Film terbaru dari franchise Transformers yaitu Transformers: Rise of the Beasts akan segera tayang dan ada berbagai fakta menarik mengenai filmnya. Pertama kali rilis pada 2007 silam, film Transformers garapan Michael Bay sekarang berubah menjadi sebuah franchise yang besar. Sudah ada banyak film yang dirilis dari franchise ini, termasuk juga spinoffnya

Contoh dari hal tersebut adalah Bumblebee yang rilis pada 2018 kemarin. Film tersebut menjadi film terakhir dari franchisenya sebelum kemudian muncul kabar jika franchisenya akan menghadirkan film baru Transformers yaitu Rise of the Beasts. Film Transformers: Rise of the Beast sendiri memiliki berbagai fakta menarik. Apa saja? Berikut adalah ulasannya.

Hadirkan Karakter Berbeda

Yang paling mencolok dari Transformers: Rise of the Beasts adalah perbedaan karakter dan karakter yang berbeda. Jika di film-film sebelumnya para penonton disuguhkan oleh kelompok klann Autobots dan juga Decepticons, maka dalam film Rise of the Beasts kita akan menyaksikan dua kelompok lainnya dari planet Cybertron yaitu Maximals dan Predacons. Maximals sendiri adalah kelompok yang mirip seperti Autobots, sedangkan Predacons adalah kelompok yang mirip dengan Decepticons.

Maximals adalah binatang mamalia dan sejenisnya, sedangkan Predacons adalah binatang predator, serangga, dan sejenisnya. Selain itu, tema cerita juga akan sangat berbeda. Pertempuran antara Decepticons dan para Autobots demi memperebutkan AllSpark jadi tema utama cerita di berbagai film sebelumnya. Namun, di film ini kita akan disuguhkan oleh cerita yang baru yaitu bumi yang terancam oleh kemunculan sosok robot raksasa jahat yang hendak menghancurkan bumi yaitu Unicron.

Banyak Karakter Baru

Dengan kemunculan karakter yang berbeda, jelas film Rise of the Beasts menghadirkan fakta lainnya yaitu banyak karakter baru yang muncul dalam ceritanya. Contohnya adalah Optimus Primal yang merupakan pemimpin dari kelompok Maximals dan juga berbagai anggotanya serta kelompok Predacons. Yang juga termasuk dalam karakter baru adalah villain uatama di filmnya.

rise of the beasts

Dalam film ini, selain Geeks akan melihat pertarungan Maximals dan Predacons, akan ada juga pertarungan menghadapi sosok Unicron. Dalam cerita komiknya sendiri Unicron adalah Transformers yang memiliki ukuran yang sangat beasr. Karakternya sangat mirip dengan Galactus dalam cerita Marvel, di mana Unicron juga gemar untuk menghancurkan sebuah planet setelah menyerap energi kehidupan di planet tersebut.

Berubah Menjadi Binatang

Yang menarik juga adalah sesuai namanya, para Maximals dan Predacons justru bukan berubah menjadi mobil atau kendaraan lainnya melainkan binatang. Dalam franchise Transformers kita sering melihat bagaimana para Autobots dan juga Decepticons menyamar menjadi berbagai kendaraan. Ada yang menyamar menjadi mobil, truk, kendaraan berat, bahkan pesawat tempur.

rise of the beasts

Namun, berbeda dengan Maximals dan juga Predacon di mana mereka justru berubah menjadi binatang. Ada yang berubah menjadi hewan mamalia seperti Cheetah atau juga menjadi hewan predator lainnya. Ini tentunya menghadirkan keunikan tersendiri bagi franchise Transformers. Pasalnya, mungkin para fans sendiri sudah bosan dengan transformasi dari para Autobots dan Decepticons.

