Apa sebenarnya arti Spider-Verse yang sempat muncul dalam film Spider-Man: Across the Spider-Verse? Sony Animation kembali merilis film sekuel dari film Spider-Man: Into the Spider-Verse yaitu Across the Spider-Verse. Film yang rilis beberapa waktu lalu ini kembali menjadi perbincangan hangat para fans berkat alur cerita yang luar biasa. Bahkan, filmnya dianggap sebagai salah satu sekuel terbaik.

Across the Spider-Verse sendiri masih berfokus pada sosok Miles Morales dan petualangannya sebagai Spider-Man. Namun, saat ini dia justru menemukan sebuah tantangan yang jauh lebih besar. Bahkan, saat ini dunia berada dalam ancaman akibat ulah Miles Morales. Dan yang menarik adalah terdapat sebuah penjelasan mengenai Spider-Verse. Lalu, apa sebenarnya Spider-Verse?

Dimensi Spider-Man

Secara singkatnya, Spider-Verse adalah sebuah dunia yang saling terhubung satu sama lain. Ini merupakan sebuah dunia yang menghubungkan para Spider-People atau orang-orang yang memiliki takdir menjadi Spider-Man. Contohnya adalah Miles Morales. Penjelasan mengenai Spider-Verse sendiri sempat dijelaskan oleh Miguel O’Hara yang merupakan sosok di balik kostum Spider-Man 2099.

Miguel menjelaskan kepada tentang Spider-Verse kepada Miles. Spider-Verse merupakan sebuah dunia di universe Marvel yang menghubungkan para Spider-Man di berbagai universe. Mereka kemudian terhubung satu sama lain melalui sebuah peristiwa “canon” atau “alur utama.” Apa maksudnya? Peristiwa “canon” atau “alur utama” adalah sebuah peristiwa yang memang seharusnya terjadi.

Penjelasan Spider-Verse

Contoh nyatanya adalah bagaimana sosok paman Ben harus tewas di tangan penjahat. Inilah yang kemudian membuat sosok Peter Parker kemudian berubah menjadi Spider-Man yang kita kenal selama ini. Dalam kasus Miles Morales, sang paman, yaitu Aaron Davis, yang kemudian membuat dia menjadi sosok Spider-Man. Meskipun Miles tahu jika pamannya adalah penjahat, namun hal itu tidak menghentikan niat baik Miles untuk melindungi New York.

Semua peristiwa yang kemudian menjadi awal mula “terciptanya” Spider-Man bisa dianggap sebagai peristiwa “canon” yang membuat para Spider-Man di seluruh universe bisa saling terhubung. Dan dunia atau dimensi yang menghubungkan para Spider-Man tersebut kemudian bisa kita sebut sebagai “Spider-Verse” di mana bentuk dari dimensi tersebut mirip seperti jaring laba-laba.

Tidak Bisa Dirubah

Dalam film Across the Spider-Verse, Miguel memperkenalkan sebuah peristiwa bernama “anomali.” Momen “anomali” terjadi ketika ada sebuah peristiwa yang seharusnya muncul atau terjadi justru berhasil dihentikan atau dicegah. Inilah yang kemudian membuat Miles Morales kemudian menjadi “musuh” bagi Miguel dan juga para Spider-Society. Miles merasa apa yang dia lakukan di film pertama adalah tindakan menyelamatkan multiverse.

Sayangnya, kenyataanya justru hal tersebut malah merusak tatanan multiverse. Apa yang seharusnya tidak pernah ada atau terjadi justru muncul. Misalnya, di awal film muncul sosok Vulture yang berasal dari era Rennaisance. Gwen sendiri tidak mampu menghadapinya sampai kemudian Miguel dan Spider-Woman muncul. Menurut Miguel, kemunculan Vulture adalah produk “anomali” tersebut.

Miles juga sempat merubah peristiwa besar ketika dia dan Gwen serta Pavitr Prabhakar berada di Mumbai di Earth-50101. Ketika mengejar Spot, mereka harus berhadapan dengan situasi di mana jembatan yang sibuk hancur akibat ulah sang villain. Dalam momen tersebut nampak inspektur Singh berusaha untuk menyelamatkan sang putri, Gayatri, yang terjebak di dalam bis.

Penjelasan Spider-Verse

Dalam momen tersebut, Miles berhasil untuk menyelamatkan Gayatri dan juga inspektur Singh. Hal ini mendapatkan sambutan meriah dari seluruh penduduk. Namun, menurut penuturan Miguel jika apa yang Miles lakukan tersebut seharusnya tidak pernah terjadi. Dalam peristiwa “canon” seharusnya inspektur Singh tewas dalam peristiwa tersebut. Namun, justru Miles menyelamatkannya yang mana efeknya adalah merubah timeline yang ada.

Ketika Miles berargumen bahwa dia bisa merubah hal tersebut, justru membuat Miguel marah. Menurutnya, semakin mereka berusaha untuk merubah peristiwa yang seharusnya terjadi justru semakin semakin berbahaya. Karena, ancaman perubahan timeline yang akan terjadi bisa memberikan dampak besar bukan hanya bagi sang Spider-Man melainkan juga bagi seluruh multiverse.

Spider-Verse Versi Komik

Konsep Spider-Verse sendiri mirip seperti Web of Life dalam cerita Marvel Comics. Web of Life adalah sebuah model tiga dimensi yang menghadirkan berbagai kehidupan atau cerita di seluruh multiverse. Ini juga bisa digunakan untuk pergi ke berbagai realita yang ada. Web of Life tersimpan di Earth-001 dan dijagaoleh Master Weaver dan berbagai Spider-Man.

Dalam ceritanya, seluruh Spider-Man yang ada di multiverse mendapatkan kekuatan laba-laba mereka dari Web of Life. Dalam komik Superior Spider-Man, the Inheritors menggunakan Web of Life untuk memburu para Spider-People dan menyerap energi serta kekuatan mereka. Web of Life juga sempat mendapatkan serangan dari Army of Electros dan pernah hancur sebelum kemudian berhasil diciptakan kembali. Menarik tentunya untuk melihat kemunculan Web of Life dalam versi live-action di MCU.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.