Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Plot Twist Film yang Mengecewakan!

7 Plot Twist Film yang Mengecewakan!

Tidak selamanya alur cerita sebuah film yang menghadirkan plot twist akan sukses, karena ada juga plot twist film yang justru mengecewakan. Dalam sebuah cerita film, menghadirkan sebuah plot twist menjadi salah satu cara untuk menghadirkan kesan mendalam bagi para fans. Plot twist tersebut menjadi cara dari filmnya untuk “menyanggah” prediksi dari para penonton.

Menghadirkan sebuah plot twist tentunya tidaklah mudah. Karena, perlu momen yang pas agar plot twist yang dihadirkan bisa tersampaikan dengan baik. Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa tidak semua plot twist dalam sebuah film bisa dikatakan sukses. Ada juga beberapa plot twist dalam sebuah film yang justru mengecewakan. Berikut adalah daftarnya.

1 Now You See Me

Now You See Me menghadirkan kisah tentang empat orang pesulap handal yang sering menghadirkan atraksi yang luar biasa. Dengan kemampuan sulap yang mereka miliki, keempat orang tersebut kemudian merencanakan sebuah pencurian besar. Pihak kepolisian pun mengerahkan semua kekuatan mereka untuk menghentikan aksi pencurian oleh para pesulap tersebut.

Yang kemudian menjadi plot twist dalam film ini adalah ternyata sang detektif dari pihak kepolisian yang berusaha untuk menghentikan mereka adalah dalang dari semua. Dia yang kemudian menyewa jasa para pesulap tersebut untuk melakukan pencurian. Banyak penonton yang menganggap jika plot twist ini justru mengecewakan, karena justru plot twist ini menghadirkan banyak plot hole dan kurang masuk akal.

2 Planet Of The Apes

Planet of the Apes adalah salah satu film yang memiliki alur cerita plot twist terbaik. Namun, hal ini hanya berlaku untuk filmnya di tahun 1968. Untuk versi reboot di tahun 2001 karya Tim Burton justru plot twist yang dihadirkan oleh filmnya menjadi salah satu yang mengecewakan. Dalam filmnya, karakter yang diperankan oleh Mark Wahlberg, Captain Davidson, akhirnya berhasil kembali ke bumi.

Captain Davidson berhasil menyelamatkan diri dari serbuan para kera. Namun, ketika dia kembali ke bumi Captain Davidson dibuat terkejut ketika monumen Abraham Lincoln berubah menjadi Ape-raham Lincoln. Banyak penonton yang tidak paham apa maksud Tim Burton menghadirkan plot twist tersebut. Bahkan, di filmnya sendiri sama sekali tidak ada penjelasan terkait hal ini. Dan yang konyolnya lagi, dia kemudian ditangkap oleh para polisi kera.

3 The Number 23

The Number 23 merupakan salah satu film yang pernah dibintangi oleh aktor Jim Carrey. Ceritanya sendiri berfokus pada seorang pria bernama Walter yang merasa takut dan khawatir setelah membaca sebuah buku. Hal ini dikarenakan kehidupan atau cerita dari sang protagonis sama dengan cerita kehidupannya. Fakta tersebut bahkan membuat kehidupan Walter berubah total.

Walter pun kemudian terobses dengan angka 23 dan mulai melihat angka tersebut di mana pun dia berada. Hal ini membuat kondisi psikisnya terganggu. Plot twist dari film ini adalah ternyata yang menulis buku tersebut adalah Walter sendiri. Plot twist yang muncul dari film ini bisa dibilang sangat konyol, karena bagaimana mungkin dia bisa lupa jika dia sendiri yang menulis bukunya. Hal ini bahkan membuat sebagian fans kecewa dan marah.

4 Sweet Girl

Netflix mungkin cukup ahli dalam menghadirkan berbagai cerita epik dalam film orisinal mereka. Namun, tidak semua film yang mereka hadirkan memiliki plot twist cerita yang baik. Sweet Girl adalah salah satunya. Film ini mengisahkan sosok Ray dan Rachel, sepasang putri dan ayahnya, yang berusaha untuk membalas dendam atas kematian istri dan ibu mereka.

Yang kemudian jadi plot twist dalam film Sweet Girl adalah ternyata Ray dan Rachel merupakan satu orang yang sama. Rachel memiliki gangguan kepribadian yang membuatnya memiliki dua kepribadian, yaitu Rachel dan Ray. Sebuah plot twist klise dalam industri film yang mana justru hal ini menimbulkan banyak pertanyaan di benak para penonton. Dan plot twist ini pun kurang masuk akal.

5 Identity

Sebenarnya, Identity memiliki premis yang menarik dan eksekusi yang baik di awal cerita. Namun, di separuh cerita lainnya berbagai hal klise pun mulai muncul. Dan puncaknya adalah film ini menghadirkan sebuah plot twist yang mengecewakan. Seperti halnya film Sweet Girl, ternyata semua hal yang terjadi selama film tersebut merupakan bayangan atau imajinasi yang ada dalam kepala dari sang karakter. Menghadirkan formula cerita seperti ini bukan sesuatu yang salah, namun bagaimana kemudian filmnya mengeksekusi plot twist tersebut membuat plot twistnya mengecewakan.

6 The Forgotten

The Forgotten menghadirkan kisah tentang seorang wanita bernama Telly Paretta yang diperankan oleh Julianne Moore yang sedang mengalami duka mendalam setelah sang anak tewas dalam kecelakaan pesawat terbang. Namun, suatu hari, sang suami kemudian mengungkapkan sebuah fakta mengejeutkan di mana sebenarnya mereka tidak pernah memiliki anak laki-laki.

Hal tersebut pun dikonfirmasi oleh seorang dokter yang mengatakan jika Telly mengalami keguguran dan hidup dalam sebuah delusi atau imajinasi. Yang menarik adalah Telly kemudian menjadi target bagi organisasi NSA. Dan kemudian muncul sosok alien yang terlibat dalam ceritanya. Kemunculan dan keterlibatan alien dalam cerita ini benar-benar tidak masuk akal dan dianggap sebagai sebuah lelucon.

7 Last Christmas

Salah satu hal menarik dari film ini adalah para penonton sudah bisa menduga seperti apa plot twist yang akan muncul sejak awal cerita. Setelah Katarina jatuh cinta kepada Tom, dia pun kemudian menemukan fakta jika Tom adalah orang yang sudah mendonorkan organnya untuk Katarina. Tom mendonorkan jantungnya untuk Katarina. Mungkin, plot twist ini terlihat mengharukan. Tetapi, Katarina kemudian mengalami berbagai momen halusinasi. Hal ini menjadikan film Last Christmas memiliki plot twist yang aneh dan mengecewakan.

Berbagai film di atas coba untuk menghadirkan sebuah plot twist yang membuat para penontonnya terkejut dengan alur cerita yang ada. Namun, yang terjadi justru plot twist di  film itu mengecewakan para penonton dan bahkan membuat mereka bertanya-tanya. Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat alur cerita di film-film tersebut sangat menarik.

Exit mobile version