Home MOVIE MOVIE FEATURES 6 Rencana DCEU Snyderverse yang Dibatalkan!

6 Rencana DCEU Snyderverse yang Dibatalkan!

Snyderverse adalah sebuah konsep jagat sinema DC Extended Universe yang lahir dari visi sutradara Zack Snyder. Meskipun sekarang Warner Bros dan DC Studios tengah bersiap me-reboot jagat sinemanya, tetapi sebenarnya tidak sedikit penggemar yang masih berharap konsep Snyderverse bisa bertahan. Sayangnya harapan tersebut sangat sulit untuk terwujud karena WB sendiri memang sudah sengaja menjauh dari rencana DCEU versi Snyderverse. Nah dalam artikel ini, kita akan kembali melihat apa saja rencana batal Snyderverse yang pada akhirnya membuat banyak penggemar DC merasa kecewa!

1 Ben Affleck’ Batman

Ketika pertama kali ditunjuk untuk memerankan Batman di film Batman V Superman: Dawn of Justice garapan sutradara Zack Snyder, Ben Affleck sebenarnya sudah ditetapkan juga untuk bermain di film solo Batman yang akan dia arahkan sendiri. Dia bahkan diberi kesempatan untuk menulis naskah filmnya bersama penulis DC Comics sekelas Geoff Johns. Filmnya sendiri tadinya sempat dimaksudkan untuk mengambil inspirasi dari banyak materi komik dan video games Batman dengan Deathstroke sebagai salah satu villainnya. Sayangnya karena WB sengaja menjauh dari visi DCEU Snyderverse setelah kegagalan film Justice League versi Joss Whedon, akhirnya rencana film Batman Ben Affleck ditinggalkan.

2 Deathstroke

Selain film solo Batfleck, sebenarnya konsep Snyderverse di DCEU juga sempat akan menghadirkan film yang berfokus pada kisah Slade Wilson alias Deathstroke yang diperankan aktor Joe Manganiello. Hal ini pertama kali disampaikan Ben Affleck melalui sebuah video yang secara tidak langsung mengonfirmasi keterlibatan Manganiello di jagat sinema DCEU. Tidak lama setelah itu Warner Bros sempat dilaporkan memberikan lampu hijau untuk film Deathstroke dengan anggaran sekitar 40 juta dolar. Di mana proyeknya akan dipimpin oleh sutradara The Raid Gareth Evan. Namun karena film Batman sendiri dibatalkan sudah pasti proyek ini pun akhirnya dibuang dari prioritas WB.

3 Cyborg

Setahun setelah launching DCEU, tepatnya pada tahun 2014, sutradara Zack Snyder sebenarnya sempat mengumumkan bahwa salah satu rencana Snyderverse adalah merilis film solo Cyborg. Di mana filmnya sendiri bahkan sudah dijadwalkan untuk rilis tahun 2020, tiga tahun setelah Cyborg dari Ray Fisher debut di film Justice League versi Joss Whedon. Namun karena banyak masalah yang terjadi, termasuk pandemi COVID-19 serta konflik internal antara Fisher dan eksekutif Warner Bros, akhirnya film ini tidak pernah terwujud. Fisher sendiri sempat mengungkapkan bahwa dia hanya akan kembali sebagai Cyborg di jagat sinema DC jika Zack Snyder yang menjadi sutradaranya.

4 The New Gods

The New Gods adalah salah satu rencana ambisius DCEU yang merupakan turunan langsung dari konsep Snyderverse. Warner Bros sendiri bahkan sudah menunjuk sutradara Ava DuVernay untuk menggarap filmnya dengan Tom King sebagai penulis naskahnya. Dalam DC Comics, New God adalah sebutan bagi para makhluk dewa yang tinggal di Apokolips seperti Darkseid dan New Genesis seperti superhero Orion. Menurut DuVernay tadinya film yang dia garap ini sudah dipastikan akan menghadirkan Darkseid dan pasukan khususnya yang disebut Female Furies. Namun pada akhirnya Warner Bros membatalkan proyeknya karena mereka sudah tidak ingin lagi berhubungan dengan visi Zack Snyder.

5 Trilogi Zack Snyder’s Justice League

Tidak lama setelah film Zack Snyder’ Justice League rilis di saluran streaming HBO pada tahun 2021, banyak penggemar yang berharap kisah tim superhero DCEU ini dilanjutkan. Karena ternyata di credit scene filmnya sendiri terungkap bahwa DCEU Snyderverse masih punya rencana besar dengan dua film lagi, dengan kata lain para penggemar tadinya akan bisa melihat film trilogi Justice League sebelum akhirnya dibatalkan WB. Di mana kisah Snyderverse bermaksud untuk menjadikan Superman penjahat di bawah kendali Darkseid, sehingga Batman dan para supervillain bersatu untuk mengalahkannya. Sayangnya karena DC Universe akan di-reboot, kita tidak akan pernah bisa melihat kelanjutannya.

6 Man of Steel 2

Pada akhir tahun lalu sempat tersiar kabar bahwa sekuel dari film Man of Steel yang disutradarai Zack Snyder telah mendapatkan lampu hijau dari wakil kepala Warner Bros Films, Michael De Luca dan Pamela Abdy. Mereka bahkan sudah menggaet pencipta series populer Peaky Blinders Steven Knight untuk menulis naskah Man of Steel 2. Dan yang lebih menariknya lagi ternyata yang akan menjadi lawan bagi Superman versi Henry Cavill di film solo keduanya ini adalah Brainiac yang digadang-gadang sebagai villain tercerdas di semesta DC. Sangat disayangkan sekali pada akhirnya rencana DCEU Snyderverse ini batal karena Cavill memutuskan untuk pensiun sebagai pemeran Superman.

Kesimpulannya sebenarnya ada banyak sekali rencana ambisius DCEU Snyderverse yang cukup menjanjikan. Namun karena Warner Bros memang berniat me-reboot jagat sinemanya, di mana saat ini semuanya sudah diserahkan kepada DC Studios, akhirnya sangat sulit untuk mewujudkan rencana-rencana tersebut. Sebagai gantinya WB juga sekarang sudah mulai lebih fokus mendanai proyek live action DC yang lebih fresh, seperti waralaba DC Elseworlds The Batman dari sutradara Matt Reeves dan Superman: Legacy dari co-CEO DC Studios James Gunn yang akan tayang dalam beberapa tahun ke depan.

Exit mobile version