Ada alasan besar mengapa kemudian Barry Allen coba untuk selamatkan sang ibu dalam alur cerita film The Flash. Film The Flash jadi film yang sangat dinantikan di tahun 2023 terutama bagi para penggemar DC. Pasalnya, film tersebut akan menghadirkan cerita yang luar biasa yaitu Flashpoint. Dalam cerita komiknya sendiri, Flashpoint adalah salah satu cerita yang populer.

Selain itu, film The Flash juga akan menjadi momen bagi WB dan DC Studios untuk memulai sebuah jagat sinematik yang baru. Salah satu poin yang akan muncul dan jadi fokus utama dalam cerita filmnya adalah bagaimana Barry mencoba untuk menyelamatkan sang ibu. Namun, apa yang sebenarnya terjadi kepada ibu Barry Allen sehingga jadi penyebab momen Flashpoint?

Ibu The Flash di Komik

Di universe DC Comics, ibu dari Barry Allen, Nora Allen, awalnya diceritakan tewas akibat dibunuh ketika Barry masih kecil. Seperti halnya banyak superhero lain, kejadian tragis tersebut juga memberikan dampak yang signifikan terhadap hidup Barry. Kematian sang ibu tersebut membuat ayah Barry, Henry Allen, justru yang dianggap jadi pelakunya. Dia pun harus mendekam di penjara atas tindakan yang tidak dia lakukan.

Henry sendiri berusaha sejak lama untuk membuktikan bahwadia tidak bersalah. Faktanya, sosok yang sudah menghabisi nyawa dari Nora Allen adalah Eobard Thawne alias Reverse-Flash. Dalam alur cerita Flashpoint, Barry akhirnya memutuskan untuk kembali ke masa lalu demi menyelamatkan nyawa sang ibu. Meskipun dia berhasil menyelamatkan ibunya, namun dia justru menciptakan sebuah realita alternatif yang baru.

Salah satu yang cukup mencolok dari perubahan peristiwa akibat ulah Bary adalah sosok di balik topeng Batman. Dalam cerita utamanya kita tahu bahwa Bruce Wayne yang jadi sosok di balik topeng Batman. Dia melakukan hal tersebut setelah kedua orang tuanya tewas. Namun, dalam realita yang Barry ciptakan justru Bruce Wayne yang tewas. Dan ini jadi peristiwa bagi Thomas Wayne untuk berubah jadi Batman.

Yang juga jadi efek lain dari Bary selamatkan ibunya yang tewas adalah bagaimana penduduk Themyscira dan Atlantis saling berperang. Pada akhirnya, akibat hal ini Barry Allen mencoba untuk merubah semuanya kembali seperti semula, salah satunya adalah mengalahkan Reverse-Flash.

Ibu The Flash Dalam Film

Lalu, apa yang terjadi terhadap ibu dari Barry Allen dalam film The Flash? Dari apa yang sudah muncul di DCEU, seperti dalam film Justice League, kita bisa melihat bagaimana alur ceritanya mirip seperti di komik. Nora Allen tewas dan Henry Allen kemudian harus menerima hukuman atas tindakan kriminal yang tidak dia lakukan. Hal ini yang kemudian menjadi motivasi Barry Allen untuk bekerja di lab kriminal Central City.

Sejauh ini, DCEU belum memperlihatkan masa kecil dari Barry ketika dia melihat kemtian dari sang ibu. Sampai kemudian trailer dari film The Flash sempat memperlihatkan adegan di mana sang ayah meminta Barry menghubungi nomor darurat. Namun, yang masih jadi misteri dan pertanyaan para fans saat ini adalah bagaimana kemudian Nora Allen tewas. Pasalnya, DCEU belum pernah menghadirkan sosok Eobard Thawne alias Reverse-Flash.

Berdasarkan informasi yang ada, karakter Dark Flash akan jadi villain utama di filmnya. Ada kemungkinan jika Dark Flash yang kemudian jadi pelaku pembunuhan Nora Allen dan menggantikan peran dari Reverese-Flash. Selain pelaku pembunuhan Nora, yang juga mungkin akan mengalami perubahan adalah bagaimana Nora Allen tewas dalam cerita di filmnya. Mungkin, Nora bukan tewas akibat mendapatkan tikaman dari Thawne melainkan tewas dengan cara lain.

Jadi, alasan Barry selamatkan sang ibu adalah demi mencegah kematiannya. Namun, yang terjadi justru Barry merubah timeline yang ada dan menciptakan sebuah realita alternatif. Inilah yang kemudian membuat Barry bisa bertemu dengan Barry yang lain serta bertemu dengan Kara dan tentunya Bruce wayne versi Michael Keaton. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana cerita lengkap dari peristiwa ini pada 16 Juni mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.