Kisah crossover selalu menjadi hal yang diimpi-impikan oleh para penggemar media hiburan di seluruh dunia. Karena sejatinya crossover sering kali menggambarkan kolaborasi epik dari dua dunia yang sama-sama besar dan populer. Namun khusus untuk penggemar Transformers, ternyata crossover bukan hanya sekadar impian. Pada kenyataannya terhitung sejak tahun 1980-an sampai hari ini, ada banyak sekali media hiburan lain khususnya komik yang menggabungkan dunianya dengan Transformers. Dari sekian banyak crossover Transformers, berikut ini tujuh kisah paling epik sepanjang masa!

GI Joe and the Transformers (1986)

Sama-sama berasal dari perusahaan hiburan Hasbro, penggabungan dunia GI Joe dan Transformers adalah salah satu kisah crossover paling heboh pada tahun 1980-an. Pasalnya tidak banyak penggemar yang menyangka bahwa waralaba yang sama-sama besar ini akan merilis sebuah komik kolaborasi berjudul GI Joe and Transformers. Kisah yang bercerita tentang konflik GI Joe/Autobots versus teroris Cobra/Decepticons ini berfokus pada pertempuran yang memperebutkan pembangkit listrik tenaga nuklir. Kesuksesan crossover-nya sendiri bahkan sampai melahirkan judul lain dari berbagai penerbit, termasuk Transformers/GI Joe (2004) dan Transformers vs GI Joe (2014).

New Avengers/Transformers (2007)

crossover transformers heboh

Ketika kolaborasi antara Transformers dan GI Joe sudah dianggap terlalu mainstream, Marvel pernah kembali membuat para penggemar heboh dengan merilis komik crossover baru berjudul New Avengers/Transformers. Di komik inilah untuk pertama kalinya Tony Stark alias Iron Man menciptakan armor Anti-Transformer setelah mengetahui eksistensi Decepticons di muka Bumi. Ketika dia bersama para Avengers lain berusaha menyerbu markas Decepticons, pada titik inilah mereka bertemu dengan Optimus Prime dan para Autobots lainnya yang memutuskan untuk membantu. Pertempuran pun selesai dengan kekalahan Megatron dan para Decepticons yang akhirnya pergi meninggalkan Bumi.

Star Trek vs. Transformers (2018)

crossover transformers heboh

Berbicara tentang media hiburan bergenre sci-fi dan luar angkasa, sebenarnya ada beberapa kemiripan antara Star Trek dan Transformers. Hal ini bahkan pernah dibuktikan melalui crossover yang cukup heboh berjudul Star Trek vs. Transformers dari penerbit IDW. Di mana para kru pesawat luar angkasa Enterprise, diceritakan memenuhi panggilan darurat yang berasal dari para Autobots. Sejurus kemudian mereka langsung terjebak di antara perang Autobots dan Decepticons yang telah berlangsung selama miliaran tahun di Planet Cybertron. Kerja samanya dengan Autobots bahkan secara tidak langsung membuat para kru Enterprise tersebut masuk dalam daftar pahlawan Cybertronian.

Mazinger Z Vs. Transformers (2019)

Seakan-akan robot raksasa dari luar angkasa masih belum cukup menghibur, waralaba Transformers juga pernah merilis kisah crossover heboh lainnya bersama manga Mazinger Z. Melalui manga khas Jepang berjudul Mazinger Z Vs. Transformers, para Autobots diceritakan harus bekerja sama dengan mecha raksasa pertama. Mereka harus bisa mengesampingkan perbedaan jika ingin mengalahkan persekutuan Decepticons dengan musuh Mazinger yang bernama Dr. Hell. Para mangaka veteran seperti Go Nagai (Mazinger) bersama Hirofumi Ishikawa dan Naoto Tsushima (Transformers) bahkan sampai turun gunung untuk membantu pengerjaan komiknya.

Ghosts of Cybertron (2019)

crossover transformers heboh

Ghost of Cybertron adalah komik crossover antara Transformers dan Ghostbusters yang berhasil membuat para penggemar heboh saat pertama kali mendengarnya. Karena sebelumnya tidak terbayangkan bagaimana jadinya jika kisah robot digabungkan dengan dunia hantu. Lagi-lagi dari penerbit IDW, komik ini bercerita tentang Autobots yang sengaja meninggalkan Cybertron dan akhirnya mendarat di Bumi karena menerima panggilan darurat dari Ghostbusters. Meskipun terdengar konyol, melalui cerita ini akhirnya terungkap bahwa ternyata para Transformers juga bisa kerasukan dan beberapa di antaranya bahkan ada yang takut dengan hantu robot.

Transformers vs. The Terminator (2020)

crossover transformers heboh

Berlangsung pada masa depan yang sangat jauh, crossover Transformers vs Terminator bisa dibilang telah berhasil menghadirkan konsep cerita yang cukup unik sekaligus bikin heboh. Di mana para Decepticons berhasil mengalahkan AI jahat Skynet dan akhirnya menguasai Bumi secara keseluruhan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Skynet lantas mengirim sejumlah Terminator andalan mereka ke masa lalu untuk mengalahkan para Transformers yang masih dalam keadaan lemah. Konsep cerita ini membuktikan bahwa Decepticons sebenarnya jauh lebih kuat sekaligus berbahaya dari Skynet dan pasukan Terminator-nya yang berwajah Arnold Schwarzenegger.

My Little Pony/Transformers (2020)

crossover transformers heboh

Jika menurut kalian kolaborasi Transformers dengan Ghostbuster sudah cukup aneh, kalian mungkin tidak pernah menyangka bahwa Optimus Prime dan Transformers lainnya akan melakukan crossover yang cukup heboh dengan My Little Pony. Pada kenyataannya kolaborasi antara dua waralaba yang berbeda genre ini sebenarnya cukup masuk akal, karena baik Transformers maupun My Little Pony sama-sama dimiliki oleh Hasbro. Persahabatan antara robot luar angkasa dan kuda poni pelangi ini dimulai ketika Queen Chrysalis yang jahat mengirim Autobots dan Decepticons ke Equestria. Pada titik inilah ke-gemoy-an My Little Pony berhasil membantu Transformers kembali ke tempat asalnya.

Itulah tujuh crossover Transformers paling heboh yang mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Pertemuan dan pertempuran antara karakter yang berasal dari beragam dunia ini pada akhirnya membuat banyak penggemar Transformers dan waralaba lainnya merasa terpuaskan. Karena tidak semua media hiburan bisa melakukan apa yang dilakukan oleh Transformers dan kolaboratornya. Dari semua crossover heboh ini mana yang menurut kalian paling ‘out of the box’, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.