Home COMIC COMIC FEATURES 7 Versi The Punisher Terkuat di Marvel Universe!

7 Versi The Punisher Terkuat di Marvel Universe!

The Punisher merupakan salah satu karakter populer di Marvel Universe, namun ada beberapa versi lain yang dianggap terkuat. Meskipun tidak memiliki kekuatan super, The Punisher merupakan karakter yang sangat diperhitungkan oleh para superhero lainnya. Hal ini berkat kemampuan militer dan kecerdasan lainnya yang dia miliki untuk menghadapi berbagai villain. Dalam cerita Marvel Comics ada beberapa versi lain yang dianggap terkuat dari sosok The Punisher. Siapa saja?

7 War Machine

Geeks mungkin selama ini mengetahui jika sosok yang berada dalam armor War Machine adalah James Rhodes alias Rhodey. Tony Stark yang membuatkan armor tersebut untuk Rhodey, di mana kemudian dia menggunakan nama War Machine. Namun, selain Rhodey sebenarnya ada juga sosok lainnya yang pernah menggunakan armor War Machine ini yang tidak lain adalah Frank Castle.

Dalam sejarah panjang Frank menghadapi para kriminal, dia sudah banyak menggunakan berbagai senjata yang unik dan juga dahsyat. Lagipula, bagi Frank, semakin besar senjata yang dia miliki semakin mudah misinya. Frank kemudian memiliki kesempatan untuk menggunakan armor War Machine ketika Nick Fury meminta bantuannya untuk menghentikan sosok jendral yang gila.

Membuat Frank menjadi sosok di balik armor War Machine membuat dia benar-benar menjadi sosok yang tidak terkalahkan. Bahkan, pada misinya selesai pun Frank kemudian tetap menggunakan dan menyimpan armor tersebut. Dia menggunakannya untuk menghadapi berbagai kriminal yang ada di kota New York. Akibat hal ini, Frank bahkan hampir menghadirkan sebuah insiden internasional di mana para superhero yang mengincar nyawanya.

6 The Punisher 2099

Alur cerita masa depan, tepatnya di tahun 2099, menjadi setting waktu dan cerita yang menarik bagi para karakter Marvel. Meskipun begitu, dunia di tahun tersebut jauh lebih kelam karena sebuah perusahaan besar, Alchemax, menjadi satu-satunya perusahaan yang menjalankan roda kehidupan di lapisan masyarakat. Ada berbagai karakter unik dan populer yang berasal dari tahun 2099, seperti Spider-Man 2099 atau Punisher 2099.

Seperti halnya Spider-Man 2099 yang mana bukan sosok Peter Parker melainkan Miguel O’Hara, Punisher 2099 pun bukan Frank Castle melainkan Jake Gallows. Jake mengalami nasib dan cerita yang sama seperti Frank, di mana keluarganay dihabisi oleh para kriminal. Jake kemudian menemukan War Journal of the Punisher dan memutuskan untuk melanjutkan apa yang dilakukan oleh Punisher yang lama.

Jake kemudian memburu para kriminal tersebut, namun dia bukan hanya sekedar menembak para kriminal itu. Jake kemudian melemparnya ke sebuah penjaranya sendiri dan di sana barulah dia menghancurkan para kriminal tersebut lebih jauh. Persenjataan yang Jake gunakan untuk memburu para kriminal ini jauh lebih dahsyat dan modern dari Punisher sebelumnya.

5 Franken-Castle

Bagaimana jika Frank Castle dihadirkan mirip seperti sosok monster Frankenstein? Hal inilah yang coba dihadirkan oleh Rick Remender terhadap sosok The punisher. Dalam komik Dark Reigh – The List – Punisher #1, diperlihatkan bagaimana Frank Castle bertarung menghadapi anak dari Wolverine, Daken, di sebuah saluran pembuangan air bawah tanah di Kota New york.

Meskipun dalam pertarungan itu Frank Castle berhasil mendominasi Daken, dia pada akhirnya harus kalah dengan warisan dari Wolverine di tubuh Daken yaitu healing factor yang luar biasa. Di akhir pertarungan, Dake kemudian memotong kedua lengan Frank Castle dan bahkan menghabisi nyawanya. Tetapi, petualangan dari sosok Frank Castle ternyata tidak berhenti sampai di situ.

Morbius dan para Legion of Monsters kemudian mengambil tubuh dar Frank Castle serta menyatukannya kembali. Hal ini pun menjadikan Frank mirip seperti monster Frankenstein. Diberi nama Franken-Castle, dia kemudian berusaha untuk mencari Daken dan membalas dendam atas apa yang dia lakukan. Logan pun pada akhirnya harus terlibat dalam pertarungan antara Daken dan Punisher.

4 Avenging Angel

Menghadirkan kombinasi kekuatan sihir dengan para karakter lain sering dihadirkan oleh Marvel Comics. Contohnya adalah ketika Captain America memiliki kekuatan magis milik Doctor Strange menjadikan dia sebagai salah satu versi Captain America terkuat. Dan hal ini juga pernah terjadi kepada Frank Castle di tahun 1998. Saat itu, Marvel berusaha untuk menghadirkan sesuatu yang baru untuk The Punisher.

Christopher Golden dan Thomas E. Sniegoski kemudian menghadirkan sebuah ide di mana mereka akan memasukan unsur supranatural dalam ceritanya. Dalam miniseries The Punisher: Purgatory dan Wolverine/The Punisher: Revelation, diperlihatkan bagaimana Frank Castle memutuskan untuk mengakhiri nyawanya sendiri setelah dia kehilangan keluarganya akibat para kriminal.

