Cara yang Im Sama lakukan untuk jadi pemimpin tunggal di World Government dan jadi penguasa dunia One Piece adalah dengan memanipulasi pikiran 19 raja lainnya. Seperti yang Geeks ketahui sejauh ini bahwa Im Sama merupakan pemimpin dari World Government yang merupakan organisasi penguasa di dunia One Piece. Sosok Im bahkan jauh lebih berkuasa dari Gorosei.

Para Gorosei, yang banyak orang duga adalah pemimpin dunia, justru adalah bawahan dari Im Sama. Semua perintah dari Im Sama harus segera mereka laksanakan dan semua keputusan besar harus sesuai dengan persetujuan Im Sama. Sayangnya, Oda Sensei sendiri masih belum banyak mengungkapkan informasi tentang Im termasuk bagaimana dia bisa berkuasa.

Jadi Pemimpin Tunggal

Selain sosok Im, tidak ada pemimpin lainnya yang berkuasa di dunia One Piece. Im Sama adalah pemimpin tunggal dan tidak ada yang mampu menggeser posisinya. Yang kemudian jadi pertanyaan besar para fans adalah bagaimana Im bisa jadi pemimpin dunia? Bagaimana Im Sama bisa jadi pemimpin satu-satunya ketika ada 19 kerajaan atau penguasa lainnya yang juga memiliki hak yang sama?

Dalam chapter 1060 kemarin Sabo mengaku kepada Dragon bahwa dia tidak sengaja melihat sosok Im istana Pangaea. Dia mengaku tidak percaya bahwa ada sosok penguasa dunia, sosok yang menduduki kursi singgasana kosong di World Government. Kemudian, di chapter 1084 kemarin ada informasi menarik yang muncul membahas pengenai terbentuknya World Government.

one piece im sama

Menurut penjelasan dari Nefertari Cobra, ketika organisasi World Government terbentuk seluruh aliansi kerajaan tersebut sepakat bahwa tidak boleh ada yang berkuasa atau di singgasana kosong yang tersedia. Mengapa? Hal tersebut demi menghindari ada dari salah satu mereka yang kemudian menjadi diktator atau sosok yang tidak adil terhadap kerajaan lain dan para penduduk.

Tetapi, Cobra kemudian terkejut ketika ada satu orang misterius yang muncul dan duduk di singgasana kosong tersebut. Dia tidak lain adalah Im. Di chapter 1085, Cobra sebenarnya mengaku pernah mendengar sosok Im. Sayangnya, sebelum kemudian Cobra memberikan penjelasan tentang siapa Im sebenarnya dia langsung mendapatkan serangan fatal yang hampir merenggut nyawanya.

Cara Im Berkuasa

Berdasarkan penjelasan di atas, pertanyaan besarnya kemudian bagaimana Im bisa berkuasa? Bagaimana Im bisa “melanggar” perjanjian atau kesepakatan yang terjalin antara 19 kerajaan yang ada? Berkaitan dengan hal tersebut terdapat sebuah teori menarik yang berkembang di kalangan fans yang coba menjelaskan bagaimana Im bisa berada di tampuk kekuasaan.

Menurut teorinya, ada kemungkinan Im bisa berkuasa seperti sekarang karena dia sudah memanipulasi atau bahkan menghapus ingatan dari 19 raja yang ada. Secara logika, Im tentunya tidak mungkin berkuasa seperti sekarang jika tidak ada hal buruk yang dia lakukan. Ada beberapa kemungkinan yang muncul, pertama Im menghabisi seluruh 19 pemimpin yang ada di mana dia mengkhianati seluruh kerajaan tersebut.

one piece im sama

Kemungkinan kedua adalah Im melakukan sesuatu terhadap 19 raja tersebut, seperti memanipulasi ingatan mereka. Meskipun kemungkinan pertama memiliki presentase yang cukup besar, namun kemungkinan kedua yang dirasa lebih logis. Teorinya sendiri menjelaskan bahwa Im mungkin memiliki kekuatan yang mirip seperti Memo Memo no Mi milik Charlotte Pudding.

Im Sama mengambil ingatan seluruh raja tersebut dan menghapusnya. Bisa jadi juga Im memiliki kekuatan lain yang bisa memanipulasi pikiran orang lain. Im sengaja membuat 19 raja tersebut berpikir bahwa singgasana kosong tersebut akan selamanya kosong dan tidak ada orang yang menempati singgasana tersebut. Dengan demikian, Im Sama kemudian mampu berkuasa selama ratusan tahun.

Hanya Nefertari Lily yang Tahu

Pertanyaan besar lainnya adalah mengapa Lily dianggap musuh oleh Im? Di chapter 1085 memang ada jawaban untuk pertanyaan tersebut yaitu dia merupakan bagian dari klan D. Lily juga dianggap sebagai pengkhianat karena tidak mau menerima titel naga langit dan bergabung untuk tinggal bersama mereka, meskipun Lily juga adalah salah satu pendiri dari World Government.

Bisa jadi ada alasan lain mengapa kemudian Im menganggap Lily sebagai musuh. Apa itu? Kemungkinan, Lily tahu fakta sebenarnya mengenai apa yang Im Sama lakukan. Karena Lily menganggap hal tersebut tidak benar dia kemudian berusaha untuk menghentikan upaya dari Im Sama. Sayangnya, kekuatan Im terlalu kuat untuk Lily hadapi yang mana kemudian inilah alasan Nefertari Lily tidak diketahui keberadaanya.

one piece im sama

Im menganggap Lily sebagai ancaman bagi rencananya dan dia pun kemudian melenyapkan nyawanya dan menghapus catatan NeLily dari sejarah. Di sisi lain, ini juga yang mungkin bisa menjelaskan mengapa Lily meminta kepada generasi D dan generasi baru lainnya untuk berusaha melindungi Poneglyph. Lily juga meminta mereka untuk membawa perubahan baru bagi dunia.

Poneglyph berisi berbagai sejarah dunia dan juga informasi tentang masa lalu. Lily berharap dengan melindungi Poneglyph generasi selajutnya akan tahu seberapa mengerikan World Government. Dengan demikian, mereka akan bisa mulai memberontak atau mulai melakukan gerakan perlawanan yang bisa menghadirkan fajar baru bagi dunia serta meruntuhkan kekuasaan dari Im. Apakah hal ini akan terjadi? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.