Spider-Man memang dipanggil dengan sebutan Friendly Neighborhood. Pasalnya, dia sangat ramah dan gemar menolong. Spider-Man tak ragu membahayakan nyawanya untuk menyelamatkan seseorang, sehingga wajar banyak yang mengelu-elukan namanya. Nah sebenarnya nih Geeks, DC Comics juga memiliki pahlawan yang mirip dengan Spider-Man. Bahkan dia sering dianggap kembaran Spider-Man, meski keduanya memiliki kekuatan berbeda. Pahlawan tersebut bernama Sideways, yang juga dianggap pahlawan “Friendly Neighborhood-nya” dari DC Universe. Apalagi penampilan mereka terlihat mirip. Lantas siapa dia? Simak pembahasannya berikut ini Geeks!

Pahlawan Berkekuatan Dahsyat

Sideways bernama asli Derek James. Dia hidup di Earth Prime yang awalnya tenang. Saat Derek James sedang dalam perjalanan menuju Kota Gotham bersama ibunya, Batman Who Laughs dari Dark Multiverse muncul untuk menyerang Prime Earth. Ketika serangan itu, Derek mengalami kecelakaan yang membuatnya masuk ke sebuah portal dimensional yang mengarah ke Dark Multiverse. Tetapi beruntung karena Derek berhasil kembali beberapa hari kemudian. Tetapi kemudian Derek menyadari bahwa dia mendapatkan kekuatan berlimpah berkat kekuatan Dark Multiverse yang “tersedot” olehnya.

Dengan kekuatannya, Derek mampu memiliki berbagai kemampuan dahsyat, mulai dari membuat blackhole alias lubang hitam, hingga melakukan teleportasi lintas dimensi. Tentu saja itu menjadi kekuatan dahsyat dan berbahaya, sehingga membuat Derek membutuhkan waktu untuk menguasainya. Dia kemudian menemukan fakta bahwa Blackhole yang dia ciptakan akan berpotensi kehilangan kendali, dan menjadi besar untuk menyedot semua materi dan energi yang ada disekitarnya. Bahkan, blackhole itu bisa menghancurkan seluruh tata surya.

Beruntung karena kemudian Tempus Fuginaut, makhluk yang termasuk ras Fuginaut, yang bertugas melindungi alam semesta dari kekuatan Dark Dimension, datang ke Prime Earth dengan tujuan untuk menghentikan Sideways agar dia tidak membuat kerusakan yang besar terhadap ruang dan waktu. Tempus akhirnya melatih Sideways tentang cara menggunakan kekuatannya. Setelah mendapat kekuatan itulah Derek James menggunakan nama Sideways sebagai identitasnya.

Kehidupannya Mirip Spider-Man

Nah jika Peter Parker mengandalkan kemampuan memotretnya di Daily Bugle untuk mencari uang, lain halnya dengan yang terjadi kepada Derek. Derek juga gemar memotret, tetapi untuk dirinya sendiri. Dia juga sering membuat video yang memperlihatkan saat dia menggunakan kekuatannya untuk berlari kencang melintasi kota sebagai pahlawan Sideways. Videonya pun dia posting di akun media sosialnya, sehingga mendapat banyak pengikut. Yap, Derek memang lebih terbuka ketimbang Peter, karena dia mengekspos kekuatannya. Tetapi Peter Parker juga pernah memfoto kemampuan Spider-Mannya sendiri, dan hasil fotonya diberikan kepada Daily Bugle.

Sama seperti Spider-Man yang bergabung dengan Avengers, sepanjang kariernya sebagai superhero, Derek juga pernah bergabung dengan Young Justice League. Young Justice League adalah grup superhero yang akan populer dan mirip Justice League. Tetapi anggotanya jauh lebih muda. Dalam tim tersebut, Derek bergabung dengan anggota lainnya seperti Aqualad, Spoiler, dan Arrowette, bersama dengan Impulse, yang akan dipanggil ketika Young Justice League membutuhkan bala bantuan. Derek juga pernah membantu Connor Kent saat melarikan diri ke Bumi setelah tugas singkatnya di Skartaris. Dengan kekuatannya yang masif, Sideways sudah banyak membantu orang-orang disekitarnya.

Sideways mungkin menjadi pahlawan DC yang kurang terkenal, meski dia memiliki kekuatan yang dahsyat. Memang dari segi kekuatan, kekuatan Sideways dan Spider-Man berbeda sangat jauh. Tetapi ada kemiripan dari segi kepribadian, motivasi, dan desain karakternya yang dibuat miirp. Setelah seri edisi ke-13nya dibatalkan, Sideways jarang muncul di DC Comics. Itulah dia Geeks pembahasan mengenai Sideways yang digadang-gadang menjadi kembaran Spider-Man dari DC Universe.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/