Dalam industri film Hollywood ternyata ada beberapa crossover film yang akhirnya harus gagal total karena berbagai alasan. Dalam satu dekade terakhir industri film Hollywood saat ini didominasi oleh jagat sinematik yang muncul dari genre adaptasi buku komik. Meskipun ada banyak film baru yang muncul, namun film-film tersebut akhirnya harus kalah populer dari jagat sinematik superhero.

Terlepas dari hal tersebut, industri Hollywood sebenarnya mencoba untuk menghadirkan formula baru yaitu melakukan sebuah crossover. Menggabungkan dua “dunia” menjadi satu film tentunya bukan perkara mudah. Ada beberapa crossover film yang memang sukses besar. Namun, tidak sedikit juga crossover film yang justru gagal total. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Men In Black dan Jump Street

Pasca kesuksesan film 22 Jump Street para fans yakin jika film ketiganya akan segera diproduksi. Dan spekulasi tersebut bertambah kuat setelah Deadline sempat melaporkan jika memang sudah ada lampu hijau untuk pembuatan film 23 Jump Street. Namun, pada Desember 2014 sistem keamanan Sony berhasil diretas yang akhirnya membuat banyak informasi penting mengenai rencana besar mereka bocor di internet.

crossover film gagal total

Salah satu informasi yang bocor adalah rencana pembuatan crossover film Men in Black dan Jump street. Kabar ini bahkan sempat juga dikonfirmasi oleh Phil Lord dan Chris Miller yang jadi sutradara film Jump Street. Namun, crossover film yang akan berjudul ‘MIB 23’ ini kemudian gagal total karena dianggap terlalu rumit. Banyak ketidakcocokan dari kedua film juga dianggap jadi salah satu faktor kegagalan crossover tersebut.

Die Hard dan 24

Die Hard merupakan film aksi yang sangat populer dan ikonik bahkan hingga saat ini. Ceritanya sendiri berfokus pada seorang polisi bernama John McClane yang diperankan oleh Bruce Willis. Sedangkan, 24 adalah series yang populer yang tayang dari 2001 sampai 2010. Series yang berfokus pada sosok karakter Jack Bauer ini sempat akan dibuat dalam versi layar lebarnya pada 2006.

crossover film gagal total

Namun, yang lebih heboh adalah kabar crossover antara Die Hard dan 24 muncul pada 2010. Judulnya sendiri adalah ‘Die Hard 24/7.’ Sayangnya, meskipun pihak rumah produksi Fox saat itu memang serius ingin menghadirkan crossover tersebut tetapi Kiefer Sutherland kurang mendukung rencananya. Aktor yang merupakan pemeran dari Jack Bauer tersebut lebih ingin fokus membangun franchise dari film 24.

Godzilla/Kong dan Pacific Rim

Bagaimana jika para Jaegers bertarung menghadapi monster seperti Kong atau Godzilla? Inilah yang sempat muncul dalam ide crossover antara film Pacific Rim dan juga Godzilla serta Kong. Rumor crossover ini pertama kali muncul ke permukaan pada 2017, di mana sutradara Pacific Rim sempat mengatakan jika sempat ada diskusi tentang kemungkinan crossover tersebut.

crossover film gagal total

Sayangnya, sebulan pasca informasi tersebut muncul kabar tentang rencana crossover dua film itu akhirnya harus gagal total. Steven De Knight, sutradara Pacific Rim, kemudian mengatakan bahwa tidak mungkin dua film tersebut untuk melakukan crossover. Meskipun akhirnya crossover tersebut gagal total, untungnya dua monster tersebut berhasil melakukan crossover dalam MonsterVerse yang dibangun oleh rumah produksi WB yaitu Godzilla vs Kong.

Jay And silent Bob dan Hellraiser

Film Jay and Silent Bob adalah tonggak sejarah bagi sosok Kevin Smith dan juga Ben Affleck di mana film tersebut memengaruhi karir mereka di industri Hollywood. Meskipun bukan film yang fenomenal, Jay and Silent Bob tetap jadi salah satu film ikonik yang memiliki cukup banyak penggemar. Yang menarik adalah di awal tahun 2000an popularitas filmnya hampir menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

crossover film gagal total

Ada sebuah rencana untuk melakukan crossover antara film Jay and Silent Bob dengan film Hellraiser. Kabar ini dibagikan oleh Kevin Smith pada 2012 melalui sebuah wawancara. Saat itu, bos Miramax, Bob Weinstein, berpikir jika menggabungkan dua film tersebut adalah ide yang bagus. Bahkan, Ben Affleck mendukung ide tersebut. Namun, nyatanya itu hanya sekedar diskusi belaka tanpa ada kemungkinan yang serius.

Jaws dan National Lampoon’s Animal House

Jaws merupakan salah satu film yang bersejarah di industri Hollywood yang memberikan dampak besar bagi dunia perfilman. Namun, film yang bercerita tentang bencana serangan hiu di laut tersebut sempat akan muncul dengan cerita yang berbeda yaitu komedi. Dan cerita tersebut akan mereka hadirkan di film Jaws 3 dan filmnya juga akan berkolaborasi dengan National Lampoon’s Animal House.

Ide tersebut muncul setelah film Airplane! membuktikan jika film komedi atau parodi bisa sukses. Namun, ide crossover dua film ini akhirnya gagal total setelah Steven Spielberg tidak menyetujui rencananya padahal pihak Universal sudah mengeluarkan dana 2,5 juta Dollar Amerika untuk pra produksi. Bagi Spielberg, rencana tersebut dianggap sebagai sebuah penghinaan bagi film Jaws.

Jason Vorhees/Freddy Krueger dan Ash Williams

Ash Williams merupakan karakter protagonis yang ikonik dari film the Evil Dead yang sempat memutuskan untuk berhenti dari industri hiburan. Namun, dia kembali di tahun 2013 kemarin dalam reboot filmnya. Bruce Campbell sempat akan kembali muncul sebagai Ash Williams di tahun 2000an dalam sebuah rencana yang menarik dan gila yaitu crossover dengan dua karakter ikonik, Jason Vorhees dan Freddy Krueger.

Kabar ini muncul dalam laporan Bloody Disgusting pada akhir 2004 lalu. Pihak New Line Cinema sempat hendak membeli hak cipta untuk bisa menggunakan Ash di film mereka. Sayangnya, rencana ini kemudian gagal total. Karena, Sam Raimi berencana untuk melakukan remake dari film Evil Dead. Padahal, film ini sudah memiliki judul yaitu ‘Freddy vs. Jason vs. Ash.’ Pada akhirnya, film Jason vs. Freddy yang dibuat. Meskipun gagal terwujud dalam versi film, pertarungan ketiganya terwujud dalam cerita buku komik.

Melakukan crossover film memang merupakan ide yang menarik. Menggabungkan dua film atau franchise yang berbeda akan menghasilkan keuntungan yang besar dan tentunya menghasilkan cerita yang luar biasa. Di sisi lain, crossover tersebut mewujudkan impian para fans. Namun, contoh di atas adalah bukti bahwa tidak semua ide crossover bisa berjalan dengan baik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.