Home MOVIE MOVIE FEATURES 8 Film Live Action Disney Paling Sukses!

8 Film Live Action Disney Paling Sukses!

Proyek adaptasi live action dari berbagai judul animasi klasik Disney terbukti menguntungkan dengan beberapa film mereka sukses mendapatkan pemasukan besar. Saat Disney berencana untuk menghadirkan sebuah film live action dari adaptasi berbagai judul animasi klasik mereka, banyak yang penasaran dengan ide baru tersebut. Sebagian memang ada juga yang merasa skeptis dan ragu.

Seolah menjadi tren, rumah produksi Disney justru sekarang memiliki agenda untuk terus menghadirkan berbagai proyek film live action adaptasi animasi mereka. Sudah ada banyak judul yang mereka rilis dalam satu dekade terakhir. Dan terbukti film live action tersebut cukup menguntungkan dengan beberapa film sukses mengumpulkan pendapatan kotor paling besar. Apa saja filmnya?

Alice In Wonderland

Disney memulai adaptasi live action animasi mereka di tahun 2010 melalui film Alice in Wonderland. Film ini memiliki kemiripan cerita dengan versi animasinya yang rilis pada tahun 1951. Banyak yang menganggap jika cerita dari film garapan Tim Burton tersebut memiliki kesamaan dengan versi animasinya, meskipun ada juga hal orisinal yang muncul dalam filmnya.

live action disney paling sukses

Alice in Wonderland berhasil memecahkan rekor dengan menghasilkan pemasukan sebesar 1 milliar Dollar Amerika. Harga tiket yang murah pada saat itu dan teknologi 3D yang membuat penasaran banyak para penonton menjadi faktor lain kesuksesan filmnya. Dan akhirnya, Disney pun terus melakukan proyek adaptasi live action pasca kesuksesan ini.

Maleficent

Sebenarnya, Maleficent bukan merupakan adaptasi live action animasi Disney. Film ini memperlihatkan cerita dari sudut pandang sang penyihir dalam cerita Sleepting Beauty. Tetapi, dalam film ini Disney menghadirkan alur cerita baru yang orisinal di mana penyihir tersebut justru menjadi pahlawan. Dia dang sang raja di wilayah tersebut sebenarnya saling jatuh cinta sampai sang raja mengkhianatinya.

Raja tersebut mencuri sayap miliknya dan membuat akhirnya dia berubah menjadi penyihir dan menghantui wilayah tersebut sampai sang penyihir menyukai putri Aurora. Penampilan apik dari Angelina Jolie sebagai sang penyihir jadi salah satu alasan film ini laku di pasaran. Dana produksi filmnya saat itu adalah 185 juta Dollar Amerika. Namun, pada akhirnya mereka berhasil membukukan pemasukan sebesar 800 juta Dollar.

Cindrella

Meskipun film Alice in Wonderland jadi pelopor live action adaptasi Disney, namun banyak pihak menganggap Cinderella adalah film yang Disney jadikan proyek pertama dari live action adaptasi animasi mereka. Rilis pada 2015, film ini tidak terlalu memiliki banyak perbedaan dengan alur cerita film animasinya yang rilis pada 1950. Para penonton banyak yang senang dengan film tersebut dan sangat menikmati filmnya.

Ongkos produksi fillm animasi Cinderella sendiri saat itu hanya 2,2 juta Dollar Amerika. Namun, yang luar biasanya adalah film animasinya berhaisl mendapatkan pemasukan hingga 96 juta Dollar. Untuk versi live action, dana produksi yang Disney gelontorkan mencapai 95 juta Dollar Amerika. Dan film yang disutradarai oleh Kenneth Branagh ini berhasil mengumpulkan pemasukan sekitar 540 juta Dollar Amerika.

The Jungle Book

Disney melanjutkan tren mereka dengan merilis film The Jungle Book pada 2016. Seri animasinya sendiri awalnya rilis pada 1967 di mana rumah produksi berhasil membukukan pemasukan 200 juta Dollar Amerika dengan mengeluarkan dana 74 juta Dollar Amerika untuk produksinya. Meskipun tone ceritanya jauh lebih kelam dari versi animasi, namun garis besar ceritanya tetap sama.

