Home HOBBIES HOBBIES FEATURES 10 Marvel Legends Termahal Saat Ini!

10 Marvel Legends Termahal Saat Ini!

Penggemar setia Marvel Universe umumnya selalu memiliki hasrat yang mendalam untuk mengoleksi barang-barang yang berkaitan dengan dunia superhero tersebut. Salah satu jenis koleksi yang sangat umum dan populer di kalangan penggemar adalah action figure dari Marvel Legends. Action figure ini pada dasarnya menampilkan karakter-karakter ikonis Marvel dengan detail yang luar biasa. Namun, terlepas dari model dan harga normalnya yang bervariasi, beberapa di antaranya justru telah mencapai harga yang sangat tinggi di pasar kolektor karena beberapa alasan. Dalam artikel ini, kita akan membahas sepuluh action figure Marvel Legends termahal yang saat ini ada di pasaran!

10 Thor Hammer

Marvel Legends termahal pertama ada Thor Hammer yang diluncurkan secara eksklusif dalam acara San Diego Comic-Con pada tahun 2011 silam. Berdasarkan data terbaru yang dihimpun oleh Action Figure 411, harga tertinggi untuk action figure yang satu ini bisa mencapai 146 dolar Amerika atau sekitar 2,2 juta rupiah di kalangan kolektor. Action figure ini pada dasarnya menampilkan sang God of Thunder 6 inch dengan kostum Heroic Age di Marvel Universe, di mana dia memegang palu kosmik Mjolnir andalannya. Namun yang membuat Marvel Legends Thor Hammer ini unik adalah kemasan spesialnya yang berbentuk palu Mjolnir.

9 Spider-Man Gamerverse

Masih dari data terbaru Action Figure 411, lebih mahal sedikit dari Thor Hammer ada Marvel Legends Spider-Man Gamerverse yang harga tertingginya mencapai 150 dolar Amerika atau sekitar 2,3 juta rupiah. Salah satu action figure Spider-Man termahal ini punya ukuran umum seperti Marvel Legends pada umumnya, yaitu 6 inch atau sekitar 15 centimeter. Bedanya dari Marvel Legends Spidey lainnya, action figure yang rilis perdana pada tahun 2018 ini lebih berfokus pada Peter Parker dalam balutan kostum manusia laba-laba versi video game dengan artikulasi yang terbilang cukup baik.

8 Luke Cage Silver Shirt Variant

Luke Cage adalah karakter Marvel yang terkenal mempunyai anggota tubuh yang sangat keras sehingga sulit tertembus oleh serangan apa pun termasuk peluru dari senjata api. Kekerasan tubuhnya ini ternyata selaras dengan kerasnya penjualan Marvel Legends Luke Cage Silver Shirt yang saat ini masuk dalam kategori termahal. Harga tertinggi dari action figure yang rilis perdana tahun 2006 ini pernah mencapai 200 dolar Amerika atau sekitar 3 juta rupiah, padahal ukurannya hanya 6 inch saja. Alasan mengapa action figure-nya mahal adalah karena Marvel Legends hanya meluncurkan Luke Cage yang mengenakan kaos perak dan punya 34 artikulasi ini dalam jumlah yang sangat terbatas.

7 Spider-Man 2099 A.D.

Satu lagi action figure Spider-Man yang termasuk Marvel Legends termahal saat ini adalah Spider-Man 2099 A.D. Di komiknya Spider-man 2099, atau yang biasanya kita kenal juga sebagai Miguel O’Hara, pada dasarnya adalah Spidey dari masa depan yang punya kostum dan kekuatan unik. Nah action figure yang rilis pada tahun 2001 ini berusaha menampilkan keunggulan Spider-Man 2099 versi komik lengkap dengan sayap jaringnya. Jika kalian tertarik dengan Marvel Legends langka ini siap-siap untuk merogoh kocek lebih dari 7,6 juta rupiah, karena terakhir kali action figure Spider-Man 2099 A.D. ukuran 6 inch ini terjual bisa mencapai 500 dolar Amerika di kalangan kolektor.

6 Fin Fang Foom

Ada banyak alasan mengapa saat ini Marvel Legends Fin Fang Foom masuk dalam kategori termahal. Fin Fang Foom adalah naga dari Marvel Universe yang punya desain unik dengan leher yang panjang. Hal inilah yang berusaha disematkan kepada Fin Fang Foom build a figure yang hanya kita bisa didapatkan jika membeli satu set Hulk 1 BAF atau membelinya secara terpisah. Ditambah lagi action figure yang rilis perdana tahun 2008 ini punya ukuran yang lebih tinggi, yaitu 15 inch atau sekitar 38 inch. Dengan semua keunggulan tersebut harga tertinggi Marvel Legends Fin Fang Foom tercatat pernah mencapati 500 dolar Amerika atau sekitar 7,6 rupiah.

