Spider-Man: Across the Spider-Verse adalah sekuel Into the Spider-Verse yang akan kembali mengeksplorasi multverse Marvel dari sudut pandang seorang Spidey bernama Miles Morales. Jelang perilisan Spider-Man: Across the Spider-Verse di bioskop, tidak sedikit yang penasaran apakah film animasi ini akan mempunyai credit scene seperti film pertamanya? Mengingat waralabanya sendiri sudah dipastikan akan mendapatkan film ketiga berjudul Spider-Man: Beyond the Spider-Verse pada masa mendatang.

Jika mengacu pada jagat sinema live action MCU yang biasanya sudah mengumumkan proyek masa depannya lebih awal, seharusnya perlakuan Sony pada waralaba Spider-Verse juga kurang lebih sama. Di mana setiap akhir filmnya selalu menyajikan satu atau dua credit scene yang berfungsi sebagai ‘jembatan’ untuk film selanjutnya. Sebagai pengingat, film pertama Into the Spider-Verse sendiri memiliki sebuah credit scene yang menampilkan sosok Miguel O’Hara alias Spider-Man 2099. Di mana sekarang dia sudah dipastikan akan menjadi karakter penting di filmSpider-Man: Across the Spider-Verse.

Sayangnya untuk film kedua ini kita tampaknya tidak akan melihat apa-apa selain credit roll penutup yang memperlihatkan nama jajaran cast dan sineasnya. Hal ini pertama kali disampaikan oleh akun Twitter QuidVacuo yang sepertinya telah menonton film Spider-Man: Across the Spider-Verse lebih awal pada test screening. “TIDAK ADA post credit scene di Spider-Man: Across the Spider-Verse!” tulisnya. Pernyataan QuidVacuo ini bahkan telah dikonfirmasi oleh sejumlah penggemar lain yang turut meramaikan twitnya.

Salah satu alasan kuat mengapa Across the Spider-Verse tidak memiliki credit scene bahkan mungkin tidak memerlukannya, adalah karena sebelumnya co-sutradara Kemp Powers telah mengonfirmasi bahwa akhir filmnya akan menggantung. “Across The Spider-Verse adalah sebuah film mandiri, tetapi akan memiliki akhir yang sedikit menggantung. Saya pikir ini adalah akhir yang cukup bagus. Kami harap itu akan menjadi penghubung yang memuaskan untuk film ketiganya nanti,” ungkap Powers kepada SFX Magazine.

Karena sejak awal Spider-Man: Across the Spider-Verse sudah dimaksudkan untuk mempunyai akhir yang mengantung, cukup masuk akal jika filmnya tidak mempunyai credit scene. Dengan kata lain akhir dari filmnya sendiri sudah setara dengan sebuah credit scene layaknya di film-film Marvel lainnya. Penasaran seperti apa akhirnya? Film Spider-Man: Across the Spider-Verse sudah bisa kita tonton di bioskop Indonesia mulai hari ini, 31 Mei 2023. So jangan sampai ketinggalan ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.