Home COMIC COMIC FEATURES 10 Rahasia Tersembunyi Di Dunia Komik

10 Rahasia Tersembunyi Di Dunia Komik

Dalam industri komik, ternyata ada berbagai rahasia tersembunyi yang mungkin tidak banyak diketahui atau ditemukan para pembacanya. Rahasia tersembunyi itu hanya bisa ditemukan jika para pembacanya benar-benar memperhatikan detail yang ada dalam setiap panelnya. Tidak jarang rahasia tersembunyi itu baru akan disadari atau ditemukan dalam beberapa tahun yang akan datang.

Dunia komik memang sangat menarik karena hampir tidak ada batasan yang bisa ceritanya hadirkan. Mereka bisa membangkitkan orang yang sudah mati dan sebagainya. Namun, yang juga tidak kalah menarik adalah ternyata ada rahasia tersembunyi yang sengaja diselipkan oleh para penulis atau pengarang ceritanya. Meskipun terkadang rahasia tersebut biasanya berupa pesan yang biasa, tidak jarang rahasia di dunia komik tersebut memengaruhi keseluruhannya.

10 DC Ejek Marvel

Sudah tidak asing lagi jika cerita tentang persaingan antara Marvel dan DC terjadi sejak puluhan tahun lalu, bahkan hingga sekarang. Tidak jarang memang mereka juga melakukan sebuah kolaborasi. Namun, yang paling sering terjadi adalah bagaimana keduanya saling bersaing. Salah satu bukti persaingan ini adalah bagaimana ketika DC berusaha untuk mengejek Marvel Comics.

Dalam cerita di komik the League of Extraordinary Gentlemen #5, terdapat sebuah panel yang memperlihatkan iklan sebuah alat untuk wanita di mana ada kata “Marvel” dalam iklan tersebut. Kemudian, dalam cerita di komik Top 10 muncul sebuah headline koran dalam salah satu panel yang menuliskan “Miracle Douche Recall.” Tulisan tersebut merujuk pada iklan alat wanita dibuat oleh perusahaan Marvel. Hal ini membuat petinggi DC Comics memutuskan untuk menghancurkan komik yang sudah beredar dan mencetak ulang dengan mengganti kata “Marvel” menjadi “Amaze.” Diketahui ternyata Alan Moore, sang pengarang Top 10 dan TLOEG memiliki perselisihan dengan pihak Marvel Comics.

9 Tulisan Carla

Sosok Jim Lee sepertinya memang adalah seorang pria yang cinta dengan keluarganya, terutama sang istri, Carla. Saking cintanya, Jim Lee menyelipkan kata dari nama sang istri dalam halaman sampul komik Superman Unchained dan di salah satu halaman dari komik Justice League #5. Tulisannya sendiri akan sangat sulit untuk ditemukan secara sekilas. Perlu momen yang cukup lama untuk menyadari bahwa itu adalah sebuah tulisan.

Dalam Justice League #5, terdapat adegan Batman yang melompat menuju sebuah mobil. Dalam panel tersebut terdapat retakan kaca mobil yang mana secara sekilas mungkin Geeks tidak akan melihat ada ahal aneh dari retakan tersebut. Namun, jika diperhatikan dengan lebih seksama retakan di kaca mobil tersebut bertuliskan “I love Carla.” Hal ini tentunya cara yang menarik untuk menyatakan perasaan kepada pasangan.

8 Kemunculan Felix The Cat di Komik Spider-Man

Kemunculan sosok karakter kartun Felix the Cat di komik Spider-Man sebenarnya cukup menggugah dan mengharukan. Todd McFarlane sering pergi ke sebuah toko komik di Vancouver, Kanada. Dia sering bertemu seorang veteran perang membeli komik Felix the Cat dan tidak membeli yang lain. Melihat momen tersebut McFarlane coba berbicara dengan sang pria dan kemudian menanyakan sesuatu kepada veteran tersebut.

