Kolom SBS sering kali menghadirkan berbagai informasi penting dan menarik yang muncul dalam cerita One Piece. Alur cerita dalam series One Piece merupakan salah satu yang terbesar dalam industri anime dan manga. Karena hal ini juga Eiichiro Oda sering kali melewatkan atau tidak menghadirkan informasi tentang karakter atau sesuatu dalam sebuah cerita.

Informasi yang terlewatkan tersebut sering kali muncul dalam sebuah kolom khusus bernama SBS (Shitsumon o Boshū Suru) atau ‘Silahkan Bertanya Sepuasnya.’ Selain informasi terkait cerita, tidak jarang Oda juga menjawab pertanyaan lucu, aneh, dan menarik dari para fans. Lalu, apa saja berbagai informasi penting yang pernah Oda hadirkan di kolom SBS di manga One Piece?

Ketertarikan Luffy Terhadap Wanita

Dalam cerita One Piece ditegaskan oleh Oda Sensei bahwa tidak ada drama percintaan, karena seriesnya ditujukan untuk laki-laki dan mengangkat tema petualangan. Inilah yang kemudian membuat Luffy sangat jarang – bahkan tidak pernah – diperlihatkan senang terhadap sosok wanita. Atau sangat jarang diperlihatkan Luffy merasa bahagia ketika ada wanita di sekitarnya. Hal ini berbanding terbalik dengan sosok Sanji.

Bahkan, ketika Boa Hancock memperlihatkan tubuhnya nampak Luffy sama sekali tidak memperdulikan hal tersebut. Dalam kolom SBS manga One Piece Volume 54, Oda Sensei menjelaskan jika Luffy bukannya tidak tertarik terhadap wanita. Dia hanya kurang senang dengan para wanita. Namun, yang unik adalah hal berbeda akan diperlihatkan Luffy ketika dia bersama Usopp. Inilah alasan mengapa Usopp dan Luffy nampak mimisan ketika mereka mengintip Nami.

Absalom Bekerja Untuk Morgan

Absalom merupakan salah satu anak buah kepercayaan dari Gecko Moria. Karakternya pertama kali diperkenalkan di arc Thriller Bark. Salah satu kekuatan dari Absalom adalah kekuatan buah iblis Suke Suke no Mi yang membuatnya bisa tidak terlihat. Dengan kekuatan ini, Absalom bisa melancarkan serangan kejutan atau menyusup. Namun, kekuatan ini juga terbukti bisa berguna bagi hal lain.

Dalam SBS Volume 71, terungkap jika Absalom bekerja juga sebagai salah satu penulis di koran milik Morgan yaitu World Economic Journal. Dengan menggunakan kekuatan buah iblisnya, Absalom bisa mendapatkan gambar terbaik dan mengetahui berbagai informasi penting dan rahasia. Contohnya adalah ketika dia menghadirkan berita tentang Marineford. Sayangnya, Absalom diduga sudah tewas setelah dihabisi Catarina Devon dan buah iblisnya jadi milik Shiryu.

Alasan Luffy Tidak Menghabisi Musuh

Tidak menghabisi karakter villain dalam cerita merupakan sebuah formula yang umum dihadirkan dalam berbagai judul series shonen, meskipun dalam cerita modern hal ini mulai berubah seperti yang dihadirkan dalam series Chainsaw Man, Attack on Titan, bahkan Jujutsu Kaisen. One Piece merupakan salah satu series yang masih mempertahankan formula cerita itu.

sbs one piece

Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa Luffy tidak pernah menghabisi semua lawannya, meskipun dia sangat kuat dan memiliki kesempatan untuk melakukan hal itu. Dalam kolom SBS Volume 4 Oda mengungkapkan dengan berhasil mengalahkan musuhnya, artinya Luffy sudah menghancurkan mimpi karakter tersebut. Dan mengingat dalam cerita One Piece para karakter rela mengorbankan nyawa untuk mewujudkan mimpi mereka, maka kalah jauh lebih buruk dari mati.

