Dari dahulu hingga sekarang konsep cerita crossover telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia hiburan. Khusus untuk dunia film dan komik sendiri, setidaknya ada dua waralaba besar yang telah menarik perhatian selama beberapa dekade, yaitu Transformers dan GI Joe. Keduanya memiliki basis penggemar yang cukup besar, dan yang terpenting Transformers dan GI Joe sama-sama bagian dari perusahaan hiburan Hasbro. Faktanya kedua waralaba ini memang pernah berkolaborasi untuk membuat cerita bersama. Berikut ini lima crossover Transformers dan GI Joe yang paling memorable!

GI Joe and the Transformers (1986)

Dari sejumlah crossover yang pernah dirilis, GI Joe and the Transformers sangat layak untuk disebut sebagai salah satu kisah yang paling memorable. Pasalnya di komik yang diterbitkan oleh Marvel Comics ini dua waralaba andalan Hasbro untuk pertama kalinya menggabungkan semesta mereka. Plotnya berfokus pada konflik antara para Transformers, serta organisasi GI Joe dan musuhnya Cobra, yang sama-sama ingin menguasai pembangkit listrik tenaga nuklir masif bernama Power Station Alpha. Meskipun awalnya sempat bekerja sama, tetapi akhirnya organisasi jahat Cobra sadar bahwa Decepticons Shockwave punya rencana sendiri yaitu menghancurkan Bumi dan semua isinya.

Transformers/GI Joe (2004)

crossover transformers GI Joe

Berlatar waktu sekitar tahun 1930-an, komik Transformers/GI Joe yang diterbitkan oleh Drweamwave Productions bercerita tentang dunia yang berada di ambang konflik besar. Crossover antara Transformers dan GI Joe ini bermula dari organisasi Cobra yang menemukan artefak Matrix dan kemudian menggunakannya untuk membangkitkan para Decepticons. Di sisi lain GI Joe mendapatkan bantuan dari Autobots untuk menghentikan semua kekacauan yang disebabkan Decepticons di seluruh dunia khususnya benua Eropa. Secara tidak langsung kisah Transformers/GI Joe ini ingin menggambarkan bagaimana jadinya jika Perang Dunia II melibatkan para alien robot raksasa dari luar angkasa.

GI Joe vs the Transformer (2004)

crossover transformers GI Joe

Datang dari penerbit komik Devil’s Due dan Image Comics, GI Joe vs Transformers adalah crossover selanjutnya yang terbilang cukup memorable bagi para penggemar kedua waralabanya. Alasannya di komik ini Autobots dan Decepticons digambarkan sebagai kendaraan dan senjata perang organisasi Cobra. Semuanya bermula ketika mereka menemukan Ark yang di dalamnya terdapat para Transformers dalam keadaan stasis. Cobra lantas memprogram ulang para Transformers agar tunduk kepada pemimpin mereka yang bernama Cobra Commander. Namun seiring berjalannya waktu, Autobots akhirnya sadar dan mulai berbalik melawan Cobra dengan bantuan dari sekutu manusia GI Joe.

Black Horizon (2007)

crossover transformers GI Joe

Tiga tahun setelah sukses dengan komik GI Joe vs the Transformers, penerbit Devil’s Due juga pernah merilis kisah lain berjudul Black Horizon yang dimaksudkan untuk menutup keseluruhan crossover komiknya. Premis utama di komik ini berfokus pada ancaman Unicron the Planet Eater yang mengadakan kesepakatan dengan entitas bawah tanah misterius bernama Cobra-La. Di mana mereka bersama-sama akan memakan Bumi ketika peradaban dan teknologi manusia lebih maju agar lebih ‘mengenyangkan’. Pada titik inilah organisasi rahasia GI Joe dan para Autobots harus berpacu dengan waktu agar bisa mencegah kehancuran Bumi yang disebabkan oleh Unicron dan Cobra-La.

Transformers vs GI Joe (2014-2016)

crossover transformers GI Joe

Transformers vs GI Joe dari penerbit IDW adalah crossover sukses lainnya yang terbilang berumur panjang dan disukai oleh banyak penggemarnya. Kisah epiknya dimulai ketika Decepticons Megatron dengan sengaja membawa planet asal Transformers yang disebut Cybertron untuk memasuki tata surya Bumi. Dia lantas mengutus sejumlah Decepticons agar para manusia mau menyerahkan Bumi. Dalam prosesnya, GI Joe yang juga tengah disibukan dengan ancaman organisasi teroris Cobra mau tidak mau harus melawan. Perang antara Cybertron dan Bumi pun akhirnya pecah. Untungnya para GI Joe mendapatkan bantuan dari kelompok robot luar angkasa lainnya yang tidak lain adalah Autobots.

Itulah lima kisah crossover GI Joe dan Transformers yang paling memorable. Sejauh ini memang sebagian besar crossover mereka lebih banyak dihadirkan melalui cerita komik. Namun belum lama ini beredar sebuah rumor menarik yang menyebutkan bahwa crossover antara kedua waralaba tengah berusaha diwujudkan dalam bentuk film live action. Dengan dirilisnya film Transformers Rise of the Beasts di bioskop, sepertinya akan sangat menarik jika suatu hari nanti ide crossover seperti ini bisa terwujud. Seandainya benar, dari semua kisah paling memorable ini mana yang paling ingin kalian lihat versi live actionnya, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.