Ada berbagai fakta menarik yang muncul dalam alur cerita salah satu light novel dalam franchise Naruto yaitu Sasuke Retsuden. Selain menghadirkan cerita utamanya, franchise Naruto juga menghadirkan berbagai cerita spinoff yang tidak kalah menarik. Salah satu cerita spinoff tersebut adalah Sasuke’s Story – The Uchiha and the Heavenly Stardust atau yang biasa disebut dengan Sasuke Retsuden.

Light novel ini bersetting pasca series Naruto Shippuden dan sebelum alur cerita Boruto: Naruto Next Generation. Ceritanya sendiri ditulis oleh Jun Esaka dan digambar oleh Shingo Kimura. Sasuke Retsuden coba untuk menghadirkan cerita lainnya yang jarang tereksplor dan juga menyuguhkan banyak elemen baru. Ada berbagai fakta menarik yang muncul dari light novel Sasuke Retsuden ini. Apa saja?

Terbagi Dalam Beberapa Chapter

Sasuke Retsuden

Fakta light novel Sasuke Retsuden yang pertama adalah ceritanya terbagi dalam beberapa chapter. Ada sekitar 10 chapter yang dirilis oleh Shueisha untuk manga novel Sasuke Retsuden dengan chapter pertamanya hadir pada 23 Oktover 2022 kemarin. Chapter 2 sampai chapter 5 rilis dalam rentang waktu november 2022 sampai Desember 2022. Untuk perilisan chapter 6 sampai chapter 10 sendiri sudah dilakukan sejak awal 2023 sampai April kemarin. Dari 10 chapter tersebut 8 chapter merupakan alur cerita utama dan sisanya adalah prolog dan epilog.

Bukti Persahabatan Sasuke

Sasuke Retsuden menjadi bukti persahabatan antara Uchiha Sasuke dan Uzumaki Naruto. Seperti yang kita ketahui, Sasuke dan Naruto sudah sejak lama saling bersaing. Namun, seiring berjalannya waktu mereka berdua justru kemudian saling bersahabat. Dan hal ini bisa kita lihat di akhir cerita Naruto Shippuden di mana Sasuke akhirnya mengakui kekalahannya dari Naruto.

Light novel ini kemudian membuktikan persahabatan tersebut di mana Sasuke rela berpetualang jauh untuk menyelamatkan Naruto. Dalam ceritanya, Naruto harus menderita sebuah penyakit misterius. Penyakit tersebut menyerang sistem chakranya. Sasuke pun berusaha untuk mencari obatnya yang menurut kabar ada di sebuah kota kuno bernama Rendaku. Sasuke pun rela menyusup dan menghadapi musuh kuat demi Naruto.

Buku Para Tailed Beast

Saat Sakura sedang melakukan penelitian tentang kekuatan Six Path, dia kemudian menemukan sebuah buku di perpustakaan institut astronomi Redaku. Buku tersebut berjudul “Map of Heavens” di mana dalam chapter 5 terungkap jika isinya adalah gambar para bijuu atau tailed beast. Terdapat 10 sketsa tailed beast yang ada di mana Sakura menyadari ada koneksi dari semuanya.

Sakura sendiri meyakini jika simbol-simbol tersebut merupakan perwakilan atau repesentasi dari konstelasi bintang. Ini jadi bukti kecerdasan dan ketekunan dari Haruno Sakura yang jarang muncul dalam cerita utamanya. Bahkan, untuk melakukan penelitian ini pun Sakura memutuskan untuk ikut menyamar yang jadi bukti lain kehebatan dari Sakura.

Menghadirkan sisi Romantis Sasuke

Dalam franchise Naruto, Geeks tentunya tahu jika Sasuke adalah sosok yang dingin dan tidak pernah memperlihatkan emosinya. Hal ini pun terus bertahan sampai Sasuke dewasa. Ketika kemudian Sasuke menikah dengan Sakura, Kishimoto sangat jarang memperlihatkan cerita romantis atau sisi romantasi dari pasangan Sakuran dan Sasuke. Hal inilah yang kemudian coba Esaka hadirkan dalam cerita Sasuke Retsuden meskipun momennya sendiri tidak banyak.

Contohnya adalah ketika Sasuke dan Sakura sama-sama meneliti tentang penyakit yang Naruto alami. Kita juga bisa melihat interaksi yang terjadi antara keduanya yang mana hal ini jarang terekspos dalam alur cerita utama Naruto atau pun Boruto. Bahkan, dalam cerita ini Sasuke sempat memberikan cincin kepada Sakura sesuatu yang tidak sempat dia lakukan dalam ceritanya.

