Home COMIC COMIC FEATURES 5 Anak Superman Terkuat!

5 Anak Superman Terkuat!

Clark Kent alias Superman adalah salah satu karakter paling terkenal di DC Universe. Dan sebagai seorang alien Kryptonian, dia dianugerahi kekuatan luar biasa yang membuatnya hampir tak terkalahkan, mulai dari kemampuan terbang, kekuatan fisik super, heat vision, sampai napas es. Nah dalam perjalanannya, Superman juga ternyata telah mewariskan sejumlah kekuatan supernya kepada para anak kandungnya yang tersebar dalam cerita Elseworlds alias multiverse. Itulah mengapa dalam artikel ini, kami akan membahas secara khusus lima anak terkuat Superman yang eksistensinya terbilang sangat mengagumkan!

5 Jon Kent

Jonathan Kent, atau yang juga sering dipanggil dengan sebutan Jon, adalah anak kandung Superman di semesta utama DC. Di mana ibunya tidak lain adalah Lois Lane, teman kerja sekaligus teman hidup Superman yang dikenal sebagai wanita pemberani, tegas, dan penuh belas kasih. Meskipun ibunya hanya seorang manusia biasa, tetapi Jon mewarisi hampir semua kekuatan super ayahnya yang seorang Kryptonian. Sedangkan dari ibunya, Jon lebih banyak mendapatkan sifat dan karakteristik baik yang membuatnya makin unik.

Alasan mengapa Jon sangat layak masuk dalam kategori anak Superman terkuat adalah karena sejak kecil dia sudah mulai beradaptasi dengan kekuatan supernya. Bahkan dalam salah satu kisahnya dia pernah diceritakan terjebak di Earth-3, semesta para Justice League jahat. Di mana dalam prosesnya dia ternyata mampu mengalahkan versi jahat ayahnya yang bernama Ultraman, sebelum akhirnya berhasil kembali ke semestanya. Pada titik inilah dia diketahui mulai berkembang jauh lebih pesat dari Superman.

Selain kekuatan dasar seorang Kryptonian, seperti terbang, kekuatan fisik super, heat vision, dan napas es, Jon yang pada akhirnya menjadi Superman kedua di semesta utama setelah ayahnya terbukti mempunyai kekuatan yang tidak dimiliki oleh kryptonian lain. Yaitu memanipulasi energi Matahari yang tersimpan di dalam tubuhnya dan kemudian mengeluarkannya dalam bentuk lain. Misalnya energi listrik dahsyat yang bisa difokuskan pada tinjunya dan juga energi fisik tambahan yang membuatnya lebih kuat.

4 Hyperman

Punya nama yang sama seperti anak Superman di semesta utama, Jonathan Kent alias Hyperman sejatinya adalah anak terkuat dari Superman dan Wonder Woman yang eksis di semesta Kingdom Come. Kisahnya bermula ketika supervillain bernama Gog menculik Jon, sehingga Superman, Wonder Woman, dan Batman langsung bergegas menyelamatkannya. Sayangnya karena sebuah kejadian tak terduga Jon justru terpental masuk ke dalam hypertime dan sempat dinyatakan hilang.

Tidak lama setelah Jon versi bayi menghilang, seorang superhero dari masa depan bernama Hyperman tiba-tiba muncul di hadapan Superman dan Wonder Woman. Sebagai superhero dewasa yang penampilannya sangat gagah dan penuh keberanian, tidak ada yang menyangkan bahwa Hyperman sebenarnya adalah Jon yang sempat terjebak di hypertime. Untungnya dia masih ingat dengan kejadian masa lalu dan mulai menceritakan semuanya kepada kedua orang tuanya yang awalnya mungkin sulit menerima fakta.

Menurutnya karena pernah terombang-ambing di hypertime yang pada dasarnya adalah pembatas ruang dan waktu DC, akhirnya dia mulai mengembangkan kekuatan yang lebih superior dari kedua orang tuanya. Di mana Hyperman mampu melakukan perjalanan waktu, bahkan bisa berpindah-pindah dimensi dengan kekuatan chronokinesisnya. Selebihnya dia masih mempunyai kekuatan dasar Superman dan Wonder Woman, seperti kekuatan fisik super dan mampu terbang ketika berada di suatu alam semesta.

3 Lara Lane Kent

Lara Lane Kent seharusnya adalah anak terkuat dari Superman dan Lois Lane yang eksis di semesta Injustice. Sayangnya sebelum sempat lahir, Joker berhasil memanipulasi Superman agar dia berpikir Lois yang tengah hamil adalah supervillain Doomsday. Hasilnya saat Superman membunuh Lois, otomatis Lara Lane Kent tidak pernah terlahir ke dunia, setidaknya di semestanya. Karena dalam sebuah mimpi Superman, ternyata dia masih hidup sebagai mestinya di semesta alternatif sebagai seorang superhero tangguh.