McFarlane bertanya apakah sang veteran perang tersebut akan membeli komik yang dia buat jika ada karakter Felix the Cat muncul dalam ceritanya. Dan sang veteran itu pun menyambut positif dari keinginan McFarlane. Akhirnya, McFarlane menepati janjinya di mana dia memasukan karakter Felix the Cat di komik Spider-Man. Selain demi sang veteran perang, hal itu juga kemungkinan demi kepuasan McFarlane sendiri.

7 Tawa Terakhir Batman

Berbagai rahasia tersembunyi yang muncul dalam dunia komik biasanya tidak memiliki keterkaitan dengan cerita. Contohnya adalah beberapa poin di atas. Namun, ada juga rahasia tersembunyi yang terhubung dengan alur cerita komiknya. Salah satu contoh nyata dari hal ini adalah tawa terakhir dari Batman dalam komik Batman Who Laughs. Dalam ceritanya, Bruce Wayne akhirnya menyuntikan darah beracun milik Joker ke tubuhnya sendiri.

Bruce Wayne kemudian berbicara dengan Alfred terkait hal ini, sambil dia juga mengawasi obat penyembuh tersebut. Namun, kemudian Bruce Wayne justru tertular oleh darah beracun milik Joker tersebut. Dia tiba-tiba mengeluarkan kalimat yang menyatakan jika dia masih sadar. Tetapi, di ujung kalimatnya Bruce Wayne justru tertawa mirip seperti Joker. Hal itu seolah memberikan petunjuk Batman di universe tersebut masih terinfeksi entah sampai kapan.

6 Tulisan ‘S*x’

Entah memang disengaja atau ada maksud lainnya komik New X-Men #118 yang ditulis oleh Grant Morrison justru menghadirkan sebuah rahasia yang cukup aneh. Dalam salah satu panel yang sempat jadi bahan perbincangan para fans terdapat sebuah kata ‘s*x’ yang tersembunyi. Kata tersebut memang tidak muncul secara terang-terangan, melainkan tertulis di rerumputan di balik pintu gerbang kanan.

Dan kata ini tidak muncul hanya satu kali, namun sempat muncul beberapa kali di sepanjang volume tersebut. Selain rumput, tulisan ‘s*x’ tersebut juga bisa ditemukan di sebuah cabang-cabang pohon, rambu, pagar, dan bahkan petir. Tim dari pembuat komik tersebut mengaku bahwa hal tersebut tidak benar dan hanya imajinasi fans saja. Namun, rahasia tersembunyi ini mungkin digunakan sebagai lelucon diantara mereka dan tentunya mereka tidak bisa mengaku terang-terangan karena mereka akan ditegus oleh para atasan.

5 Menyembunyikan Judul

Selain menghadirkan tawa terakhir Batman, menyembunyikan judul juga jadi salah satu rahasia tersembunyi lainnya yang memang berkaitan dengan cerita komik yang berlangsung. Contoh nyata dari hal ini bisa dilihat dalam komik Heroes in Crisis #5. Artist yang menggambar komiknya, Clay Mann, berhasil menghadikan sebuah rahasia kecil yang menarik, unik, dan kreatif yaitu menyembunyikan judulnya.

Di halaman kedua dari komiknya, Geeks akan melihat Blue Beetle dan Booster Gold sedang duduk santai di atas sofa dalam sebuah ruangan sambil menonton televisi. Ruangan tersebut memang nampak berantakan, namun jika Geeks perhatikan semua yang ada di ruangan tersebut maka akan membentuk kalimat “Heroes in Crisis.” Bukan sebuah detail yang mindblowing, namun hal ini bisa dibilang sangat luar biasa.

4 Surat Pengunduran Diri

Salah satu cara menarik dan kreatif dari sang artist komik untuk mengkritik atau mundur dari sebuah perusahaan adalah dengan menghadirkannya sebagai sebuah easter egg atau rahasia tersembunyi dari komik tersebut. Contoh dari hal ini adalah Dave Cockrum. Dalam komik Iron Man #127 diperlihatkan bagaimana Jarvis memberikan surat pengunduran diri kepada Tony Stark.

