Rilis perdana tahun 2019, Knives Out adalah film bergenre komedi misteri dari sutradara Rian Johnson yang menceritakan upaya detektif Benoit Blanc dalam memecahkan kasus pembunuhan misterius. Meskipun filmnya tayang beberapa tahun lalu, tetapi sampai hari ini masih banyak penggemar yang menyukai kisahnya, termasuk sekuelnya Glass Onion: A Knives Out Mystery yang tayang di Netflix tahun lalu. Selain Knives Out, sebenarnya ada beberapa film Hollywood lain yang cukup mirip, baik genre maupun nuansanya. Berikut ini lima rekomendasi film mirip Knives Out yang layak untuk kalian saksikan juga, Geeks!

Murder on the Orient Express (2017)

Film mirip knives OutFilm mirip Knives Out yang pertama adalah Murder on the Orient Express dari sutradara Kennet Branagh yang mengadaptasi novel misteri berjudul sama karya Agatha Christie. Di film bergenre misteri ini Branagh bahkan ikut berperan sebagai detektif Hercule Poirot yang terkenal karena kumis khas dan kemampuan deduksinya yang luar biasa. Premis filmnya bermula ketika ketenangan Poirot yang menumpang kereta Orient Express tiba-tiba berubah saat seorang penumpang ditemukan tewas. Pada titik inilah mau tidak mau dia harus segera menemukan pembunuh yang bersembunyi di antara penumpang lainnya, sebelum Orient Express sampai ke tujuan.

Crooked House (2017)

Film mirip knives Out

Crooked House adalah film bergenre misteri selanjutnya yang juga mengadaptasi novel karya Agatha Christie. Bedanya di film dari sutradara Gilles Paquet-Brenner ini yang menjadi detektifnya adalah mantan diplomat bernama Charles Hayward (Max Irons). Salah satu kasus pertamanya muncul ketika pebisnis bernama Aristide Leonides tewas secara misterius. Hayward memulai investigasinya dengan tersangka utama yang ternyata cucu Leonides. Seiring dengan berjalannya waktu, fakta baru perlahan-lahan mulai terungkap. Mirip seperti Knives Out pembunuhan di film ini juga melibatkan racun yang pelakunya tidak lain adalah keluarga terdekat yang sebenarnya tidak saling akur.

Bad Times At The El Royale (2018)

Film mirip knives Out

Datang dari sutradara Drew Goddard, Bad Times at the El Royale adalah film original yang berfokus pada sekelompok orang asing. Di mana diam-diam mereka saling menjaga rahasia masing-masing. Mirip seperti Knives Out, film bergenre thriller ini melibatkan aktor Hollywood populer, termasuk Dakota Johnson dan Chris Hemsworth. Berlatar waktu sekitar tahun 1969 di sebuah hotel perbatasan Nevada dan California, siapa sangka ternyata para orang asing ini punya hubungan penuh twist yang mereka sembunyikan. Selain misteri, film ini juga menyuguhkan adegan dan dialog para karaktenya yang penuh dilema dan kejutan.

Murder Mystery (2019)

Murder Mystery adalah film tentang detektif modern dari sutradara Kyle Newacheck yang melibatkan aktor besar seperti Adam Sandler dan Jennifer Aniston. Tayang di saluran streaming Netflix, plot Murder Mystery tampaknya banyak mengambil inspirasi dari novel Agatha Christie mirip seperti Knives Out. Kisahnya berfokus pada pasangan suami istri yang mencoba memperbaiki hubungan melalui sebuah kasus pembunuhan yang tiba-tiba muncul di tengah-tengah mereka. Sukses menghibur para pelanggan Netflix, bulan Maret lalu Sandler dan Aniston kembali mengulang perannya di sekuel berjudul Murder Mystery 2.

Death on the Nile (2022)

Film mirip knives Out

Film Death on the Nile adalah adaptasi novel misteri Agatha Christie lainnya tentang Detektif Hercule Poirot. Di mana Kenneth Branagh kembali bertindak sebagai sutradara sekaligus bintang filmnya. Kasus pembunuhan di film ini terjadi di atas sebuah perahu mewah yang melintasi sungai Nil. Lagi-lagi perjalanan Poirot yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi penuh misteri. Karena dia harus menemukan pelaku di antara orang terdekat mendiang Linnet Ridgeway-Doyle (Gal Gadot) yang ikut dalam perjalanan wisata mewah tersebut. Alasan mengapa film ini mirip Knives Out, karena pelakunya sama-sama orang dalam yang menginginkan harta korban.

Itulah lima film misteri Hollywood yang mirip dengan Knives Out. Secara garis besar semua film ini sama-sama berlangsung di sebuah tempat dan melibatkan orang-orang terdekat yang saling membenci. Pada akhirnya ada banyak sekali dilema dan hal-hal miris yang terjadi di seputar para karakter utamanya. Itulah mengapa menyaksikan film-film seperti ini terkadang membuat kita berpikir tentang arti hubungan manusia yang sesungguhnya. Dari semua film misteri ini mana yang paling ingin kalian tonton, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.