Di mimpinya Lara Lane menjelaskan kepada Superman bagaimana dirinya tumbuh sebagai seorang anak yang mengidolakan ayah dan ibunya. Dengan kekuatan kryptonian yang mengalir dalam DNA-nya, Lara Lane bersumpah akan terus menjaga Bumi dan seluruh alam semesta, seperti Superman yang menjadi simbol harapan bagi semua orang. Superman yang mendengar hal tersebut hanya bisa tersenyum karena dia sangat bangga kepada anak perempuannya yang ternyata hidup bahagia di semestanya sendiri.

Dari segi kekuatan, Lara Lane Kent memang tidak mempunyai kemampuan unik seperti Jon atau Hyperman, di mana dia hanya mempunyai kekuatan super kryptonian pada umumnya. Namun yang membuatnya spesial adalah dampak dari eksistensi karakternya sendiri, baik bagi Superman di semesta Injustice maupun di DC Universe secara keseluruhan. Karena ternyata Lara Lane merupakan karakter yang menjadi sumber inspirasi penciptaan karakter Supergirl dari aktris Sasha Calle di film terbaru The Flash.

2 Lara

Satu lagi anak terkuat Superman yang mempunyai nama Lara dan layak untuk masuk dalam pembahasan kali ini. Lara adalah karakter yang pertama kali diceritakan di komik kelam populer DC berjudul The Dark Knight. Dia diceritakan sebagai anak dari Wonder Woman yang pernah menjalani hubungan spesial dengan Superman. Di mana saat lahir, Lara yang tinggal di Themyscira bersama ibunya langsung diisolasi dari dunia luar dan dijauhkan dari fakta bahwa sang Man of Steel adalah ayahnya.

Alasan lain mengapa statusnya sebagai anak Superman sangat dirahasiakan oleh Wonder Woman adalah karena dunianya sudah bukan lagi tempat yang aman bagi para superhero. Lex Luthor yang bekerja sama dengan Brainiac diceritakan telah berhasil menguasai dunia dan mulai menghapus keberadaan para superhero di muka Bumi. Namun saat beranjak dewasa Lara mulai mengetahui siapa ayah kandungnya. Pada titik inilah dia dan Superman menyatukan kekuatan sampai akhirnya bisa menghentikan Lex/Brainiac untuk selamanya.

Selain kekuatan kryptonian yang berasal dari ayahnya, Lara juga memiliki berbagai keunggulan ibunya sebagai seorang wanita amazon. Sejak kecil dia telah berlatih bersama Wonder Woman untuk mengembangkan kemampuan bertarungnya, mulai dari ilmu beladiri tangan kosong termasuk teknik horu-kanu dari Krypton, sampai penggunaan berbagai senjata pejuang amazon seperti pedang dan perisai. Hal inilah yang membuat eksistensi Lara di DC Universe terasa spesial.

1 Jon Kent II

Jon Kent II adalah anak Superman dan Wonder Woman yang juga melakukan debutnya di komik The Dark Knight. Dengan kata lain dia adalah adik kandung Lara yang usianya terpaut cukup jauh, karena Wonder Woman sendiri baru melahirkan Jon setelah Lara berusia sekitar 17 tahun. Meskipun kisahnya di komik The Dark Knight tidak terlalu banyak, karena dia hanya diperlihatkan sebagai bayi yang digendong oleh Wonder Woman, tetapi di kisah sekuelnya Jon justru malah menjadi salah satu MVP-nya.

Di kisah sekuel yang berjudul The Dark Knight Returns: The Golden Child, Jon yang mungkin sudah berusia sekitar 5 tahunan diperlihatkan tumbuh sebagai anak terkuat Superman yang berdarah dingin. Di mana dia mewarisi semua kekuatan ayah dan ibunya, untuk membasmi kejahatan di muka Bumi, termasuk Darkseid yang muncul dalam ceritanya. Jon yang masih kecil justru tampak sangat berani dalam menghadapi Darkseid bersama kakaknya Lara, sampai-sampai Darkseid sendiri mengakui kehebatannya.

Demikianlah pembahasan tentang lima anak terkuat Superman yang eksis di DC Universe. Berdasarkan semua kisahnya, sebagian besar anak Superman ini ternyata tidak hanya mewarisi kekuatan dan kemampuan super dari sang ayah saja, tetapi juga dari ibunya. Dan yang lebih menariknya lagi mereka juga memiliki karakter dan kisah pribadi masing-masing yang membuat mereka terasa lebih unik. Meskipun tidak semuanya berada di semesta utama bersama ayahnya Superman, tetapi tidak bisa kita mungkiri bahwa mereka telah menghadirkan kekuatan dan juga semangat baru di DC Multiverse.

Exit mobile version