Film tersebut berfokus pada Mowgli yang mencoba kabur dari Shere Khan. Yang luar biasa dari adaptasi live-action The Jungle Book adalah filmnya menggunakan metode baru dalam pengambilan gambar. Sehingga, dengan pengguna metode baru tersebut rasanya juga sangat luar biasa filmnya berhasil mendapatkan pemasukan sebesar lebih dari 900 juta Dollar dari dana produksi sebesar 200 juta Dollar.

Beauty And The Beast

Film animasi dari Beauty and the Beast rilis pada 1991 jadi era keemasan bagi berbagai judul animasi Disney. Para penonton sangat senang dengan cerita dan animasi mereka yang mana film ini berhasil membukukan 450 juta Dollar Amerika. Disney kemudian membuat remake dari film ini yang rilis pada 2017 kemarin. Emma Watson dipilih untuk memerankan krakte Belle.

Beauty and the Beast versi terbaru ini memang sedikit merubah dari sosok Belle menjadi lebih cerdas. Para penonton benar-benar jatuh cinta dengan cerita dan keindahan filmnya, yang mana membuat The Beauty and the Beast juga berhasil membukukan pemasukan sebesar 1 milliar Dollar Amerika. Pemasukan ini bahkan sedikit lebih besar dari pemasukan milik Alice in Wonderland.

Aladdin

Salah satu cerita klasik Disney yang tidak kalah populer, Aladdin. Rilis pertama kali pada 1993, film Aladdin bercerita tentang sosok Aladdin yang merupakan pria miskin dan tidak sengaja menemukan lampu ajaib. Dia kemudian mendapatkan tiga keinginan setelah berhasil membebaskan Jin ajaib dari dalam lampu tersebut. Keuntungan sebesar 500 juta Dollar jadi bukti film klasik ini sukses.

Disney kemudian melakukan remake dari film ini pada 2019, yang mana filmnya cukup banyak jadi perbincagan dan kontroversi di kalangan fans. Yang paling banyak dibahas adalah bagaimana Disney memilik Will Smith untuk memerankan sosok Jin ajaib yang membantu Aladdin. Terlepas dari semua itu, live action Aladdin ini pun berhasil meraih kesuksesan dengan membukukan pemasukan sebesar 1 milliar Dollar.

The Lion King

Film live action Disney yang paling sukses tidak lain adalah The Lion King. The Lion King rilis pada tahun 1993 dan jadi salah satu film tersukses dan terpopuler. Film ini berhasil mendapatkan pemasukan sebesar lebih dari 700 juta Dollar. Namun, pemasukannya bertambah menjadi 900 juta Dollar setelah pihak Disney merilis 30 menit footage tambahan ketika mereka merilis filmnya dalam berbagai format.

Namun, kesuksesan The Lion King tidak berhenti sampai disitu. Dalam versi live action ini pun The Lion King berhasil mendapatkan kesuksesan besar. Sebnarnya, film ini bukan bagian dari live action pasalnya seluruh adegan dilakukan secara komputerisasi alias menggunakan CGI. Meskipun sempat ada kontroversi terakit hal ini, namun pada akhirnya film ini berhasil mendapatkan pemasukan sebesar 1,6 milliar Dollar Amerika yang jadi pemasukan terbesar dalam sejarah live action Disney.

Dumbo

Rilis pada 1941, Dumbo merupakan salah satu film Disney yang memiliki durasi pendek. Ceritanya sendiri berfokus pada seekor gajah bernama Dumbo yang memiliki keunikan di tubuhnya. Dia memiliki telinga yang besar dan mampu terbang. Dumbo juga berusaha untuk mencari keberadaan ibunya. Saat itu, filmnya berhasil mendapatkan pemasukan 1,3 juta Dollar atau 20 miliar Dollar Amerika jika menggunakan perhitungan di masa sekarang.

Dalam film Dumbo versi Tim Burton, sang sutradara mengadaptasi alur cerita dari film aslinya dan mengembangkannya di mana Dumbo diceritakan memiliki sebuah keluarga sirkus yang sayang kepadanya dan menghilangkan teman tikusnya, Timothy. Sayangnya, film ini gagal di pasaran dengan hanya memiliki pemasukan sebesar 350 juta Dollar saja dari dana produksi sebesar 170 juta Dollar.

Dengan Alice in Wonderland jadi film live action yang sukses meraih pemasukan besar, pada akhirnya membuat pihak Disney melanjutkan tren tersebut dengan merilis berbagai film lainnya. Sebagian film live action tersebut memang ada yang kurang berhasil, namun ada juga yang sukses besar.

Exit mobile version