Terdapat Kesalahan Adaptasi

Yang menarik kemudian adalah cerita dari light novel Sasuke Retsuden ternyata diadaptasi dalam veris manga atau pun anime. Adaptasi versi manganya sendiri terjadi pada 2022, sedangkan versi animenya baru dilakukan pada 2023. Adaptasi ceritanya muncul sebelum arc Code’s Assault. Meskipun begitu, sempat ada kontroversi di kalangan fans terkait adaptasi cerita ini.

Para fans mempermasalahkan adaptasi Sasuke Retsuden adaptasi versi anime. Menurut mereka, ada beberapa kesalahan yang kemudian muncul dalam ceritanya. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang berbeda dari versi light novel. Contohnya adalah dalam episode 282 anime Boruto terdapat beberapa adegan yang memperlihatkan Sasuke memiliki dua tangan. Padahal, seharusnya Sasuke hanya memiliki satu tangan.

Penelitian Tentang Six Path

Seperti penjelasan di atas, dalam cerita Sasuke Retsuden sosok Naruto diperlihatkan memiliki sebuah penyakit misterius yang berkaitan dengan sistem chakranya. Dalam hal ini, aliran chakra Naruto tidak berjalan dengan lancar. Dan justru dia tidak bisa menggunakan chakra Kurama. Inilah yang membuat kemudian Naruto nampak lemah dan tidak berdaya.

Namun, Hagoromo Otsutsuki ternyata mengalami penyakit yang sama. Meskipun begitu, Hagoromo berhasil menyembuhkan penyakitnya berkat obat yang dia kemudian rahasiakan. Inilah yang membuat Sakura – dan Sasuke serta yang lain – kemudian berusaha untuk mencari tahu atau melakukan peneltian tentang Six Path. Dan apakah Six Path tersebut bisa memberikan pengaruh terhadap kesembuhan penyakitnya. Ini pun jadi salah satu misi penyusupan Sasuke ke negara kuno Redaku.

Perkenalkan Karakter Baru

Melalui alur cerita spinoff penulis bisa berkreasi dengan cerita yang ada, termasuk menghadirkan karakter baru. Dalam light novel Sasuke Retsuden sendiri terdapat karakter baru yang Jun Esaka hadirkan dalam ceritanya. Salah satu contohnya adalah Director Zansul atau Zansuru. Dia adalah kepala Institut Riset Astronomi di negara Redaku yang sekaligus juga jadi salah satu villain dalam ceritanya.

Sasuke Retsuden

Zansul sebelumnya adalah seorang arkeolog dan banyak menghabiskan waktunya melakukan penelitian di institut tersebut. Dia pun kemudian menjadi ahli dalam hal binatang purba seperti dinosaurus. Contoh lainnya adalah Gigi, yang merupakan tahanan di institut tersebut. Dia membantu Zansur dalam melakukan berbagai penelitiannya termasuk menghidupkan kembali dinosaurus.

Menghadirkan Dinosaurus

Berkaitan dengan poin sebelumnya yang membahas sosok Zansul, salah satu fakta menarik lainnya yang muncul dalam novel Sasuke Retsuden adalah kemunculan binatang purba dinosaurus. Dalam cerita utama Naruto, rasanya akan sangat sulit untuk membayangkan binatang tersebut muncul dan jadi salah satu elemen di ceritanya. Namun, dalam versi light novelnya Jun Esaka bisa memunculkan ide tersebut.

Sasuke Retsuden

Seperti yang dijelaskan dalam poin di atas, Zansul adalah sosok yang bertanggung jawab atas kemunculan para dinosaurus yang ada di negara Redaku. Zansul melakukan penelitian dan penggalian terhadap berbagai fosil dinosaurus tersebut. Dan yang luar biasa adalah Zansul berusaha untuk menghidupkan kembali para dinosaurus tersebut seperti zaman purbakala. Namun, yang lebih mengerikan adalah Zansul berusaha untuk menyatukan DNA dinosaurus tersebut dengan manusia. Meno adalah contoh nyata dari hal ini.

Sasuke Retsuden jadi salahs atu cerita spinoff yang populer di kalangan fans. Dan melihat berbagai fakta yang ada, memang rasanya wajar jika light novel ini banyak mendapatkan perhatian para fans. Menarik untuk kita tunggu apakah akan ada cerita light novel lain dari para karakter Naruto.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.