5 Dragon Man

Dragon Man adalah salah satu musuh tangguh Fantastic Four yang sejatinya adalah android berbentuk naga yang dihidupkan dengan ilmu sihir. keunikan karakternya ini telah Marvel ceritakan sejak tahun 1965, dan sekarang Dragon Man menjadi salah satu Marvel Legends termahal yang harganya bisa dibilang tidak masuk akal. Untuk versi yang masih tersimpan rapi dalam kemasannya lengkap dengan sawap dan ekornya, Marvel Legends Dragon Man ini pernah terjual di pelelangan hingga 850 dolar Amerika atau sekitar 13 juta rupiah, harga yang sangat tinggi untuk action figure setinggi 8 inch atau sekitar 20 centimeter.

4 Galactus

Pada tahun 2021, Marvel Legends berhasil mengejutkan penggemar dengan action figure terbesarnya yang juga masuk dalam kategori termahal, yaitu Galactus yang tingginya mencapai 32 inch atau sekitar 81 centimeter. Di komiknya sendiri Galactus memang terkenal sebagai karakter masif yang hobinya memakan planet, sehingga tidak aneh jika action figure-nya juga lebih tinggi dari Marvel Legends pada umumnya. Selain ukurannya yang besar, Marvel Legends Galactus ini juga dilengkapi dengan lebih dari 70 artikulasi serta dua LED yang bisa menyala pada bagian kepala serta dadanya. Jika beruntung, harga rata-ratanya bisa mencapai 550 dolar Amerika, sedangkan untuk harga tertingginya pernah ada yang menjual hingga 1.000 dolar atau sekitar 15 juta rupiah.

3 X-Men: Sentinel

Sama seperti Galactus, Marvel Legends Sentinel dari Hashlab ini punya ukuran yang lebih besar dari action figure pada umumnya. Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, perbandingan antara Sentinel dengan Marvel Legends biasa terbilang sangat jomplang. Tinggi dari action figure yang rilis tahun 2020 ini mencapai 26 inch atau sekitar 60 centimeter. Secara ukuran memang tidak lebih besar dari Galactus, tetapi harga action figure pembasmi mutan Marvel ini jauh lebih tinggi. Harga pasarannya saat ini rata-rata sekitar 900 dolar Amerika, tetapi harga termahal Marvel Legends Sentinel di pelelangan pernah mencapai 2.000 dolar atau sekitar 30 juta rupiah.

2 Psylocke Crimson Dawn Variant

Mulai dari titik ini makin nggak masuk akal lagi, karena harga Marvel Legends Psylocke Crimson Dawn pernah dilaporkan mencapai harga termahal sekitar 2.500 dolar Amerika atau sekitar 38 juta rupiah di kalangan kolektor. Salah satu penyebabnya murni karena kelangkaan action figure-nya yang memang hanya dirilis pada tahun 2006. Versi utuh Marvel Legends Psylocke Crimson Dawn ukuran 6 inch ini dilengkapi dengan diorama serta komik Marvel 32 halaman, ditambah dua bagian Build Your Own alias build a figure supervillain Mojo.

1 Wasp Blue Variant

Terakhir, untuk predikat Marvel Legends termahal sepanjang sejarah jatuh kepada Wasp Blue variant ukuran 6 inch. Action figure yang punya 26 artikulasi ini terasa spesial karena alih-alih mengenakan kostum merahnya, sang superheroin mjustru mengenakan kostum berwarna biru yang sangat langka. Versi Marvel Legends Wasp Blue Variant yang masih lengkap dengan komik Marvel dan build a figure MODOK, bisa terjual di pelelangan hingga 3.500 dolar Amerika atau sekitar 53 juta rupiah. Nilai yang sangat fantastic dan cenderung gila bagi orang awam ini diprediksi akan terus naik seiring dengan berjalannya waktu, karena Marvel Legends tidak pernah merilisnya lagi sejak 2006.

Itulah sepuluh Marvel Legends termahal saat ini. Penting untuk diingat bahwa harga dari semua action figure ini dapat sangat bervariasi di pasaran, tergantung kondisi, kelangkaan, dan bahkan permintaan pasarnya sendiri. Koleksi action figure Marvel Legends yang termahal ini hanyalah contoh dari beragam pilihan yang tersedia saat ini bagi para penggemar dan kolektor. Jika kalian tertarik untuk memulai koleksi action figure favorit, pastikan pilihan kalian harganya bisa terus naik pada masa yang akan datang. Karena itulah seni dari mengoleksi action figure yang sudah menjadi pop culture dunia.

Exit mobile version