Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Aktor Ini Tolak Peran Karena Terlalu Jahat!

7 Aktor Ini Tolak Peran Karena Terlalu Jahat!

Seorang aktor atau aktris memiliki hak untuk tolak sebuah tawaran peran karena berbagai alasan, seperti karakter yang terlalu jahat. Dalam industri Hollywood, sudah sering aktor dan aktris menolan peran yang ditawarkan kepada mereka. Tidak peduli jika itu adalah peran utama atau hanya sekedar cameo, mereka terkadang tidak ragu untuk menolak tawarannya.

Biasanya, alasan utama yang sering para aktris tersebut utarakan saat menolak tawaran peran itu adalah karena jadwal produksi yang tidak pas dengan jadwal lainnya. Ada juga alasan lain karena mereka tidak mau memerankan karakter yang dianggap terlalu jahat. Berikut adalah aktor yang tolak peraan karena dianggap terlalu jahat.

7 Michelle Pfeiffer

Michelle Pfeiffer dikenal sebagai aktor yang memang sangat pemilih untuk urusan peran yang ditawarkan kepadanya. Sudah banyak peran besar yang dia tolak di sepanjang karirnya. Contohnya adalah karakter Clarice Starling yang merupakan salah satu karakter penting di film The Silence of the Lambs. Pfeiffer kemudian mengungkapkan alasan penolakan tersebut.

Dalam sebuah wawancara, Pfeiffer menuturkan jika dia menolak karakter Sterling di film tersebut karena dia menganggap alur cerita filmnya terlalu jahat. Menurutnya juga bagaimana kemudian sosok jahat di filmnya yang kemudian menang di akhir cerita membuat dia tidak nyaman. Karakter Clarice Sterling sendiri pada akhirnya jatuh kepada Jodie Foster yang membuatnya menang penghargaan Oscar.

6 Denzel Washington

Aktor tolak peran jahat selanjutnya adalah Denzel Washington. Pada awalnya, Denzel Washington adalah aktor yang ditawari oeran Detective David Mills dalam film Se7en. Namun, karakter itu akhirnya diperankan oleh Brad Pitt yang sukses memerankannya. Alasan Washington menolak tawaran peran tersebut adalah bagaimana dia menganggap karakter dan ceritanya terlalu jahat setelah membaca skripnya.

Namun, Denzel Washington sendiri mengaku bahwa dia menyesal sudah menolak tawaran peran itu. Hal tersebut terjadi ketika dia menonton filmnya. Dia merasa bahwa keputusannya menolak tawaran tersebut adalah keputusan yang salah, tetapi dia mengakui filmnya sangat bagus. Banyak fans yang kemudian menyayangkan Denzel tidak bisa beradu akting dengan Morgan Freeman.

5 Heather Graham

Film Heathers dianggap menjadi salah satu film yang kontroversial bahkan hingga sekarang. Film yang rilis pada 1989 tersebut ternyata memiliki fakta menarik, di mana ada banyak aktor yang menolak tawaran untuk berperan di film itu. Heather Graham adalah salah satunya. Dia ditawari peran sebagai pemimpin kejam Heather Chandler.

Karena saat itu usianya masih 17 tahun, Graham kemudian meminta persetujuan orang tuanya. Namun, ketika membaca naskahnya kedua orang tua Graham menolak anaknya memerankan karakter tersebut karena terlalu “ofensif.” Peran Heather Chandler akhirnya jatuh ke tangan bintang lainnya, Kim Walker.

4 John Wayne

Bagi para pecinta film, sosok Clint Eastwood sangat erat kaitannya dengan karakter Harry Callahan dalam film Dirty Harry. Dirty Harry sendiri berkisah tentang polisi yang tidak ragu untuk menggunakan senjatanya demi memberantas kejahatan. Pada awalnya, bukan Clint Eastwood yang terpilih menjadi Dirty Harry melainkan John Wayne.

John Wayne dianggap sebagai aktor yang memiliki citra baik, sehingga rumah produksi pun beranggapan dia adalah pilian yang tepat. Namun, John Wayne kemudian menolak tawaran peran tersebut karena dia tidak senang dengan konsep karakter yang lepas kendali, sulit diatur, dan senang untuk melanggar peraturan. Meskipun begitu, John Wayne mengaku bahwa dia melakukan kesalahan dengan menolak tawarannya.

3 John Lithgow

Dalam film Batman garapan Tim Burton pada 1989, filmnya memperlihatkan sosok Michael Keaton sebagai Batman dan Jack Nicholson berperan sebagai The Joker. Di awal proses pengembangan filmnya, nama John Lithgow adalah orang pertama yang muncul dalam pilihan untuk memerankan karakte villain klasik Batman itu.

Namun, Lithgow kemudian memutuskan untuk menolak tawaran peran tersebut. Menurutnya, dia tidak memiliki energi emosional yang cukup gelap untuk bisa memerankan karakter The Joker. Yang menarik adalah Lithgow menolak tawaran sebagai Joker sebanyak dua kali. Akhirnya, perannya pun jatuh kepada Jack Nicholson.

2 Mia Farrow

Mia Farrow pernah menolak peran utama dalam film True Grit yang rilis pada 1969. Mia menolak tawaran di film tersebut karena reputasi dari sang sutradara, Henry Hathaway, yang terkenal di kalangan industri film. Henry terkenal sering memperlakukan aktor secara kejam. Bahkan, salah satu penulis film pernah mengungkapkan pengalamannya bekerja sasma dengan Hathaway.

Dengan reputasi tersebut, Mia Farrow sempat mendapatkan saran dari rekannyaa, Robert Mitchum, untuk tidak bekerja bersama Henry Hathaway. Mia kemudian sempat meminta produser filmnya untuk mengganti sang sutradara, yang mana hal itu kemudian ditolak. Mia kemudian keluar dari proyek film tersbeut dan menyesali keputusannya bertahun-tahun kemudian.

1 Russel Crowe

Russel Crowe pernah mengalami pergolakan batin ketika dia ditawari peran sebagai Johnny Cash dalam film biopiknya yaitu Walk the Line. Dalam sebuah wawancara dengan radio Australia, Crowe mengaku jika dia merasa salah jika mengambil peran tersebut. Karena, menurutnya hal itu terasa “curang” ketika mendompleng nama sosok legendaris.

Karena akhirnya Crowe mengaku tidak mau memerankan karakter Johnny Cash, akhirnya peran tersebut diberikan kepada Joaquin Phoenix. Phoenix bahkan meraih penghargaan akibat dari perannya tersebut. Crowe pun menganggap jika pilihan Phoenix sangat cerdas.

Menganggap sebuah peran atau karakter di sebuah film terlalu jahat ternyata adalah salah satu alasaan banyak aktor tolak tawaran peran tersebut. Hal ini wajar, karena sang aktor itu akan memerankan karakternya yang mana mereka perlu “menyatu” dengan karakternnya. Jika mereka merasa tidak nyaman dengan karakternya, tentu akan tidak maksimal ketika dipaksakan.

Exit mobile version