Sosok Saint Figarland Garling kemungkinan adalah ayah dari salah satu karakter terkuat dalam series One Piece yaitu Shanks. Berbagai hal yang berkaitan dengan cerita masa lalu dan hal lainnya di wilayah Mary Geoise perlahan mulai terungkap. Setelah sebelumnya Oda mengungkap tentang sosok Nefertari Lily dan petunjuk tentang Poneglyph dan Tekad D, sekarang Oda hadirkan fakta lainnya.

Dalam manga One Piece chapter 1086 terungkap jika Im kemungkinan berasal dari salah satu kerajaan yang membentuk organisasi World Government. Im bisa jadi menggunakan kekuatan besar yang membuatnya hidup abadi. Namun, yang juga tidak kalah menarik adalah kemunculan sosok Saint Figarland Garling. Terdapat sebuah teori atau spekulasi menarik yang berkembang di kalangan fans jika dia ayah dari Shanks di cerita One Piece.

Siapa Saint Figarland Garling

Cerita tentang keluarga Figarland sendiri pertama kali muncul pada One Piece Film: Red. Dalam filmnya, Gorosei sempat mengatakan bahwa Uta kemungkinan adalah salah satu bagian dari keluarga Figarland. Hal ini karena koneksinya dengan sosok Shanks. Hal tersebut membuat para fans berpikir jika keluarga Figarland memang memiliki koneksi dengan Shanks.

Petunjuk tersebut membuat para fans juga berpikir jika keluarga Figarland adalah keluarga bangsawan tau merupakan salah satu dari 20 keluarga kerajaan yang ikut membentuk World Government. Para fans pun yakin jika hal tersebut adalah jawaban dari berbagai misteri tentang Shanks, di mana dia begitu dihormati oleh banyak orang. Bahkan, para Gorosei sendiri menerima baik sosok Shanks saat Reverie.

Oda Sensei kemudian memperkenalkan sebuah kelompok yang bernama Holy Knight, di mana kelompok ini bergerak di bawah perintah Im dan Gorosei. Para Holy Knight ditugaskan untuk melakukan investigasi terhadap upaya pembunuhan terhadap Saint Charlos dan peran dari Saint Mjosgard dalam upaya tersebut. Sejauh ini memang belum banyak informasi mengenai Holy Knight.

figarland garling shanks

Namun, yang pasti, mereka memiliki kekuatan dahsyat dan pengaruh yang sangat besar. Dengan diperkenalkannya Holy Knight, Oda juga ternyata semakin memperlihatkan peranan dari keluarga Figarland. Dan Oda pun seolah memberi tahu jika keluarga Figarland adalah canon untuk saat ini. Di chapter 1086 terungkap jika keluarga Figarland terkoneksi dengan Holy Knight. Ternyata, pemimpin Holy Knight adalah seseorang bernama Saint Figarland Garling.

Terdapat beberapa fakta menarik mengenai Garling, di mana dia ternyata ternyata adalah mantan pemimpin di wilayah God Valley. Dia juga nampak sangat jahat, yang mana memberikan petunjuk jika dia mungkin akan jadi salah satu villain yang akan dihadapi kru Topi Jerami dalam cerita yang akan datang. Dan berkaitan dengan Figarland dan Garling, muncul spekulasi yang berkembang di kalangan fans jika Garling adalah ayah dari Shanks.

Garling Adalah Ayah Shanks

Sejak pertama kali muncul di chapter pertama pada 1997, para fans tidak pernah mengetahui tentang asal-usul Shanks. Sosok Shanks juga bahkan sangat jarang muncul dalam cerita One Piece. Shanks baru mulai terlibat dalam cerita dan peristiwa besar pasca arc Wano. Namun, dengan alur cerita One Piece yang akan selesai Oda pun mulai memberikan sedikit informasi mengenai asal-usul Shanks.

Dalam booklet One Piece 4 Billion, terungkap jika Shanks memang ditemukan oleh Roger ketika masih bayi. Saat itu, Roger dan krunya berhasil keluar dari wilayah God Valley dan merebut berbagai harta karun. Dalam salah satu kotak ternyata di dalamnya terdapat bayi yang tidak lain adalah Shanks. Dan sejak saat itu, Shanks pun mulai menjadi bagian dari Roger.

Fakta bahwa Shanks adalah bagian dari keluarga Figarland dianggap sebagai salah satu petunjuk jika Saint Figarland Garling adalah ayah dari Shanks. Sikap yang Gorosei – dan Sengoku – perlihatkan kepada Shanks juga dianggap sebagai petunjuk lainnya. Hal yang juga bisa jadi petunjuk jika Garling adalah ayah Shanks dalam cerita One Piece adalah level kekuatan Shanks yang dahsyat.

figarland garling shanks

Shanks dan Garling sama-sama pengguna pedang. Dan Geeks tentunya sudah melihat bagaimana kedahsyatan kekuatan Shanks saat menghancurkan kelompok Eustass Kid dalam satu serangan. Belum lagi, Shanks juga memiliki kekuatan Haki yang mengerikan. Dalam cerita One Piece sendiri tidak jarang level kekuatan seorang karakter sama kuatnya dengan anggota keluarga lainnya. Misalnya keluarga Monkey yang sama-sama kuat.

Hal ini juga mungkin berlaku kepada keluarga Figarland, dalam hal ini Garling dan Shanks. Meskipun kemampuan berpedang dan teknik bertarung yang Shanks miliki merupakan hasil didikan dari Roger dan Rayleigh, namun ada kemungkinan jika sumber kedahsyatan kekuatan Shanks berasal dari ayahnya yaitu Garling. Hal ini menjelaskan mengapa kemudian Garling bisa menjadi pemimpin dari Holy Knight.

Petunjuk Lainnya

Yang juga bisa jadi petunjuk dari hal di atas adalah Garling merupakan mantan pemimpin God Valley. Seperti yang Geeks ketahui juga, pada 38 tahun lalu terdapat sebuah insiden bersejarah di wilayah tersebut di mana kelompok bajak laut Rocks menyerang naga langit. Insiden tersebut bernama Insiden God Valley. Garp pun berusaha melindungi naga langit tersebut dengan menghadapi Rocks dengan bantuan dari Roger.

Setelah kejadian tersebut pulau itu dinyatakan hilang dari sejarah. Teorinya pun menjelaskan jika Garling mungkin sengaja menyimpan Shanks di dalam kotak ketika momen pertarungan berlangsung. Garling berniat untuk melindungi anaknya dari bahaya. Namun, yang tidak terduga adalah kotak tersebut justru berhasil Roger curi karena mungkin dia menganggap di dalamnya adalah harta.

figarland garling shanks

Momen pertemuan kembali antara Shanks dan Garling tentunya jadi salah satu momen yang dinantikan oleh para fans. Namun, ketika hal tersebut terjadi mungkin mereka akan saling bertarung satu sama lain. Mengapa? Karena, keduanya sekarang memiliki pandangan dan yang berbeda. Shanks sendiri sekarang sudah menjadi bajak laut dengan titel Yonko dan Roger tentu memberikan banyak pengaruh bagi hidup Shanks.

Sedangkan, Garling merupakan sosok yang jahat yang berpikiran seperti halnya para naga langit lainnya. Hal ini tentu berbeda dengan pemikiran Shanks yang mana pertarungan keduanya mungkin akan terjadi. Kita nantikan saja ya Geeks fakta sebenarnya dari sosok Saint Figarland Garling dan koneksinya dengan sosok Shanks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.