Sosok Im Sama kemungkinan adalah lawan dari Sun God Nika di mana dia adalah Moon God berdasarkan kekuatan buah iblisnya. Kekuatan dari Im jadi salah satu tanda tanya besar dalam dunia One Piece yang mana para fans coba untuk pecahkan. Sejauh ini, Oda Sensei memang belum pernah menghadirkan informasi tentang kekuatan Im.

Namun, di chapter terbaru kemarin akhirnya Oda mengungkapkan sedikit kekuatan dari Im. Hal ini terjadi ketika Im berbincang dengan Nefertari Cobra. Dia berusaha untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada masa lalu, terutama pada 800 tahun yang lalu. Namun, karena dianggap mengusik informasi yang sensitif akhirnya Im menggunakan kekuatannya untuk menghabisi Cobra.

Kekuatan Buah Iblis Im

Lalu, sedahsyat apa kekuatan Im? Berdasarkan apa yang dihadirkan dalam chapter 1085, kemungkinan besar Im memiliki kekuatan buah iblis. Dan meskipun belum diketahui apa jenisnya dan nama buah iblisnya, namun diyakini jika Im mengonsumsi jenis Mythical Zoan. Atau bahkan dia mungkin mengonsumsi jenis buah iblis yang baru.

Ada juga spekulasi yang menyebutkan jika kekuatan buah iblis Im berkaitan dengan bagaimana dia bisa berubah menjadi sosok dewa, seperti halnya Luffy. Dan berbicara mengenai level kekuatannya, di chapter 1085 juga diperlihatkan bagaimana kedahsyatan buah iblis ini. Nampak Im mampu berubah menjadi sosok mengerikan yang dibalut oleh bayangan atau kegelapan.

Dia menggunakan kegelapan tersebut untuk bisa membuat sebuah panah yang kemudian berhasil melukai Nefertari Cobra. Yang juga menarik adalah selain Im, para Gorosei juga mampu berubah wujud. Para Gorosei mampu berubah wujud seperti Im, yaitu menjadi sosok besar dan mengerikan yang kemudian tubuhnya terselimuti oleh kegelapan.

Bentuknya pun unik, ada yang berubah menjadi seperti monster, binatang, dan sebagainya. Meskipun belum dikonfirmasi, namun kekuatan dahsyat para Gorosei tersebut juga nyatanya mampu menirukan kekuatan Im. Misalnya ketika mereka menyerang Sabo dan Cobra serta menghabisi nyawa sang pemimpin Alabasta tersebut. Berdasarkan hal tersebut, rasanya memang tidak heran jika kemudian Im mampu berkuasa.

Im Adalah Moon God

Berkaitan dengan kekuatan buah iblis Im, yang sangat erat koneksinya dengan bayangan atau kegelapan, muncul beragam spekulasi di kalangan fans. Salah satu yang menarik adalah kemungkinan buah iblis tersebut menjadikan Im sebagai Moon God. Spekulasi ini muncul berdasarkan beberapa hal. Pertama, jelas dari kekuatan buah iblis yang dia miliki yang berkaitan dengan kegelapan atau bayangan.

Kegelapan jelas menjadi lawan dari cahaya dan inilah yang kemudian membuat Luffy sebagai sosok penting mengingat dia merupakan perwujudan dari sosok Dewa Nika sang Dewa Matahari alias Sun God. Teorinya menjelaskan jika dalam fenomena seperti gerhana bulan, maka bulan yang kemudian akan menutupi cahaya matahari. Sehingga terjadi sebuah fenomena alam yang membuat banyak wilayah ditutupi kegelapan.

Kedua, kekuatan buah iblis yang Im saat ini miliki yang berkaitan dengan bulan juga berkaitan dengan laut. Dengan mampu mengendalikan air laut, maka Im mampu juga melakukan berbagai hal seperti menciptakan sebuah badai besar. Kekuatan dahsyat tersebut dianggap menjadi lawan bagi matahari dan juga gravitasi besar yang tercipta dari matahari.

Bulan dan matahari juga tercipta sebagai dua “raja” yang menguasai lautan dan daratan. Sehingga, memang sudah jadi sesuatu yang alami ketika ada Sun God menjadi lawan sepadan bagi Moon God. Artinya, Im memang sudah Oda persiapkan untuk menjadi lawan terakhir yang akan Luffy hadapi dalam cerita One Piece. Dan yang menarik, bulan juga sering muncul dalam cerita.

Teori jika Im adalah Moon God yang mampu kendalikan air laut, seolah bersinggungan dengan spekulasi yang juga sempat populer di kalangan fans. Spekulasinya menyebutkan jika Im bertanggung jawab dalam “kehancuran” seluruh dunia One Piece. Im yang kemudian memisahkan daratan besar yang kemudian menjadi cikal bakal keempat Blues. Teka-teki mengenai kekuatan Im sepertinya masih akan tetap jadi misteri besar untuk saat ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.