Namun, isi dari surat pengunduran diri dari Jarvis tersebut sebenarnya merupakan surat pengunduran diri Dave Cockrum dari Marvel Comics. Isinya sendiri menyinggung masalah kekhawatirannya tentang perusahaan tersebut dan lingkungan kerjanya. Namun, dalam Iron Man #129 sang penulis komiknya, David Michelinie, kemudian meminta maaf kepada para pembaca dan menyatakan bahwa tidak akan ada hal serupa terjadi di masa depan.

3 Mengejek Mantan Karyawan

Jika di poin pertama ada pihak lain yang coba untuk mengejek Marvel, namun dalam poin terakhir ini justru pihak Marvel Comics sendiri yang mengejek mantan karyawannya. Hal ini diperlihatkan dalam cetakan pertama komik Universe X: Spidey. Dalam salah satu panel yang menghadirkan sosok Peter Parker tua terdapat sebuah lemari buku di belakangnya. Deretan buku tersebut ternyata menghadirkan sebuah kalimat yang mengejek mantan karyawannya, Bob Harras.

Bob Harras sendiri adalah mantan kepala editor dari Marvel Comics. Bob Harras diketahui sempat bersitegang dengan pihak Marvel Comics. Hal ini ada hubungannya dengan alur cerita Clone Saga dalam komik Spider-Man yang banyak dibenci para fans. Ini juga yang akhirnya menjadi momen Harras dipecat oleh Marvel Comics.

2 Menyinggung Gerakan Politik

Semua daftar rahasia tersembunyi di dunia komik biasanya memang sengaja diselipkan oleh tim produksi atau artist serta penulisnya. Mereka melakukan hal tersebut karena berbagai alasan. Namun, dalam komik Captain America #602 mereka secara tidak sengaja justru menyinggung sebuah gerakan politik di Amerika yang akhirnya membuat seluruh Marvel Comics terkejut dan meluruskan situasinya.

Dalam cerita tersebut Bucky Barnes dan Sam Wilson diperlihatkan menyamar ke salah satu partai politik baru. Sang penulis, Ed Brubaker, berusaha untuk tidak mengkaitkan cerita tersebut dengan gerakan Tea Party di Amerika. Sang artist sengaja mengosongkan isi tulisan dari papan demonstrasi, namun bagian lain, yaitu letterer atau yang biasa mengurusi tulisan, justru mengisi kata-kata yang menyinggung gerakan tersebut. Sontak hal ini sempat jadi perbincangan orang-orang dan pihak Marvel pun meminta maaf atas hal tersebut dan mereka mengedit tulisannya di cetakan selanjutnya.

1 Memprotes Rekan Kerja

Menirukan karya atau gaya gambar dari artist lain tentunya bukan sesuatu yang dibenarkan. Hal ini sebenarnya sempat terjadi di awal sebelum kemunculan buku komik, di mana para artist dari comic strip sengaja menirukan gaya dari artist lain. Hal ini karena tuntutan pekerjaan yang membuat mereka harus bisa segera memberikan hasil karyanya tersebut. Namun, nyatanya hal ini juga terjadi di era 1990an.

Dalam komik Uncanny X-Men #325 terdapat seseorang membaca koran di mana berita utamanya menyebut jika “Cruz Kembali Mencuri.” Joe Maduera adalah sosok di balik pesan tersebut di mana dia tidak senang jika rekannya yang sesama artist di komik X-Men, Roger Cruz, mencuri gaya gambarnya. Maduera pun kemudian melakukan protes dengan membuat gambar tersebut.

Menghadirkan rahasia tersembunyi dalam sebuah cerita komik tentunya menjadi salah satu hal yang cukup menarik. Hal ini menjadi sebuah cara yang kreatif untuk meningkatkan pamor dari komiknya dan juga menjadi cara “komunikasi” antara tim di perusahaan komik dan para pembaca.

Exit mobile version