok mengerikan yang diperkenalkan, dari mulai Annabelle sebuah boneka yang dirasuki iblis jahat, hingga Valak iblis berwujud biarawati yang memiliki wujud sangat mengerikan. Para iblis-iblis tersebut sangat ikonik dan sering menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Itulah dia Geeks beberapa cinematic universe non superhero yang sebenarnya eksis. Buat kalian yang jenuh dengan dunia superhero, rasanya cinematic universe ini sangat cocok untuk kalian. Di antara sinematik universe di atas, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version