Jumlah Anggota Kru Roger dan Shanks

Dalam cerita One Piece, Gol D Roger dikenal sebagai sosok bajak laut yang sangat luar biasa. Dia adalah raja bajak laut dan sosok yang berhasil pergi Laugh Tale dan menemukan One Piece yang sudah tersembunyi selama 800 tahun. Meskipun diketahui sebagai sosok legendaris, Oda Sensei sangat jarang menghadirkan informasi mengenai sosok Gol D Roger.

sbs one piece

Kelompok Roger diketahui sudah bubar setelah misi mereka menuju Laugh Tale berhasil. Dalam berbagai momen, Oda memperlihatkan Roger bersama dengan para krunya. Namun, nama dari para kru tersebut tidak pernah diketahui. Baru beberapa nama yang sudah diketahui, yaitu Silvers Rayleigh, Shanks, Buggy, Crocus, serta Kozuki Oden. Karena para fans penasaran dengan nama dari para kru Roger, akhirnya Oda mengungkapkan informasi lebih lanjut di kolom SBS Volume 96.

Berkaitan dengan kru Roger, Oda Sensei juga menghadirkan informasi tentang para kru dari kelompok bajak laut Rambut Merah yang dipimpin oleh Shanks. Setelah mengetahu beberapa nama – seperti Lucky Roux, Yasopp, dan Benn Beckman – akhirnya para fans tahu jumlah kru Shanks dan nama-namanya dalam kolom SBS di Volume 101. Oda bahkan menyebutkan jika Shanks memiliki armada di kolom SBS ini.

Asal-Usul Kelompok Kid dan Law

Trafalgar Law dan Eustass Kid merupakan dua bajak laut yang menjadi bagian dari Worst Generation dan sama-sama diperkenalkan di arc Sabaody. Yang menarik adalah kedua bajak laut ini kemudian memiliki peranan penting dalam cerita One Piece selanjutnya. Contohnya bagaimana mereka terlibat dalam kekalahan Big Mom yang membuat nilai buruan kedua bajak laut tersebut bertambah.

Eiichiro Oda pernah menghadirkan sejarah singkat mengenai terbentuknya kedua kelompok bajak laut tersebut. Contohnya, dalam kolom SBS Volume 102 Oda Sensei diperlihatkan memberikan informasi mengenai asal-usul nama kapal dari Kid dan bagaimana kelompok bajak lautnya bisa terbentuk. Ternyata, Kid dan Killer merupakan teman masa kecil yang kemudian jatuh cinta pada satu wanita yang sama yang kemudian namanya dijadikan nama kapal mereka.

Kita juga mendapatkan informasi mengenai awal mula kelompok Heart Pirates terbentuk. Hal ini terungkap dalam kolom SBS Volume 84. Dalam kolom SBS tersebut, Oda Sensei menjelaskan jika Law bertemu dengan tiga orang pertama di kelompoknya yaitu Shachi, Penguin, dan Bepo. Setelah penjelasan singkat di kolom SBS, Oda Sensei kemudian melanjutkan informasinya di sebuah light novel khusus tentang Law.

Sumber Kekuatan Sanji

Sosok Sanji sempat menjadi teka-teki besar terutama dengan kekuatan dahsyat yang dia miliki. Namun, akhirnya, semua pertanyaan mengenai asal-usul Sanji dan kekuatannya sempat terjawab dalam arc Whole Cake Island. Meskipun begitu, para fans masih tetap penasaran terkait dengan perubahan Sanji terutama pada bagian alis seperti yang terjadi di akhir arc Wano.

sbs one piece

Oda Sensei kemudian memberikan jawaban atas hal tersebut dalam kolom SBS manga One Piece Volume 105. Oda menjelaskan jika perubahan ulir dari alis Sanji terjadi karena awakening dari kekuatan Sanji, yang berasal dari modifikasi genetik. Awakening ini terjadi setelah Sanji menggunakan Raid Suit buatan Germa 66. Oda juga menjelaskan jika alasan Sanji tahan terhadap panas adalah karena hal genetik ini.