Namun, setelah kematiannya Frank Castle justru dibangkitkan kembali oleh seorang malaikat penjaga. Malaikat penjaga tersebut merupakan malaikat yang memang seharusnya menjaga keluarga dari Frank Castle dan mencegah hal mengerikan terjadi. Namun, tugasnya gagal. Dengan memiliki kekuatan supranatural, Frank Castle menjadi sosok utusan dari surga yang mendapatkan tugas untuk memburu para iblis. Sayangnya, banyak fans yang membenci versi Frank Castle ini.

3 Cosmic Ghost Rider

Selain kekuatan supranatural, Marvel Comics juga pernah menghadirkan karakter The Punisher yang memiliki kekuatan gabungan yang dahsyat, yaitu kekuatan Ghost Rider dan kekuatan kosmik. Pertama kali diperkenalkan dalam alur cerita Thanos Wins, cerita masa lalu dari Cosmic Ghost Rider bisa dibilang sangat aneh dan juga tragis. Dalam sebuah alternatif masa depan, bumi diperlihatkan hancur akibat Thanos.

Semua orang yang ada di bumi, termasuk Frank dan keluarganya, harus tewas akibat ulah Thanos. Yang menarik adalah jiwa dari Frank kemudian masuk ke neraka. Di sana, jiwa dari Frank Castle menjalin kesepakatan dengan Mephisto dan dia pun kemudian menjadi Ghost Rider baru untuk menghabisi Thanos. Ketika dia kembali, ternyata Thanos sudah tidak ada.

Frank kemudian berpetualang sendiri dalam waktu lama yang membuatnya menjadi gila. Galactus kemudian datang ke bumi untuk meminta bantuan menghadapi Thanos yang sudah semakin kuat. Karena tidak ada sosok lainnya, akhirnya Galactus memberikan Ghost Rider Frank kekuatan kosmik yang kemudian merubahnya menjadi salah satu versi Ghost Rider terkuat, yaitu Cosmic Ghost Rider. Yang membuat karakter ini jadi salah satu versi terkuat adalah bagaimana Frank memiliki immortalitas dari Ghost Rider dan kekuatan kosmik dari Galactus.

2 Wolverine

Yang perlu jadi catatan adalah salah satu versi terkuat dari The Punisher ini bukanlah Frank Castle, melainkan Logan. Hal ini terjadi dalam komik What If…? Featuring Wolverine yang rilis pada 2005. Dalam komik tersebut diceritakan jika Logan di tahun 1920, puluhan tahun sebelum dia terlibat dalam program Weapon X, merupakan seorang pria biasa yang cinta dengan keluarganya.

Dia kemudian bekerja di sebuah bar yang membantu para penyelundup minuman keras untuk bisa menyelundupkan minuman tersebut ke Amerika dari Kanada. Suatu hari, bar tersebut diserang oleh oleh salah satu penyelundup bernama Scarface. Semua yang ada di sana pun tewas, termasuk keluarganya. Akibat dari hal ini, Logan marah besar dan berusaha membalas dendam kematian keluarganya.

Logan kemudian pergi ke Chicago dengan menggunakan berbagai benda peninggalan yang ada di bar dan milik keluarganya. Di pakaian yang dia kenakan terdapat logo tengkorak yang jadi ciri khas dari The Punisher. Selain menghancurkan Scarface, Logan bahkan bekerja sama dengan penjahat di kota tersebut, Matteo DiPriggia, untuk merubah kota Chicago dengan menggunakan senjata dan kekerasan.

1 Frank Castle

Dari semua versi alternatif The Punisher yang terkuat, Frank Castle yang berasal dari komik one-shot The Punisher Kills the Marvel Universe adalah juaranya. Dari judulnya sendiri sudah bisa tergambarkan seberapa dahsyat dan mengerikan serta kuatnya sosok Frank Castle alias The Punisher. Dalam cerita ini diperlihatkan Frank kembali harus kehilangan seluruh keluarganya.

Namun, yang menyebabkan mereka semua tewas bukanlah serangan para penjahat melainkan para superhero. Para superhero tersebut sedang bertarung menghadapi villain yang mana keluarga Castle yang kemudian jadi korban tidak terduga. Akibat dari hal ini, Frank Castle kemudian berusaha membalas dendam dan menghabisi seluruh superhero di Marvel Universe. Bahkan, dia mencuri semua kekuatan super mereka.

Tidak peduli Captain America, Spider-Man, atau bahkan Hulk, semuanya berhasil dihabisi nyawanya oleh Frank Castle. Bahkan, Wolverine sempat dihabisi beberapa kali oleh Frank. Tidak ada satu karakter pun yang selamat dari momen pembantaian Frank Castle terhadap seluruh pahlawan dan villain di Marvel Universe. Alur cerita ini bahkan yang menginspirasi Marvel Comics untuk menghadirkan kisah serupa dengan karakter yang berbeda, yaitu Deadpool Kills the Marvel Universe.

Para versi terkuat dari The Punisher ini membuktikan bahwa Frank Castle memang adalah sosok yang gila, mengerikan, dan benar-benar tidak bisa diremehkan meskipun tidak memiliki kekuatan super. Frank Castle bisa bertindak sangat mengerikan dan nekat yang berakibat bukan hanya kehancuran satu kota, bahkan bisa berakibat satu alam semesta.

Exit mobile version