Home COMIC COMIC FEATURES 5 Kekuatan Rahasia Spider-Man yang Jarang Muncul!

5 Kekuatan Rahasia Spider-Man yang Jarang Muncul!

Sejak melakukan debutnya pada tahun 1962, Spider-Man telah menjadi superhero Marvel yang mempunyai banyak sekali penggemar. Salah satu alasannya mungkin karena dia memiliki sejumlah kekuatan super yang muncul setelah laba-laba radioaktif menggigitnya. Di mana dia bisa merayap di dinding dan mengayun dengan jaring, layaknya manusia yang memiliki kekuatan laba-laba sungguhan. Namun tahukah kalian bahwa selain yang sering diceritakan Marvel, Spider-Man juga memiliki beberapa kekuatan rahasia yang jarang diketahui. Berikut ini lima kekuatan rahasia Spider-Man yang harus kalian tahu, Geeks!

1 Kebal Terhadap Radiasi

Sebagai penggemar setia Marvel kita semua pasti tahu bahwa semua kekuatan super yang dimiliki Spider-Man berasal dari laba-laba radioaktif yang mengigitnya. Namun, sejauh mana kalian tahu bahwa gigitan laba-laba tersebut justru malah memberikan sebuah kekuatan rahasia yang membuatnya lebih tangguh dari superhero Marvel pada umumnya. Hal tersebut bisa terjadi karena sejak perubahan tubuh yang dialaminya, sampai hari ini ternyata Spider-Man kebal terhadap berbagai macam radiasi.

Yang lebih menariknya lagi, Spider-Man pertama alias Peter Parker pernah memanfaatkan kekuatan rahasia ini untuk mengalahkan seupervillain sekuat Morlun. Tepatnya di komik The Amazing Spider-Man #30 di mana Spider-Man akhirnya sadar bahwa villain pemakan manusia laba-laba seperti Morlun sangatlah rentan terhadap radiasi. Dari sinilah muncul ide gila Spider-Man untuk memasukan radiasi sebanyak-banyaknya ke dalam tubuhnya. Sehingga ketika Morlun mengigitnya, sang villain justru merasa sangat kesakitan.

Kekebalannya terhadap radiasi juga berlaku untuk elemen berbahaya lainnya, seperti racun atau cairan kimia berbahaya. Jadi jika seorang villain Marvel mencoba meracuni makanan atau minumannya, kemungkinan besar Spider-Man tidak akan memperlihatkan gejala apalagi merasakan sakit akibat racun yang masuk ke dalam tubuhnya. Sebaliknya, jika mau Spider-Man bisa menggiring musuh-musuhnya ke lokasi yang dipenuhi radiasi tanpa perlu khawatir akan membahayakan dirinya.

2 Berbicara Dengan Laba-laba

Jika merujuk pada kemampuan superhero seperti Ant-Man dan Squirrel Girl yang bisa berbicara dengan spirit animal mereka, bukankah sudah menjadi suatu keharusan bagi Spider-Man untuk berbicara dengan laba-laba juga. Faktanya walaupun jarang diceritakan ternyata kemampuan untuk berbicara dengan laba-laba merupakan salah satu kekuatan rahasia yang dimiliki Spider-Man. Hal ini pertama kali terungkap dalam cerita The Other, di mana dia mampu terhubung dengan pikiran laba-laba sungguhan.

Di sisi lain tampaknya Spider-Man memilih untuk tidak terlalu bergantung pada kekuatan yang satu ini. Mungkin karena dia tidak ingin menyakiti para laba-laba dengan menyuruh mereka untuk membantunya dalam melawan supervillain. Karena sulit sekali untuk membayangkan bagaimana para laba-laba tersebut bisa membantu Spider-Man dalam pertempurannya, sementara para villan bisa membunuh mereka dengan mudah seperti menginjaknya atau membakarnya.

Walaupun begitu, kekuatan untuk berbicara dengan laba-laba ini pernah terbukti berguna juga. Misalnya di komik Scarlet Spider #5 di mana salah satu kloning Peter yang bernama Kaine Parker dituntut untuk segera menemukan sebuah bom yang ditanam oleh kelompok teroris Watchdogs. Dalam prosesnya dia meminta bantuan kepada para laba-laba untuk segera menemukan bomnya. Hasilnya Kaine berhasil menyelamatkan kota sebelum bom tersebut meledak.

3 Kekuatan Asam Mematikan

Satu lagi kekuatan rahasia Spider-Man Peter Parker yang diwariskan kepada kloningnya Kaine yaitu kemampuan untuk mengeluarkan asam yang sangat mematikan. Memang tidak semua Spider-Man mempunyai kekuatan yang satu ini, tetapi ketika Marvel benar-benar menceritakannya kalian mungkin akan tahu alasannya. Semuanya bermula ketika Kaine ternyata bisa membuat telapak tangannya menjadi senjata.