Garis Keturunan Zoro

Informasi penting lainnya yang Oda hadirkan dalam kolom SBS adalah tentang garis keturunan Roronoa Zoro. Banyak fans yang berasumsi jika Zoro berasal dari sebuah keluarga samurai melihat dari kemampuan berpedangnya yang luar biasa. Dan ternyata spekulasi tersebut terbukti benar. Hal ini diketahui setelah Oda mengungkapkan garis keturunan dari keluarga Zoro di kolom SBS Volume 105.

sbs one piece

Ternyata, Zoro berasal dari keluarga yang juga ikut bersama Shimotsuki Kouzaburo keluar dari Wano dan pergi ke wilayah East Blue. Baik Kuina atau pun Zoro ternyata adalah keturunan dari samurai tersebut. Nenek dari Zoro, Shimotsuki Furiko, ternyata adalah adik perempuan dari Shimotsuki Ushimaru yang merupakan keturunan dari Shimotsuki Ryuma.

Informasi Tentang Haki

Haki merupakan salah satu kekuatan yang menarik yang bahkan sudah diperkenalkan sejak awal ceritanya dimulai. Contohnya adalah ketika Shanks menggunakan Conqueror’s Haki untuk menaklukan monster laut yang hendak memakannya. Para fans sendiri sempat penasaran dengan kekuatan tersebut, sebelum kemudian Oda mulai memperkenalkan tentang Haki.

sbs one piecesbs one piece

Namun, dalam kolom SBS Oda memperjelas informasi tentang Haki tersebut. Misalnya, dalam SBS Volume 62 dikonfirmasi oleh Oda jika Observation Haki dan Mantra adalah sama meskipun di berbagai wilayah ada sebutan yang berbeda. Kemudian, di SBS Volume 65 Oda pun sempat memberikan petunjuk seberapa dahsyat kekuatan Conqueror’s Haki milik Shanks yang kemudian dihadirkan lebih lanjut juga dalam cerita utamanya.

Informasi Vegapunk dan Buah Iblis

Buah iblis merupakan misteri besar yang muncul di kalangan fans bahkan sejak awal series One Piece dimulai. Para fans penasaran mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan buah iblis. Namun, Oda Sensei sempat memberikan petunjuk mengenai hal itu di kolom SBS Volume 48. Dalam kolom SBS tersebut diperlihatkan bagaimana Oda menyebutkan bahwa informasi mengenai buah iblis akan diungkap oleh sosok ilmuwan paling cerdas.

sbs one piece

Di arc Egghead, akhirnya teka-teki tersebut terjawab setelah lebih dari 20 tahun. Sosok ilmuwan yang memberikan informasi mengenai buah iblis ternyata adalah Vegapunk, ilmuwan paling cerdas di dunia One Piece. Vegapunk menjelaskan bahwa buah iblis merupakan hasil perwujudan dari hasrat besar manusia. Meskipun begitu, memang masih belum diketahui bagaimana kemudian buah iblis bisa terbentuk.

Jumlah Buah Iblis

Berkaitan dengan buah iblis Oda sempat memberikan informasi terkait dengan jumlah buah iblis yang ada dalam cerita One Piece. Hal ini terungkap dalam kolom SBS Volume 4. Salah seorang fans bertanya mengenai jumlah buah iblis yang ada di cerita One Piece dan apa saja jenisnya. Oda kemudian menjawab bahwa untuk jenisnya para pembaca harus terus mengikuti ceritanya.

Sedangkan, untuk jumlah buah iblis sendiri Oda mengaku bahwa kemungkinan ada 100 buah iblis yang ada di cerita One Piece. Sejauh ini, kurang lebih jumlah buah iblis dalam cerita One Piece adalah 200 buah iblis. Tetapi, untuk jumlah buah iblis yang muncul dalam cerita canon sendiri kurang lebih ada 144 buah iblis. Artinya, jumlah buah iblis yang sudah muncul melampaui perkiraan Oda.

Kolom SBS dalam manga One Piece sering kali menghadirkan informasi penting yang melengkapi atau mengonfirmasi apa yang sudah dihadirkan dalam ceritanya. Meskipun begitu, kolom SBS juga tidak jarang menghadirkan informasi baru yang tidak pernah ada atau belum dihadirkan dalam cerita utamanya. Dan beberapa poin di atas adalah contoh nyata dari hal tersebut.

Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.