Wilayah God Valley kemungkinan adalah rumah bagi kaum naga langit di dunia One Piece, yang mana salah satunya adalah rumah bagi keluarga Saint Figarland. Nama God Valley memang belum terlalu lama muncul dalam cerita One Piece. Wilayah tersebut terkenal akan sebuah peristiwa besar yang tidak banyak orang-orang ketahui. Wilayah tersebut juga nampaknya menjadi salah satu wilayah yang penting.

Dalam cerita One Piece memang ada banyak wilayah yang populer dan penting, seperti kepulauan Sabaody yang jadi tempat awal berkumpulnya Worst Generation. Atau bahkan wilayah Wano yang terkenal sebagai wilayah yang tertutup dari dunia luar. Namun, ada satu tempat yang menarik dan penuh misteri yaitu God Valley. Ada kemungkinan jika God Valley adalah rumah bagi kaum naga langit.

Insiden God Valley

Geeks mungkin mengingat wilayah God Valley melalui cerita yang dihadirkan oleh Sengoku, di mana terdapat sebuah peristiwa besar yang terkenal dengan nama ‘God Valley Incident’ atau ‘Insiden God Valley.’ Insiden God Valley sendiri terjadi hampir empat dekade lalu. Menurut penuturan Sengoku, insiden God Valley merupakan salah satu insiden atau peristiwa paling bersejarah di dunia One Piece.

Saat itu, pasukan bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D Garp, bertarung menghadapi kelompok bajak laut paling mengerikan di dunia, Rocks D Xebec. Sampai saat ini masih menjadi misteri apa yang kemudian menjadi alasan awal mula pertempuran tersebut pecah. Tetapi, dari beberapa detail yang dihadirkan pada saat kejadian diduga para angkatan laut sedang melindungi kaum naga langit.

god valley one piece

Dalam cerita One Piece kita beberapa kali melihat para kaum naga langit tidak selamanya berdiam di Mary Geoise. Mereka akan pergi ke berbagai tempat, contohnya adalah ketika Saint Charlos ada di wilayah Sabaody. Berdasarkan penuturan Sengoku, penyerangan terhadap kaum naga langit ini menjadi salah satu cara bagi Rocks untuk bisa mewujudkan mimpinya, menjadi penguasa dunia.

Dengan kekuatan dari kelompok Rocks yang sangat dahsyat, membuat para angkatan laut pun sedikit kewalahan menghadapi mereka. Dan momen epik pun terjadi di tengah-tengah pertarungan. Angkatan laut, khususnya Garp, menjalin aliansi untuk menghadapi Rocks. Kelompok Rocks sendiri pada saat itu diketahui memiliki kekuatan yang jauh lebih dahsyat bahkan dari Roger sendiri.

Pasca kekalahan di God Valley, seluruh kru bajak laut Rocks pun akhirnya memutuskan untuk bubar dan menjalani hidup mereka masing-masing. Dan menurut penuturan Sengoku, pasca kejadian itu juga Im memutuskan untuk menghancurkan pulau God Valley dan mengapus catatan sejarah tentang peristiwa tersebut dan tentang pulau itu. Inilah alasan mengapa tidak banyak orang yang tahu tentang God Valley atau peristiwa God Valley.

Rumah Kaum Naga Langit

Selama ini, Geeks mungkin tahu jika rumah bagi para kaum naga langit adalah Mary Geoise yang ada di atas Red Line. Namun, bagaimana jika ada wilayah lain yang jadi rumah bagi kaum naga langit yang tidak lain adalah God Valley. Inilah yang mungkin jadi alasan mengapa wilayah tersebut memiliki nama ‘God Valley’ atau ‘Lembah Dewa.’ Serta, bisa jadi juga ini alasan ada banyak naga langit di wilayah tersebut.

Namun, petunjuk terbesarnya sendiri muncul di akhir chapter 1086. Dalam chapternya, diperlihatkan bagaimana Saint Mjosgard harus mendapatkan sanksi berupa hukuman mati. Hal ini setelah Mjosgard melindungi Shirahoshi dengan menghajar Saint Charlos. Yang kemudian menjadi algojonya sendiri adalah karakter baru bernama Saint Figarland Garling. Dia adalah pemimpin dari kelompok Holy Knight.

Yang menarik adalah dalam kotak informasi di panel tersebut dijelaskan jika Garling adalah mantan pemimpin di wilayah God Valley. Berdasarkan hal tersebut, artinya wilayah God Valley memang bukan sebuah wilayah biasa. Itu merupakan rumah bagi banyak kaum naga langit selain di Mary Geoise, termasuk keluarga Saint Figarland di mana mereka adalah pemimpin di wilayah tersebut.

god valley one piece

Hal ini menjawab teka-teki mengapa kemudian Shanks bisa ditemukan oleh Roger di wilayah God Valley dalam sebuah peti harta karun. Shanks ternyata lahir di wilayah tersebut. Tetapi, masih ada banyak pertanyaan besar yang muncul terkait God Valley. Misalnya, mengapa kemudian Shanks bisa ada di dalam kotak harta karun dan ditemukan oleh Roger?

Apa alasan Im menghancurkan God Valley? Mengapa kemudian mengangkat Garling jadi pemimpin Holy Knight jika kemudian wilayah God Valley dihancurkan? Mungkin, Oda akan menghadirkan petunjuk untuk jawaban dari berbagai pertanyaan tersebut pada chapter yang akan datang. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.