Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Film Besar Tahun 2023 yang Gagal Total!

7 Film Besar Tahun 2023 yang Gagal Total!

Tahun 2023 masih belum akan berakhir. Tetapi sudah banyak film-film di tahun ini yang mengalami kegagalan besar, baik kegagalan dari segi ulasan atau finansial. Sebenarnya film-film di bawah ini memiliki cerita yang potensial. Apalagi ditambah dengan deretan pemeran papan atas, dan sutradara handal yang didapuk untuk mengarahkan filmnya. Meksi begitu, itu saja belum cukup untuk membuat filmnya sukses besar. Lantas apa saja film besar di tahun 2023 yang dianggap gagal total? Simak berikut ini Geeks!

7 Renfield

Renfield bukanlah film original, melainkan film adaptasi novel horor klasik berjudul Dracula. Tetapi dalam film ini, Renfield yang merupakan pelayanan Dracula menjadi karakter utama. Filmnya membintangi dua nama besar yaitu Nicolas Cage dan Nicholas Hoult. Sayangnya, dua nama besar itu belum cukup membawa Renfield sukses di box office. Renfield justru kesulitan bersaing dengan film The Super Mario Bros pada awal tahun lalu. Apalagi setelah filmnya mendapat ulasan yang beragam, yang membuat penonton enggan menontonnya di bioskop. Padahal dibutuhkan anggaran sekitar $85 juta lebih untuk membuatnya, dan filmnya hanya mampu mendapatkan $25 juta.

6 Shazam: Fury of the Gods

Shazam: Fury of the Gods menjadi sekuel langsung dari film Shazam pertama yang rilis tahun 2019. Filmnya kembali menampilkan Zachary Levy dan Asher Angel, sebagai pemeran Billy dan Shazam. Kita disuguhkan dengan petualangan Shazam yang harus melindungi Bumi dari amarah para dewi Yunani, Daughters of Atlas. Awalnya film Shazam: Fury of the Gods diprediksi menjadi film yang menguntungkan bagi Warner Bros dan DC Studios. Sayangnya hasil akhir berkata lain. Filmnya gagal bersinar karena hanya menghasilkan $132 juta di box office. Padahal anggaran pembuatan filmnya mencapai $125 juta, dan itu belum termasuk biaya promosi yang sangat mahal.

5 65

65 menceritakan tentang seorang astronot yang mengalami kecelakaan dan terdampar di planet misterius. Bersama Koa (satu-satunya penumpang selamat), keduanya berusaha bertahan hidup di tempat tersebut dan menyadari bahwa mereka tidak sendiri. 65 Gagal menarik perhatian meski membintangi Adam Driver. Film yang rilis pada Maret 2023 ini hanya menghasilkan $60 juta saja, padahal filmnya menghabiskan anggaran $45 juta (belum termasuk biaya promosi). Meski memiliki premis yang menarik dan unik, dan membawa nama besar sang bintang, itu belum cukup membawa 65 bersinar di box office.

4 The Flash

Mungkin inilah film yang paling bernasib “apes” di tahun 2023 ini. The Flash memang sudah sangat ditunggu-tunggu. Apalagi filmnya digadang-gadang menjadi reboot dari DCU. Tetapi filmnya sangat kontroversial, karena berbagai masalah yang dihadapi saat pembuatannya, termasuk masalah hukum yang dihadapi sang bintang yaitu Ezra Miller. Warner Bros sendiri sudah menggelontorkan dana masif sebesar $200 juta untuk produksinya, sementara $65 juta untuk promosinya. Sayangnya, The Flash hanya mendapatkan pendapatan $268 juta. Jika dihitung-hitung, Warner Bros harus mendapatkan minimal $400 juta, agar film ini dianggap sukses.

3 Big George Foreman

Big George Foreman menjadi film besar sejauh ini di tahun 2023 yang mengalami kegagalan terbesar. Buat Geeks yang belum tahu, Big George Foreman adalah film biopik yang menceritakan tentang mantan petinju kelas berat, George Foreman yang harus mengalami pasang surut ketika menekuni kariernya. Dalam film tersebut George Foreman diperankan oleh Khris Davis. Film ini dibuat dengan anggaran $32 juta dan hanya menghasilkan $5,7 juta saja di box office. Sebuah angka yang sangat kecil di tahun 2023 ini. Film ini mungkin menjadi film besar dengan pendapatan paling rendah.

2 Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves

Meskipun filmnya mendapat ulasan yang positif, tetapi itu belum cukup menyelamatkan Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves dari jurang kegagalan. Filmnya hanya mendapatkan total $208 juta dari anggaran $150 juta. Yang Geeks harus ingat bahwa sebuah film dikatakan sukses atau berhasil jika mendapatkan keuntungan 2 atau 3 kali lipat dari total budget yang digelontorkan. Film ini seharusnya mampu menarik lebih banyak penonton, tetapi mungkin karena terlalu “niche”, film ini hanya disaksikan oleh mereka yang memainkan game boardnya. Dan nama-nama besar yang terlibat dalam film ini pun gagal membuat filmnya sukses.

1 The Covenant

Kalian penggemar film perang tentunya wajib menyaksikan film satu ini, The Covenant. Film yang disutradarai oleh Guy Ritchie ini dibintangi oleh Jake Gyllenhaal. Filmnya menceritakan tentang John Kinley yang bertugas di Afganistan untuk mengusir Taliban. Misi menjadi semakin pelik ketika Kinley dan timnya disergap Taliban. Film ini hanya menghasilkan $20 juta di box office, dengan anggaran $55 juta. Padahal film ini mendapat ulasan yang cukup positif, ditambah dengan cerita yang terasa solid dan cukup emosional. Tetapi itu semua belum cukup membawa filmnya sukses.

Itulah dia Geeks beberapa film besar di tahun 2023 yang gagal total. Pada akhirnya, pihak studio harus menanggung kerugian yang cukup besar untuk film-film tersebut. Di antara film-film itu, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version