Sosok Dracule Mihawk, sang ahli pedang terbaik di dunia One Piece, kemungkinan adalah keturunan dari Im sang penguasa dunia. Dracule Mihawk merupakan salah satu karakter populer dalam cerita One Piece, padahal dia jarang muncul. Seperti halnya Shanks, Oda Sensei hanya memunculkan sosok Mihawk beberapa kali. Misalnya dalam arc Baratie, sebelum timeskip, dan pasca timeskip.

Namun, dalam arc Egghead ini sosok Mihawk mulai lebih banyak muncul dan memiliki peranan yang lebih besar. Contohnya adalah bagaimana dia memutuskan untuk bergabung dengan kelompok Cross Guild bersama Crocodile dan juga Buggy. Yang menarik adalah muncul sebuah spekulasi yang menyebutkan bahwa ada koneksi antara Mihawk dan Im, di mana Mihawk adalah keturunan Im.

Memiliki Kesamaan Bola Mata

Geeks mungkin heran apa yang kemudian membuat Mihawk memiliki koneksi dengan Im dan diduga adalah keturunan Im. Teorinya menjelaskan bahwa mereka memiliki satu kesamaan yaitu terdapat bentuk cincin di dalam bola mata mereka. Sejauh ini, dalam cerita One Piece baru Mihawk dan Im yang memiliki “spiral eyes” atau bola mata spiral tersebut dengan dua lingkaran yang adai pupilnya.

Namun, memang ada perbedaan dalam hal warna dua lingkaran tersebut. Dalam versi animenya nampak lingkaran kuning muncul di mata milik Mihawk agar mirip seperti seekor elang. Tetapi, dalam versi manganya warna mata Mihawk sama dengan milik Im. Teorinya sendiri meyakini bahwa ini bukan sebuah hal yang tidak disengaja oleh Oda. Kesamaan tersebut kemungkinan memiliki arti tertentu.

Yang juga menarik adalah bola mata tersebut mirip dengan bola mata milik Zunesha, gajah raksasa yang merupakan mantan rekan dari Joy Boy yang membawa pulau Zou. Zunesha harus menjalani hukuman atas kejahatannya di masa lalu. Melalui mata tersebut, Zunesha mampu untuk memperlihatkan sebuah vision atau penglihatan ke dalam kepala Momonosuke. Dan ini membuatnya bisa melihat apa yang Jack dan anak buahnya lakukan.

Ketika perang puncak di Marineford terjadi, Luffy hendak menyerang Mihawk. Namun, dia menyadari bahwa itu adalah kesalahan di mana lengannya bisa putus. Banyak yang yakin jika itu adalah Luffy yang menggunakan Observation Haki miliknya secara tidak sadar. Tetapi, teori ini juga menyebutkan jika Mihawk melakukan hal yang sama seperti yang Zunesha lakukan terhadap Momonosuke.

Dalam hal ini, Mihawk memasukan penglihatan ke kepala Luffy tentang apa yang terjadi jika dia mencoba untuk menghajarnya. Dalam momen tersebut, Oda kemudian memperlihatkan mata Mihawk yang unik seperti ketika Zunesha memberikan informasi kepada Momonosuke. Mihawk sendiri memiliki julukan “The Clairvoyant” yang artinya dia bisa memprediksi, melihat, atau menduga peristiwa yang akan datang. Indera yang Mihawk miliki juga memiliki fungsi lebih dari manusia normal.

Meskipun masih belum terkonfirmasi, ada kemungkinan jika Im yang memiliki mata yang sama dengan Mihawk juga mampu untuk memproyeksikan pikiran atau penglihatannya terhadap orang lain. Ketika para Gorosei meminta petunjuk kepada Im tentang siapa yang harus mereka hapuskan dalam momen Great Cleansing, Im tidak berbicara sepatah kata pun. Kemungkinan, Im memasukan apa yang dia pikirkan ke dalam kepala Gorosei. Dan bagaimana Oda menggambarkan Im selama ini, dengan hanya fokus pada mata, hal tersebut memang cukup masuk akal.

Koneksi Mihawk, Im, Dan Zunesha

Memiliki kesamaan pola bola mata bukan hanya satu-satunya faktor yang memunculkan teori jika Mihawk adalah keturunan Im. Im memiliki kendali atas panah hitam, sedangkan Mihawk memiliki kendali atas pedang hitam, Yoru. Tanda atau simbol di pedang Yoru mirip dengan simbol yang ada di singgasana Im. Kedua karakter ini juga duduk di sebuah singgasana.

Meskipun hal tersebut mungkin adalah sebuah ketidaksengajaan, namun fakta tersebut tetap menarik yang memberikan petunjuk tentang koneksi antara Im dan Mihawk. Teorinya menyebutkan jika ada kemungkinan Mihawk adalah bekas penjaga dari Im. Namun, bisa juga sebenarnya Mihawk dan Im memiliki hubungan dekat, dalam hal ini Mihawk adalah keturunan dari Im.

Istana Pangaea yang jadi tempat tinggal Im terinspirasi dari sebuah istana di Perancis yang dibangun pada abad ke 16. Menariknya, pakaian yang Mihawk gunakan memiliki kesamaan dengan penjaga raja Perancis di era abad 16 dan 17. Dalam kolom SBS, Oda memperlihatkan masa lalu para Shichibukai yang mana masa kecil Mihawk berbeda dengan sekarang.

Mata yang Mihawk miliki mungkin memang bangkit ketika dia berlatih keras dan menunjukan tekadnya. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan koneksi yang mendalam antara Im dan Mihawk. Bahkan, bukan tidak mungkin jika mereka berdua juga terkoneksi dengan Zunesha sang gajah raksasa.

Peran Penting Im dan Mihawk

Dalam bagian akhir cerita One Piece ini Mihawk dan Im kemungkinan akan memiliki peran yang sangat penting. Dan hal ini terbukti dari kedua karakter yang jarang muncul tersebut sekarang mulai terlibat dalam peristiwa besar. Seperti yang disebutkan di atas, Mihawk sekaran tergabung dalam Cross Guild yang kembali mendapatkan perhatian dari pihak angkatan laut.

Sedangkan, Im baru mulai terlibat dalam cerita di beberapa chapter terakhir. Bahkan, di chapter 1085 Oda akhirnya memperlihatkan seperti apa kekuatan dari sosok Im meskipun hanya sekilas. Dengan kekuatan yang luar biasa tersebut, rasanya tidak berlebihan jika Im memang akan jadi lawan terakhir yang akan Luffy hadapi di akhir ceritanya. Dan ini juga yang mungkin akan terjadi kepada Mihawk.

Meskipun dalam timeskip Mihawk bertindak sebagai mentor bagi Zoro, namun dia tetap adalah musuh utamanya. Pasalnya, Zoro bermimpi untuk menjadi ahli pedang terkuat di dunia yang merupakan titel milik Mihawk. Artinya, untuk bisa mendapatkan titel tersebut Zoro harus mampu menggeser posisi Mihawk. Dan kemungkinan hal tersebut akan terjadi di akhir ceritanya atau menjelang akhir ceritanya. Kita nantikan saja ya Geeks aksi dari kedua karakter ini pada chapter selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.