Ada Beberapa Predacons yang Dihapus

Meskipun Predacons adalah salah satu kelompok Transformers baru yang muncul di film Rise of the Beasts, namun sayangnya ada beberapa Predacons yang akhirnya tidak bisa muncul dalam film ini. Hal tersebut terungkap dalam wawancara sang sutradara, Steve Caple Jr. dengan Comicbook. Menurutnya, dia memang terpaksa harus menghilangkan beberapa Predacons yang akan muncul di film Rise of the Beasts.

rise of the beasts

Ada beberapa faktor yang kemudian memberikan keputusan untuk menghilangkan beberapa Predacons tersebut, di mana salah satunya adalah masalah durasi. Meskipun begitu, Steve Caple Jr. sendiri memastikan jika para karakter Predacons yang akan muncul akan memberikan dampak besar apalagi bagi para penggemar cerita Beast Wars.

Adaptasi Cerita Klasik

Film Transformers: Rise of the Beast ternyata mengadaptasi salah satu cerita klasik yang sangat populer yaitu Beast Wars. Menurut ceritanya, Beast Wars bersetting pada masa depan yaitu sekitar 300 tahun setelah Optimus Prime muncul dalam cerita utamanya. Ini juga merupakan sebuah cerita spinoff yang dihadirkan dalam cerita buku komiknya. IDW Publishing sempat menghadirkan kembali ceritanya pada 2021 kemarin.

rise of the beasts

Meskipun Rise of the Beasts akan mengadaptasi cerita Beast Wars, namun filmnya akan menghadirkan berbagai perubahan besar. Misalnya, setting cerita dari filmnya bukan terjadi ada masa depan atau 300 tahun yang akan datang. Namun, film tersebut justru bersetting pada era 1990an. Kemudian, elemen penting dari filmnya juga ada yang dirubah dan diseuaikan dengan alur cerita yang ada.

Kerja Sama Maximals dan Autobots

Film Rise of the Beast kemungkinan akan menghadirkan sebuah momen epik di mana para Autobots akan bekerja sama dengan Maximals. Hal ini bisa kita lihat dalam trailernya, di mana Optimus Prime bertemu dengan Optimus Primal yang merupakan pemimpin Maximals. Mereka akan bekerja sama untuk menghadapi ancaman besar yang hendak menghancurkan bumi.

rise of the beasts

Contohnya adalah Unicron. Dalam trailernya diperlihatkan jika unicron hendak menyerang bumi pada era 1990an. Kemudian, mereka juga akan bekerja sama untuk menghadapi kelompok baru yang mengincar para Maximals dan juga Predacons yaitu Terrorcons. Seperti apa kemudian kerja sama kedua kelompok pelindung bumi ini? Tentunya jawabannya ada di filmnya.

Memiliki Sutradara Berbeda

Bisa dikatakan bahwa franchise film Transformers adalah franchise film milik Michael Bay. Hal ini karena seluruh filmnya, mulai dari Transformers sampai Transformers: The Last Knight, merupakan film garapan Michael Bay. Bay kemudian memutuskan untuk pensiun menjadi sutradara film Transformers. Pihak Paramount kemudian menunjuk sutradara lainnya untuk menggarap proyek lain dan Rise of the Beasts jadi film kedua selain Bumblebee yang tidak ditangani oleh Michael Bay.

Jadi Film Sekuel

rise of the beasts

Ternyata film Transformers: Rise of the Beasts merupakan sekuel dari film produksi tahun 2018 yaitu Bumblebee. Produser film Transformers, Lorenzo Di Bonaventura, menyebutkan jika Rise of the Beasts memiliki nuansa yang sama dengan film pertama Transformers yang memulai franchisenya. Karena itulah, Rise of the Beast dianggap menjadi awalan yang baru bagi franchise Transformers ini. Dan yang menariknya adalah film ini kabarnya merupakan film pertama dari trilogi yang sudah disiapkan oleh pihak rumah produksi.

Berbagai fakta tentang film Transformers: Rise of the Beasts di atas memberikan gambaran jika film ini akan menghadirkan nuansa baru bagi franchisenya. Di sisi lain, film ini juga akan memberikan pengalaman yang baru terutama bagi para penggemar franchisenya dan juga penggemar cerita Beast Wars. Bagaimana Geeks, sudah siap untuk menonton filmnya?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.