Ada yang bilang karena cairan asam, tetapi ada juga yang menyebutnya karena telapak tangan Kaine sangat lengket. Yang jelas kekuatan ini bisa membuat kulit lawan yang terkena telapak tangannya akan langsung melepuh seperti terkena cairan yang sangat panas. Dalam beberapa kasus saking brutalnya Kaine, dia pernah diperlihatkan mencabik-cabik kulit lawannya bahkan tampak seperti menguliti mereka. Mungkin karena terlalu menjijikan, akhirnya Marvel jarang menceritakan kekuatan ini lagi.

Selain Kaine, versi Man-Spider dari Peter Parker juga pernah diceritakan mengekploitasi kekuatan asam ini dengan cara yang tidak biasa. Seperti di Spider-Man: The Animated Series ketika Man-Spider terlihat mampu menyemburkan asam dari mulutnya. Di Spider-Verse sendiri masih banyak Spider-People yang memilih untuk tetap mempertahankan kekuatan mengerikan sekaligus menjijikan ini. Karena dalam keadaan mendesak, jika mau mereka bisa langsung melelehkan para musuhnya dengan cairan asam.

4 Taring dan Cakar Tajam

Dalam salah satu kisah epik lainnya yang diceritakan melalui peristiwa The Other, Spider-Man juga pernah diperlihatkan menyelimuti dirinya dengan kepompong yang terbuat dari jaring. Pada titik ini dia terbukti mampu menyembuhkan semua lukanya dalam waktu relatif lebih cepat. Nah sementara kekuatan healing factor-nya terbilang mainstream, saat keluar dari kepompongnya inilah terungkap juga bahwa Spider-Man Peter Parker memiliki kekuatan rahasia lain yang menjadikannya sangat berbahaya, yaitu cakar dan taring.

Cakar dan taring yang bisa keluar dari pergelangan lengan dan giginya ini muncul karena Spider-Man jatuh terlalu dalam pada sisi laba-labanya. Misalnya karena dia terlalu takut saat menghadapi Morlun yang hampir membunuh kekasihnya Mary Jane Watson. Pada saat itu taring dan cakar yang keluar dari tubuhnya terbukti dapat memberikan serangan yang lebih mematikan. Namun sebagai gantinya, Spider-Man perlahan-lahan makin menjauh dari sifat-sifat manusianya.

Pada akhirnya Spider-Man yang memutuskan untuk kembali ke sisi manusianya memang tidak pernah lagi menunjukkan kemampuan ini. Namun berbeda halnya dengan Kaine yang memang senang dengan aspek-aspek kelamnya sebagai seorang Spider-Man. Kekuatan rahasia ini juga dimiliki oleh Miguel O’Hara alias Spider-Man 2099 yang justru memelihara taring dan cakarnya.

5 Meramal Masa Depan

Spider-Sense adalah salah satu kekuatan mainstream Spider-Man yang memungkinkannya untuk merasakan bahaya ketika berhadapan dengan supervillain mematikan. Siapa sangka karena telah bertahun-tahun memiliki kekuatan yang satu ini, dia ternyata mampu mengembangkan Spider-Sense ke tingkat yang lebih tidak masuk akal lagi. Di mana Spider-Man memiliki kekuatan rahasia baru yang membuatnya seakan-akan bisa meramalkan kejadian yang belum pernah terjadi.

Kemampuan untuk meramal masa depan ini pertama kali terungkap di komik The Spectacular Spider-Man #222, di mana Kaine lagi-lagi menunjukkan kekuatan yang lebih superior dari Peter Parker. Ketika dirinya baru saja terlahir sebagai kloning Peter, dia langsung bisa melihat kematian Mary Jane pada masa depan. Selain Kaine, Madame Web juga termasuk Spider-People yang justru lebih mengendapankan kemampuan ini. Dia terbukti mampu melihat masa depan dan juga berbagai kejadian di semesta lain.

Itulah lima kekuatan rahasia Spider-Man yang jarang diceritakan Marvel. Meskipun kekuatan-kekuatan ini mungkin tidak selalu dimiliki oleh setiap versi Spider-Man, tetapi semua ini tetap menjadi bagian penting dari identitas seorang Spider-People di multiverse. Dengan berbekal pengetahuan ini setidaknya sekarang kita tahu bahwa sebenarnya ada banyak sekali alasan yang membuat Spider-Man layak untuk disebut sebagai superhero paling unik dan hebat di Marvel Universe.

Exit mobile version